Analisis Pengalaman Pengguna pada Aplikasi Mobile Banking dengan Metode UX Curve (Studi Kasus : BRI Mobile Banking)

Khaira,, Nadiatul (2020) Analisis Pengalaman Pengguna pada Aplikasi Mobile Banking dengan Metode UX Curve (Studi Kasus : BRI Mobile Banking). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bank BRI merupakan salah satu bank yang sudah menyuguhkan layanan digital bagi nasabahnya. Management BRI menyadari, jika tidak aktif berinovasi maka akan tergeser oleh bank yang lebih maju perkembangan teknologinya mengingat pola kebutuhan masyarakat saat ini juga. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perubahan pengalaman pengguna dengan cara melakukan evaluasi pengalaman pengguna jangka panjang menggunakan metode UX Curve. Pada tahapan pengumpulan data UX Curve dibagi menjadi 5 sudut pandang yaitu general UX, degree of use, utility, ease of use, dan attractiveness dan menghasilkan 100 kurva. Berdasarkan 100 kurva yang didapatkan, kurva improving yang dihasilkan berjumlah 44 kurva, kurva deteriorating yang dihasilkan berjumlah 39 kurva dan kurva stable yang dihasilkan berjumlah 17 kurva. Alasan perubahan user experience pada aplikasi BRI Mobile Banking didapatkan sebanyak 514 alasan perubahan terhadap aplikasi dengan rata – rata 29,6 (14,55 positif dan 11,15 negatif N=20). Alasan yang paling sering dikemukakan oleh responden adalah alasan yang masuk ke dalam aspek usability yaitu sebanyak 177 dengan rata-rata 8.85 (5.35 positif dan 3.5 negatif, N=20). Sementara itu kategori dengan alasan paling sedikit adalah kategori motivational dengan rata-rata yaitu sebanyak 2.1 (1.35 positif dan 0.75 negatif, N=20). Berdasarkan aspek-aspek alasan ini dapat disimpulkan bahwa aspek yang paling berpengaruh terhadap perubahan pengalaman pengguna apikasi BRI Mobile Banking adalah aspek usability

English Abstract

Bank BRI is one of the banks that have provided digital services for their customers. BRI management realizes that if they do not actively innovate, they will be displaced by banks that are more advanced in their technological development, given the current needs of the community. This study aims to identify changes in user experience by evaluating long-term user experience using the UX Curve method. In the data collection stage, the UX Curve is divided into 5 points of view, namely general UX, degree of use, utility, ease of use, and attractiveness and produce 100 curves. Based on the 100 curves obtained, the resulting improving curves amounted to 44 curves, the resulting deteriorating curves amounted to 39 curves and the resulting stable curves totaled 17 curves. The reasons for changing user experience on the BRI Mobile Banking application were as many as 514 reasons for changing the application with an average of 29.6 (14.55 positive and 11.15 negative N = 20). The reasons most frequently cited by respondents are reasons that fall into the usability aspect of 177 with an average of 8.85 (5.35 positive and 3.5 negative, N = 20). Meanwhile, the category with the least reason is the motivational category with an average of 2.1 (1.35 positive and 0.75 negatives, N = 20). Based on aspects of this reasoning it can be concluded that the aspect that most influences the change in the user experience of BRI Mobile Banking applications is the usability aspect.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520150271
Uncontrolled Keywords: Mobile Banking, UX Curve, Pengalaman pengguna jangka panjang, perubahan pengalaman pengguna.,Mobile Banking, UX Curve, long-term user experience, changes in user experience
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 05 Sep 2022 07:21
Last Modified: 08 Oct 2024 03:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193947
[thumbnail of Nadiatul Khaira.pdf] Text
Nadiatul Khaira.pdf

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item