Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Millenial Kafe Lampung)

Aisyah, Windy Nur and Dina Novia Priminingtyas,, SP., M.Si. and Neza Fadia Rayesa,, S. TP.,M.Sc (2020) Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Millenial Kafe Lampung). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Millenial Kafe merupakan salah satu kafe yang ada di kecamatan Negara Batin, Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung. Berdirinya kafe ini menjadikan persaingan bisnis kafe semakin ketat. Hal ini dikarenakan Millenial Kafe memiliki keunggulan yaitu harga yang relatif murah dibandingkan kafe pesaing lainnya, serta kafe yang bertahan paling lama di kecamatan Negara Batin. Namun selain keunggulan yang dimiliki, masih terdapat masalah pada Millenial Kafe diantaranya yaitu promosi yang dilakukan masih kurang karena hanya dilakukan melalui media internet, sehingga masih banyak kalangan yang tidak mengetahui adanya Millenial Kafe. Karena permasalahan tersebut, pemilik kafe mengungkapkan adanya penurunan penjualan di Millenial Kafe sehingga diperlukan adanya evaluasi salah satunya melalui analisis bauran pemasaran yang telah ditetapkan. perusahaan dapat mengetahui faktor – faktor bauran pemasaran apa yang mempengaruhi konsumen dalam keputusan untuk membeli produk.Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana pengaruh variabel bauran pemasaran yang telah diterapkan oleh Millenial Kafe, mampu mepengaruhi keputusan konsumen dalam melakukan pembelian produk makanan atau minuman, serta variabel apa yang berpengaruh paling signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Jumlah variabel yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari 7 variabel yaitu product (X1), price (X2), place (X3), promotion (X4), people (X5), process(X6), physical evidence (X7). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Metode pengambilan sampel menggunakan Accidental Sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 200 sampel. Penelitian yang dilakukan menggunakan data primer dan data sekunder yang diperoleh dari pemilik restoran maupun konsumen. Data berupa jawaban responden yang berasal dari kuisioner diolah dengan analisis kuantitatif. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi logit. Hasil dari pengolahan data kuantitatif kemudian di deskripsikan dan di interpretasikan untuk dijadikan pembahasan mengenai bauran pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut bauran pemasaran yang diterapkan di Millenial Kafe yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian adalah atribut perbandingan harga, harga produk, dan keramahan karyawan dengan nilai wald masing – masing sebesar 8,46, 7,67, dan 4,506. Sedangkan atribut yang memiliki peluang tertinggi atas keputusan pembelian konsumen adalah atribut harga produk dengan nilai efek marjinal sebesar 0,19

English Abstract

Millenial Cafe is one of the cafes in the Negara Batin sub-district, Way Kanan Regency, Lampung Province. The establishment of this cafe makes the cafe business competition increasingly fierce. This is because Millennial Cafe’s have the advantage of relatively cheap prices compared to competitors and cafes that last the longest in the Negara Batin sub-district. . However, in addition to the advantages possessed, there are still problems with Millennial Cafe’s, including the lack of promotions because they are only done through the internet, so there are still many people who don't know about Millennial Cafe’s. In addition, the place is located in a village that is less crowded with visitors which makes this cafe less attractive. Because of these problems, the cafe owner revealed a decrease in sales so that an evaluation is needed, one of which is through a predetermined marketing mix analysis, the company can find out what marketing mix factors influence consumers in the decision to buy products. This study was conducted to see how the influence of variables The marketing mix that has been implemented by Millennial Kafe, is able to influence consumer decisions in purchasing food or beverage products at Millenial Kafe, as well as what variables have the most significant effect on consumer purchasing decisions. The number of variables used in this study consisted of 7 variables, namely product (X1), price (X2), place (X3), promotion (X4), people (X5), process(X6), physical evidence (X7). This study uses a quantitative descriptive approach. Sampling method using Accidental Sampling. The number of samples used in this study were 80 samples. The research was conducted using primary data and secondary data obtained from restaurant owners and consumers. Data in the form of respondents' answers from the questionnaire were processed by quantitative analysis. Analysis of the data used is logit regression analysis.The results of quantitative data processing are then described and interpreted to be used as a discussion on the marketing mix. The results showed that the attributes of the marketing mix applied at Millenial Cafes that had a significant effect on purchasing decisions were the attributes of price comparison, product prices, and employee friendliness with wald values of 8.46, 7.67, and 4.506. While the attribute that has the highest chance of consumer purchasing decisions is the product price attribute with a marginal effect value of 0.19

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521040287
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 05 Sep 2022 03:01
Last Modified: 05 Sep 2022 03:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193943
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
WINDY NUR AISYAH.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item