Inkonsistensi Implementasi Tarif Retribusi Parkir di Tepi Jalan Umum Kota Batu

Putranti, Rizqi Novrita and Dr. Saparila Worokinasih, S.Sos., M.Si and Damas Dwi Anggoro, S.AB., MA (2020) Inkonsistensi Implementasi Tarif Retribusi Parkir di Tepi Jalan Umum Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kota Batu merupakan daerah otonomi yang berupaya untuk mengembangkan potensi sumber Pendapatan Asli Daerah guna menumbuhkan kemandirian daerah. Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu setiap tahun nya selalu meingkat, begitu pula seharusnya dengan adanya peningkatan dari sektor Retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum. Retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum Kota Batu dalam beberapa tahun masih belum bisa memenuhi target yang sudah ditetapkan. Peraturan terkait Retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum di atur dalam Peraturan Daerah Kota Batu Nomor 10 Tahun 2010 tentang Retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum Kota Batu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya inkonsistensi implementasi Retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum dengan menggunakan empat variabel dari teori implementasi kebijakan Edward III antara lain komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi. Selain itu, juga untuk menganalisis strategi yang dilakukan oleh pemerintah Kota Batu dan mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat yang mempengaruhi implementasi kebijakan dengan menggunakan analisis SWOT. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di Dinas Perhubungan Kota Batu dan beberapa titik parkir di tepi jalan umum. Peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik untuk menguji keabsahan data. Analisi data menggunakan model Miles dan Huberman.

English Abstract

Batu City is an autonomous region which strives to develop the potential source of Locally-Generated Revenue to grow local independence. The sum of tourists who visit Batu City is increasing every year, so should with the increasing of parking service levy in the public roadside. Unfortunately, the parking service levy in the public roadside still has not fulfilled the target assigned. A regulation related to the public roadside parking service levy is regulated in the Batu City Regional Regulation Number 10 of 2010 concerning Public Roadside Parking Service Levy in the Batu City. This study aims to find out the inconsistency of public roadside parking service levy by using four variables from the policy implementation in theory proposed by Edward III such as communication, resource, disposition, and bureaucratic structure. Furthermore, this study also focuses on analyzing the strategies done by Batu City government and determining the supporting and inhibiting factors that affect the implementation of the policy by using SWOT analysis. In this study, the researcher used a qualitative research method. The research took place in the Department of Transportation Batu City and several parking points in the public roadside. The researcher used source triangulation and method triangulation to examine the validity of data. The data analysis itself used Miles and Huberman model.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520030234
Uncontrolled Keywords: Inkosistensi Implementasi, Implementasi Kebijakan, Retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum, Implementation Inconsistencies, Implementation of Policies, Public Roadside Parking Service Levy.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Zainul Mustofa
Date Deposited: 05 Sep 2022 01:57
Last Modified: 01 Oct 2024 02:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193925
[thumbnail of -Rizqi Novrita Putranti.pdf] Text
-Rizqi Novrita Putranti.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item