Purba, Pebli Adenesli and Imaniar Ilmi Pariasa,, SP., MP., M.BA. and Andrean Eka Hardana,, SP., MP., M.BA. (2020) Analisis Preferensi Wisatawan Terhadap Produk Industri Pariwisata Di Desa Wisata. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Industri pariwisata saat ini terus mengalami perkembangan hingga ke daerah pedesaan. Desa sebagai daerah tujuan wisata baru dapat menawarkan ragam budaya, kondisi alam, produk ciri khas lokal untuk menarik minat wisatawan agar mau berkunjung. Salah satu strategi yang dapat dilakukan agar wisatawan tertarik melakukan kunjungan ke daerah desa wisata adalah dengan mengelola desa wisata sesuai dengan preferensi wisatawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan preferensi wisatawan terhadap produk industri pariwisata di desa wisata dan urutan nilai kepentingan indikator yang membentuk produk industri pariwisata di desa wisata. Metode penelitian dalam Analisis Preferensi Wisatawan Terhadap Produk Industri Pariwisata Di Desa Wisata ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penarikan sampel menggunakan pendekatan Non Probabilitas dengan teknik sampling insidental. Lokasi penelitian ada di Kota Batu, Jawa Timur dan dilaksanakan pada bulan februari 2020. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah primer yang berasal dari hasil wawancara. Responden yang dipilih adalah responden yang berusia 17 tahun, sudah pernah mengunjungi wisata yang ada di Kota Batu serta bersedia untuk terlibat dalam penelitian dengan cara mengisi kuesioner penelitian. Analisis hasil penelitian dilakukan dengan alat analisis Konjoin, analisis Konjoin secara detail memberikan ukuran tingkat kegunaan dan kepentingan relatif pada tiap produk industri pariwisata. Pengolahan data dalam analisis konjoin dibantu dengan bantuan softwere SPSS dengan beberapa langkah; langkah pertama yang dilakukan adalah perumusan masalah; langkah kedua menyusun stimulus, stimulus terbentuk dari gabungan lever tiap indikator. Indikator penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Objek Daya Tarik Wisata (ODTW), paket wisata, penginapan, tempat makan, tempat pembelian oleh-oleh, jasa layanan, jenis kendaraan, dan jangkauan lokasi. Level dari indikator Objek Daya Tarik Wisata (ODTW) adalah alam, buatan, dan campuran. Level dari indikator paket wisata adalah reguler dan terusan. Level dari indikator penginapan adalah umum dan privat. Level dari indikator tempat makan adalah modern dan tradisional. Level dari indikator tempat pembelian oleh-oleh adalah sejenis dan beragam. Level dari indikator jasa layanan adalah online dan offline. Level dari indikator jenis kendaraan adalah pribadi dan umum. Sedangkan level dari indikator jangkauan lokasi adalah jauh dari pusat kota dan dekat dengan pusat kota. Pada penelitian ini ada 16 stimulus yang terbentuk; langkah ketiga adalah menentukan bentuk data input dimana pada penelitian ini menggunakan data non parametrik skala likert 1-5. Langkah keempat adalah mengolah data untuk ii mendapatkan nilai kegunaan dan nilai kepentingan. Langkah kelima atau terakhir adalah menguji reliabilitas dan validitas hasil perhitungan konjoin agar dapat dievaluasi kembali untuk melihat seberapa valid dan dapat dipertanggung jawabkan model konjoin dalam menentukan preferensi wisatawan. Hasil penelitian menggunakan analisis konjoin menunjukkan bahwa wisatawan lebih menyukai stimulus ke 3 sebagai kombinasi indikator pembentuk produk industri pariwisata. Stimulus ke 3 memiliki kombinasi indikator dengan atraksi alam, paket wisata reguler, jenis penginapan privat, tempat makan tradisional, tempat pembelian oleh-oleh sejenis, jenis kendaraan yang digunakan milik pribadi, jasa layanan yang disediakan offline dan lokasi wisata yang dekat dengan pusat kota. Sedangkan stimulus yang paling tidak disukai oleh responden dengan nilai kegunaan negatif tertinggi adalah stimulus yang paling tidak disukai oleh responden adalah stimulus yang ke 13 yang memiliki gabungan indikator indikator atraksi buatan, paket wisata reguler, jenis penginapan privat, tempat makan modern, tempat pembelian oleh-oleh beragam, jenis kendaraan yang digunakan umum, jasa layanan yang disediakan offline dan lokasi wisata yang jauh dengan pusat kota. Nilai kepentingan dari setiap indikator diketahui dari data overall statistics sehingga dapat disimpulkan bahwa urutan indikator yang paling penting secara berturut-turut adalah OTDW (Objek Daya Tarik Wisata) sebesar 23.517, jasa layanan yang ditawarkan sebesar 13.724, jenis kendaraan yang digunakan sebesar 12.218, jangkauan lokasi wisata dari pusat Kota sebesar 11.478, tempat makan sebesar 10.664 serta tempat pembelian oleh-oleh yang disediakan objek wisata sebesar 9.966, paket wisata yang ditawarkan sebesar 9.845dan yang terakhir adalah jenis penginapan yang tersedia di sekitar objek wisata sebesar 8.714. Hasil dari penelitian ini dapat dipertimbangkan oleh pengelola desa wisata sebagai salah satu strategi yang digunakan dalam mengembangkan desa wisata
English Abstract
Today's tourism industry continues to recognize developments in rural areas. The villages as a new tourist destination can offer a variety of cultures, natural conditions, local characteristic products to attract tourists to want to visit. One strategy that can be done so that tourists are interested in visiting the village tourism area is to manage tourism villages according to tourism preferences. The purpose of this study is to determine tourist preferences for tourism industry products in tourism villages and the order of importance value indicators that shape tourism industry products in tourism villages. The method of research in the analysis of tourist preferences on tourism products in this tourism village is carried out using a quantitative approach with sample withdrawal techniques using Non-probability approaches with insidental sampling techniques. The research location is in Batu City, East Java and implemented in February 2020. The Data used in this study is a primer derived from interviews with respondents with a total of 100. Respondents selected are 17-year- old respondents, have visited the tour in Batu and are willing to engage in research by filling out a research questionnaire. Analysis of the results of the research conducted with the Konjoin analysis tool, the conjoin analysis in detail gives the measure of the level of usability and the relative importance of each product of tourism industry. Data processing in the Conjoin analysis assisted with the help of the SPSS downloaded with a few steps; The first step is the formulation of the problem; The second step develops the stimulus, the stimulus is formed from the combined lever each indicator. The research indicators used in this study are attraction attractions (ODTW), tour packages, lodging, dining, place of purchase of souvenirs, service, vehicle type, and location coverage. The Level of the attraction Attractions indicator (ODTW) is natural, artificial, and mixed. The Level of the tour package indicator is regular and canal. The Level of the lodging indicator is public and private. The Level of the dining indicator is modern and traditional. The Level of the indicators where the purchase of souvenirs is kind and varied. The Level of Service indicator is online and offline. The Level of the vehicle type indicator is private and public. While the level of the location range indicator is far from the city center and close to the city center. In this study there were 16 stimuli formed; The third step is to determine the form of input data which in this study uses non parametric data of Likert scale 1-5. The fourth step is to process the data to get the value of usability and value of importance. The fifth or final step is to test the reliability and validity of the Konjoin calculation results to be re-evaluated to see how valid and accountable the Konjoin model is in determining a traveller's iv preference. The hypothesis testing conducted in this study was conducted by looking at the value of importance of the Conjoin analysis results. In the Conjoin analysis will be seen the value of interest from the tourist attraction indicator (ODTW), tour packages, lodging, dining, place of purchase of souvenirs, service services, vehicle types, and location coverage. The results of the study using conjoint analysis show that tourists prefer the 3rd stimulus as a combination of indicators for forming the tourism industry products. The 3rd stimulus has a combination of indicators with natural attractions, reguler tour packages, types of private lodgings, traditional dining places, places to buy souvenirs, types of vehicles used privately, services provided by clients and tourist sites close to the city center. While the stimulus most disliked by respondents with the highest negative utility value is the stimulus most disliked by respondents is the 13th stimulus that has a combination of indicators of artificial attraction indicators, reguler tour packages, types of private lodging, modern dining places, places to buy souvenirs. by variety, types of vehicles that are in public use, services provided offline and tourist locations far from the city center. The importance of each indicator is known from the overall statistics data so that it can be concluded that the sequence of the most important indicators in a row is Tourist Attraction Object of 23,517, the services offered are 13,724, the type of vehicle used is 12,218, the range of locations tourism from the city center amounted to 11,478, places to eat amounted to 10,664 as well as places to buy souvenirs provided tourist attractions amounted to 9,966, offered tour packages amounted to 9,845 and the last is the type of lodging available around the attractions of 8,714. The results of this study can be considered by the tourism village manager as one of the strategies used in developing tourist villages.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0520040119 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 05 Sep 2022 01:56 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 06:45 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193923 |
![]() |
Text
pebli adenesli purba.pdf Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |