Rachman, Yahya Nur and Dessanti Putri Sekti Ari, SE.,MSA.Ak (2020) Pengaruh Kualitas Pelayanan di SAMSAT Sidoarjo Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pelayanan merupakan faktor penting bagi setiap Instansi untuk meningkatkan kepuasan konsumennya. Peran penting wajib pajak yaitu melaksanakan tugas wajib pajak sebagai penentu meningkatnya pendapatan daerah yang dapat dilihat dari tingkat kepuasan. dalam kegiatan pembayaran pajak yang di selenggarakan oleh Pemerintah wajib pajak sendiri faktanya masih tidak patuh terhadap kegiatan pembayaran pajak kepada wajib pajak. Parasuraman (1988) mengemukakan lima faktor untuk mengukur kualitas pelayanan, yaitu 1) Tangible, 2) Reliability, 3) Responsiveness, 4) Assurance, 5) Emphaty. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel dalam teori kualitas pelayanan berupa Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Emphaty terhadap kepuasan wajib pajak kendaraan bermotor di SAMSAT Sidoarjo. Pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden yaitu wajib pajak kendaraan bermotor di Sidoarjo dengan menggunakan teknik Sampling Insidental Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Emphaty secara parsial tidak berpengaruh signifikan dan sudah cukup baik terhadap kepuasan wajib pajak yang dapat dilihat dari hasil penelitian bahwa SAMSAT Sidoarjo telah memberikan gambaran tentang kualitas yang baik terutama dalam aspek koordinasi antar tiap bidang pelayanan. Kesimpulan pada penelitian ini adalah Sebaiknya Samsat sidoarjo dapat meningkatkan kualitas pelayanannya, karena dengan adanya kualitas pelayanan yang baik akan lebih meningkatkan kepuasan wajib pajak kendaraan bermotor, khususnya bagi pegawai Samsat Sidoarjo diharapkan dapat melayani wajib pajak dengan sepenuh hati.
English Abstract
Service is an important factor for every agency to increase customer satisfaction. The important role of taxpayers is carrying out taxpayer duties as a determinant of increasing regional income which can be seen from the level of satisfaction. in tax payment activities carried out by the Government of the taxpayers themselves the fact is still not compliant with the activities of tax payments to taxpayers. Parasuraman (1988) suggests five factors to measure service quality, namely 1) Tangible, 2) Reliability, 3) Responsiveness, 4) Assurance, 5) Emphaty. The purpose of this study was to determine the effect of variables in the theory of service quality in the form of Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, and Emphaty on the satisfaction of motor vehicle taxpayers at SAMSAT Sidoarjo. Data was collected by distributing questionnaires to 100 respondents namely motor vehicle taxpayers in Sidoarjo by using incidental sampling techniques The results showed that the Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, and Empathy variables partially had no significant effect and were good enough for taxpayer satisfaction which can be seen from the research results that SAMSAT Sidoarjo has provided a picture of good quality, especially in the aspect of coordination between each service sector. The conclusion of this study is Samsat Sidoarjo should be able to improve the quality of its services, because with a good quality of service will further increase the satisfaction of motor vehicle taxpayers, especially for employees of Samsat Sidoarjo expected to serve taxpayers wholeheartedly.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0520030227 |
Uncontrolled Keywords: | KUALITAS PELAYANAN, KEPUASAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR, QUALITY OF SERVICE, MOTOR VEHICLE MANDATORY SATISFACTION. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Zainul Mustofa |
Date Deposited: | 01 Sep 2022 02:29 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 03:48 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193880 |
Text
-Yahya Nur Rachman.pdf Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |