Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Website Pada Mata Pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan Dengan Model Pengembangan Four-D Di SMK Negeri 3 Malang

Ihlashi,, Nabial (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Website Pada Mata Pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan Dengan Model Pengembangan Four-D Di SMK Negeri 3 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Media pembelajaran interaktif merupakan perantara informasi dengan tujuan pembelajaran yang secara langsung dan adanya interaksi antara pengguna dengan media. Pada SMKN 3 Malang khususnya pada mata pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan belum memanfaatkan media pembelajaran interaktif, dan kegiatan pembelajaran disampaikan memakai metode ceramah. Sehingga siswa merasa cepat bosan ketika mendengarkan penjelasan guru dan tidak adanya buku panduan, modul atau media yang dapat mendukung kegitan belajar maupun untuk belajar mandiri siswa, hal tersebut bisa saja menjadi penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Dari permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis website pada mata pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan serta mengetahui hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini mengadaptasi model pengembangan four-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan yang terdiri dari empat tahap, yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Model four-D dipilih karena dinilai cukup baik dalam tiap tahapan dengan adanya urutan langkah kegiatan. Validasi media pembelajaran dilaksanakan oleh ahli media dengan perolehan persentase nilai sejumlah 82% dan perolehan persentase dari ahli materi sejumlah 87%, kedua penilaian tersebut tergolong “sangat layak”. Serta penilaian dari siswa terkait media pembelajaran didapatkan nilai persentase sejumlah 84.9% tergolong kriteria “sangat layak”. Perolehan total nilai pengujian pengembangan yang dilakukan terhadap 31 siswa SMKN 3 Malang pada pre-test sebesar 1700 dan post-test sebesar 2070. Persentese ketuntasan juga mengalami kenaikan dari persentase ketuntasan pre-test sebesar 12% menjadi persentase ketuntasan pada post-test sebesar 41%. Dan dari hasil uji Wilcoxon didapatkan nilai signifikansi sebesar .002, sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan media yang dikembangkan memberikan pengaruh terhadap hasil belajar.

English Abstract

nteractive learning media is an intermediary for information with the aim of learning that directly and the interaction between users and the media. At SMKN 3 Malang, especially in the subject of administrasi infrastruktur jaringan, it has not utilized interactive learning media and learning activities are delivered using lecture. So students get bored easily when listening to the teacher's explanation and the absence of manual book, modules or media that can support the activity of learning and for students independent learning, it could be the cause of low student learning outcomes. From these problems this research aims to develop interactive web-based learning on subject Administrasi Infrastruktur Jaringan and investigate the results of learning before and after using interactive web-based learning that was developed. This research used is the development model four-D model from Thiagarajan, Four-D model consists of four stages, define, design, develop and disseminate. Four-D model was chosen because it was considered good enough in each stage with the sequence of activities. Validation of the learning media was carried out by media expert with a percentage of 82% and a percentage of 87% from material expert, both assessments werw classified as “very feasible”. And assessment of students related to learning media obtained a percentage value of 84.9% classified as “very feasible”. The total value of development testing carried out conducted on 31 SMKN 3 Malang students in the pre-test of 1700 and post-test of 2070. The percentage of completeness also increased from the percentage of pre-test completeness by 12% to the percentage of completeness in the post-test by 41%. And from the Wilcoxon test results obtained a significance value of .002, so it can be concluded that by applying the developed media gives an influence on learning outcomes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520150265
Uncontrolled Keywords: pengembangan, media pembelajaran, interaktif, website, administrasi infrastruktur jaringan, four-d.,development, learning media, interactive, website, administrasi infrastruktur jaringan, four-d
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 01 Sep 2022 02:27
Last Modified: 23 Sep 2024 07:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193874
[thumbnail of Nabial Ihlashi.pdf] Text
Nabial Ihlashi.pdf

Download (11MB)

Actions (login required)

View Item View Item