Putra, Ferdinan Pratama and Wiwit Widyawati,, SP., MP and Dr. Ir. Suhartini,, MP (2022) Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Sayuran Organik Di Superindo Margorejo, Kota Surabaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pertanian organik merupakan salah satu jenis tanaman yang tidak menggunakan bahan-bahan kimia selama dalam proses produksi, salah satunya yaitu sayuran organik. Kualitas produk sayuran organik menjadi salah satu faktor yang diperhatikan oleh produsen maupun konsumen dalam menggunakan atau membeli sebuah produk. Kepuasan yang dirasakan konsumen akan berdampak baik terhadap keputusan dan sikap konsumen untuk pembelian selanjutnya. Maka dari itu perlu adanya berbagai upaya dari pihak produsen untuk mempertahankan pelanggan dengan beberapa cara dari sisi harga dan kualitas untuk meciptakan kepuasan dan loyalitas bagi konsumen. Tujuan penelitian ini unuk menganalisis pengaruh kualitas sayuran organik terhadap kepuasan konsumen. Lokasi penelitian dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling atau secara disengaja dengan membagikan kuisioner kepada responden yang pernah membeli sayuran organik minimal satu kali di Superindo Margorejo, Kota Surabaya. Penentuan sampel menggunakan teknik non-probability sampling dengan menggunakan metode purposive sampling dan snowball sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang yang tidak ada batasan usia dengan kriteria konsumen yang pernah membeli sayuran organik minimal satu kali dan jenis sayuran organik yang teliti sawi manis, pakcoy, wortel bayam, selada keriting merah, dan yang lainnya. Metode analisis data yang digunakan berupa SEM PLS dengan pendekatan WarpPLS. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan pengisian kuisioner menggunakan kuisioner berskala likert. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu karakteristik konsumen sayuran organik yang sebagian besar merupakan berjenis kelamin perempuan yang sebagian besar bekerja pegawai swasta, ibu rumah tangga serta wiraswasta. Pendapatan individual konsumen sayuran organik tergolong tinggi dan beberapa sayuran yang sering dikonsumsi yaitu sawi manis, bayam, dan wortel dengan frekuensi pembelian 1-2 kali dalam kurun waktu sebulan. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan pada penelitian ini diperoleh beberapa hasil yaitu faktor kualitas berpengaruh secara signikansi tinggi dan memiliki pengaruh hubungan yang positif terhadap kepuasan konsumen yang terdapat di Superindo Margorejo, dengan memiliki nilai path coeffecient sebesar 0.74 dan p-value <0.001. Sedangkan pada variabel kualitas terhadap loyalitas pelanggan didapatkan hasil bahwa faktor kualitas berpengaruh secara signifikansi tinggi dan memiliki pengaruh hubungan yang positif terhadap loyalitas pelanggan, dengan nilai path ceffecient sebesar 0.61 dan p-value <0.001. Pada variabel kepuasan konsumen terhadap variabel loyalitas pelanggan diperoleh hasil bahwa faktor kepuasan konsumen berpengaruh secara signifikan dan memiliki pengaruh hubungan yang positif terhadap loyalitas pelanggan sayuran organik di Superindo Margorejo, dengan nilai path coeffecient sebesar 0.22 dan p-value 0.012
English Abstract
Organic agriculture is a one type of plants that is not using chemicals during on production process and nutrition of organic vegetables it’s so very good for our body because that’s avoid from chemicals. Quality product is an one of factors that noticed by producer or consumer within using or buying a product. Satisfaction feeling by consumer would a give good impact in consumer decision to next purchase the product. So there is a need various effort by producer to retain of consumer with a few method like a from price and qulity for make a consumer satisfaction and consumer loyalty. The research purpose of this study was to analyze the effect of the quality of organic vegetebles on consumer satisfaction The location of study was carried out using the purposive sampling method or intentionally with share the questionnaire to respondent from ever bought organic vegetables in Superindo Margorejo, City of Surabaya. Determaining of the using a non probability sampling technique with a using purposive sampling method and snowball sampling with the number of respondents is around 100 respondents no age limit with the criteria has ever bought organic vegetables at least one time and type of organic vegetables researched green mustard, pakcoy, carrot, spinach, red curly lettuce, and others. Method for analysis data used SEM PLS with the WarpPLS. Data collectons was cariied out by observation and questionnaire interview using a likert scale questionnaire. The research results obtained are the characteristics of organic vegetable consumers most of whom are female which most work in private employees, housewives and entrepreneurs. The individual income of organic vegetable consumers is high and some of the vegetables that are often consumed are mustard greens, spinach, and carrots with a purchase frequency of 1-2 times within a month. Based on the analysis result and discussion from this research got some results that is quality factor influence highly significant and have influence positive relationship to consumer satisfaction at Superindo Margorejo, with a value of path coeffecient 0.74 and p-value <0.001. While on the quality variable to customer loyalty the result obtained that quality factor influence highly significant and have s positively relationship influence to customer loyalty, with a value of path ceffecient 0.61 and p-value <0.001. On the consumer satisfaction variable to customer loyalty variable the result obtained that consumer satisfaction factor significant influence and have a positively relationship influence to customer loyalty organic vegetables at Superindo Margorejo, with a value of path coeffecient 0.22 and p-value 0.012
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522040142 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 01 Sep 2022 01:34 |
Last Modified: | 01 Sep 2022 01:34 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193866 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ferdinan Pratama.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (1MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |