Manajemen Kurikulum Islam Terpadu Pada Sekolah Dasar Islam Terpadu (Studi Pada Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Hikmah Bence Kecamatan Garum Kabupaten Blitar).

Dewi, Yessy Citra and Dr. Fadillah Amin, M.AP, Ph.D and Rendra Eko Wismanu, S.AP, M.AP (2020) Manajemen Kurikulum Islam Terpadu Pada Sekolah Dasar Islam Terpadu (Studi Pada Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Hikmah Bence Kecamatan Garum Kabupaten Blitar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kurikulum Islam Terpadu adalah pendidikan yang menggabungkan kurikulum Nasional dengan ilmu Islam, dalam pelaksanaan kurikulum Islam Terpadu di sekolah perlu adanya konsep manajemen yang terstruktur agar proses belajar mengajar dapat terorganisir dengan baik dan efisien. Sesuai dengan tujuan pendidikan nasional yang tercantum dalam UU No 20 Tahun 2003 pasal tiga yang memuat tujuan pendidikan nasional Indonesia yang tak lain bertujuan untuk mengembangkan potensi masyarakat agar menjadi manusia yang beriman kepada Tuhan, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Penelitian ini menguraikan tentang bagaimana manajemen kurikulum Islam Terpadu dilaksanakan di salah satu sekolah dasar berbasis kurikulum Islam Terpadu di Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan mengmbil fokus pada manajemen kurikulum Islam Terpadu. Fokus tersebut ialah Pelaksanaan Manajemen Kurikulum Islam Terpadu di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Hikmah Bence Kecamatan Garum Kabupaten Blitar, meliputi; a) Perencacanaan Kurikulum Islam Terpadu, b) Pengorganisasian Kurikulum Islam Teradu, c) Pelaksanaan Kurikulum Islam Terpadu, d) Evaluasi Kurikulum Islam Terpadu, serta yang terakhir faktor pendukung dan penghambat yang dianalisa berdasarkan hasil wawancara yang disampaikan oleh narasumber. Data yang diperoleh oleh peneliti melali wawancara dan dokumentasi di lapangan. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu Model analisis data interaktif Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan Kurikulum Islam Terpadu di SD IT Al Hikmah Bence, Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar telah melaksanakan kurikulum Islam Terpadu dengan cukup baik sesuai dengan tujuan dari pendidikan Islam Terpadu itu sendiri yaitu menghasilkan siswa yang tidak hanya berilmu namun juga berakhlak Islami. Walaupun dalam implementasinya sendiri masih terdapat beberapa kendala-kendala yang masih perlu diatasi oleh agar dapat melaksanakan pendidikan Islam Terpadu yang maksimal untuk masyarakat.

English Abstract

Integrated Islamic curriculum is an education that combines the National curriculum with Islamic science, in the implementation of an Integrated Islamic curriculum in schools the need for a structured management concept so that the teaching and learning process can be well organized and efficient. In accordance with the objectives of national education listed in Law No. 20 of 2003 article three which contains the objectives of Indonesia's national education which aims to develop the potential of the community to that they become people who believe in God, have noble, healthy, knowledgeable, creative, independent, and be democratic and responsible citizens. This study describes how the management of an Integrated Islamic curriculum was carried out in one of the elementary schools based on the integrated Islamic curriculum in Garum District, Blitar Regency. This research uses descriptive research type using qualitative approach and takes focus on Integrated Islamic curriculum management. The focus is the Implementation of Integrated Islamic Curriculum Management in Al-Hikmah Bence Integrated Islamic Primary School, Garum District, Blitar Regency, covering: a) Integrated Islamic Curriculum Planning, b) Organizing Integrated Islamic Curriculum, c) Implementation of Integrated Islamic Curriculum, d) Evaluation of Integrated Islamic Curriculum, and finally the supporting and inhibiting factors analyzed based on the results of interviews delivered by the resource persons. Data obtained by researchers through interviews and documentation in the field. The data analysis technique used by researchers is the interactive data analysis model of Miles, Huberman, and Saldana. The results of this study indicate that the implementation of the integrated Islamic Curriculum at Al-Hikmah Bence Elementary School, Garum Sub-District, Blitar Regency has implemented the Integrated Islamic Curriculum quite well in accordance with the objectives of the Integrated Islamic Education itself which is to produce students who are not only knowledgeable but also Islamic. Although in its own implementation there are still some inhibiting that still need to be carry out the maximum integrated Islamic education for the community.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520030225
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum, Kurikulum Islam Terpadu, Curriculum Management, Integrated Islamic Curriculum.
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Zainul Mustofa
Date Deposited: 31 Aug 2022 03:42
Last Modified: 31 Aug 2022 03:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193844
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
0520030230- Yessy Citra Dewi.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item