Optimasi Rute Distribusi Produk PT Indomarco Adi Prima (Stock Point Nganjuk) Dengan Algoritma K-Means dan Ant Colony Optimization (K-ACO)

Bimantara, Wahyu and Bayu Rahayudi, S.T., M.T. and Imam Cholissodin, S.Si, M.Kom (2021) Optimasi Rute Distribusi Produk PT Indomarco Adi Prima (Stock Point Nganjuk) Dengan Algoritma K-Means dan Ant Colony Optimization (K-ACO). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perusahaan distribusi produk memerlukan efektivitas dan efisiensi biaya, salah satu faktor penunjangnya adalah penentuan rute distribusi yang optimal. Rute distribusi erat kaitannya dengan permasalahan Traveling Salesman Problem. Pada proses distribusi dari gudang atau stock point Nganjuk PT Indomarco Adi Prima memiliki permasalahan Multiple Traveling Salesman Problem yang mana melibatkan lebih dari satu salesman pada proses distribusinya. Untuk menyelesaikan permasalahan MTSP dapat dicari dengan perjalanan ke semua kemungkinan rute. Namun, ketika semakin banyak rute maka semakin banyak pula waktu yang dibutuhkan. Penelitian ini merupakan upaya optimasi rute menggunakan metode K-Means dan Ant Colony Optimization (K-ACO), yang mana metode K-Means digunakan untuk membagi permasalahan MTSP menjadi permasalahan yang lebih kecil kemudian setiap permasalahan itu akan dicari rute terpendeknya dengan ACO. Pada pengujian yang dilakukan menggunakan metode pengujian Silhouette Coefficient, K-Means menghasilkan solusi 76,72% lebih baik jika dibandingkan dengan hasil perjalanan sales riil. Sedangkan pada pengujian perbandingan total jarak tempuh salesman, K-ACO dapat menghemat jarak perjalanan salesman sebesar 565,801 km. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan K-ACO dapat meminimalkan total jarak tempuh dari permasalahan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521150020
Uncontrolled Keywords: Optimasi, Multiple Traveling Salesman Problem, Clustering, K-Means, Ant Colony Optimization.
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 31 Aug 2022 03:41
Last Modified: 31 Aug 2022 03:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193842
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
0521150020-Wahyu Bimantara.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item