Pengaruh Persepsi Kemudahan terhadap Niat Berkelanjutan melalui Persepsi Kegunaan dan Kepercayaan (Studi pada Pengguna Layanan Klikindomaret di Kota Malang

Jatimoyo, Dading and Dr. Fatchur Rohman,, SE., Msi., CMA and Dr. Atim Djazuli,, SE., MM (2021) Pengaruh Persepsi Kemudahan terhadap Niat Berkelanjutan melalui Persepsi Kegunaan dan Kepercayaan (Studi pada Pengguna Layanan Klikindomaret di Kota Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

E-commerce merupakan salah satu industri yang mampu tumbuh di tengah krisis karena pendemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi faktor yang mempengaruhi niat berkelanjutan pada layanan belanja online di ruang lingkup e-commerce. Penelitian ini menggunakan persepsi kemudahan sebagai variabel independen yang berpengaruh terhadap niat berkelanjutan dengan persepsi kegunaan dan kepercayaan sebagai variabel mediasi. Penelitian ini dikategorikan sebagai explanatory research. Responden pada penelitian ini merupakan pengguna Klikindomaret dan penentuan jumlah sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan total sampel sebanyak 170 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner dan data dianalisis menggunakan SEM-PLS. Hasil temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kemudahan, persepsi kegunaan, dan kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap niat berkelanjutan. Persepsi kegunaan dan kepercayaan juga berperan dalam memediasi hubungan antara persepsi kemudahan dan niat berkelanjutan

English Abstract

E-commerce is an industry with the ability to grow amidst the crisis due to the Covid-19 pandemic. This explanatory research aims to investigate factors influencing the continuance intention in online shopping services in the scope of e-commerce. Perceived ease of use is used in this study as the independent variable that affects continuance intention, and perceived usefulness and trust are the mediating variables. Using purposive sampling, 170 users of Klikindomaret were selected as the respondents. The data was gathered through questionnaires and analyzed using SEM-PLS. This study finds that perceived ease of use, perceived usefulness, and trust significantly influence continuance intention. Furthermore, perceived usefulness and trust also mediate the relationship between perceived ease of use and continuance intention

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0421020035
Uncontrolled Keywords: persepsi kemudahan, persepsi kegunaan, kepercayaan, niat berkelanjutan, perceived ease of use, perceived usefulness, trust, continuance intention
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 668 Technology of other organic products
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 30 Aug 2022 02:32
Last Modified: 30 Aug 2022 02:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193775
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dading Jatimoyo.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item