Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Website Pada Mata Pelajaran Adobe Photoshop Untuk Kelas X Program Keahlian Multimedia Di SMK Negeri 4 Malang

Septian Alfikri, Moh (2020) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Website Pada Mata Pelajaran Adobe Photoshop Untuk Kelas X Program Keahlian Multimedia Di SMK Negeri 4 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada SMK Negeri 4 Malang terdapat beberapa program keahlian, salah satunya yaitu Multimedia. Dimana siswa dengan program keahlian Multimedia ini diberikan bekal keterampilan di bidang desain grafis. Berdasarkan hasil wawancara, terdapat beberapa permasalahan pada pembelajaran diantaranya yaitu pembelajaran yang dilakukan hanya menggunakan media adobe photoshop sebagai software utama dan juga layar proyektor guna membantu guru untuk mengajar. Pada saat pembelajaran berlangsung siswa tidak diberikan media pembelajaran selain power point, karena guru melakukan metode ceramah dengan menggunakan media pembelajaran berupa PowerPoint. Salah satu solusi yang dapat diterapkan untuk menangani permasalahan tersebut yaitu dengan mengembangkan media pembelajaran berupa Multimedia Interaktif. Melalui Multimedia Interaktif diharapkan dapat memotivasi dan menarik perhatian siswa tentang materi yang disampaikan. Pengembangan Multimedia Interaktif dapat dilakukan menggunakan software Notepad++ sebagai text editor dan Adobe Premiere Pro 2017 untuk mengedit video materi. Dengan model pengembangan 4-D. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, kuisioner dan pemberian tes. Berdasarkan hasil kuisioner uji validasi ahli materi dan ahli media menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan berupa Multimedia Interaktif dinyatakan valid dan telah layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan persentase rata-rata secara keseluruhan dari ahli materi dan pembelajaran sebesar 93,3% untuk aspek materi, dan 87,5% untuk aspek pembelajaran. yang berarti media pembelajaran telah sangat baik atau sangat valid. Persentase yang didapat setelah melakukan uji validasi ahli media yaitu sebesar 62,2% yang berarti media pembelajaran telah baik atau valid. Hasil pre-test yang dilakukan oleh 36 siswa memiliki rata-rata sebesar 76,27 dan rata- rata nilai post-test sebesar 83,3. Selain itu, hasil uji-t yang telah dilakukan memperoleh nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,000. Nilai pre- test dan post-test siswa juga menunjukkan kenaikan nilai yang signifikan. Dari hasil analisis yang didapat, bisa disimpulkan bahwa media pembelajaran berupa Multimedia Interaktif yang telah dikembangkan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

English Abstract

At SMK 2 Malang there are several expertise programs, one of which is multimedia. Where students with this Multimedia expertise program are provided with skills in the field of graphic design. Based on the results of the interview, there are several problems in learning including learning that is done only using Adobe Photoshop as the main software and also a projector screen to help teachers to teach. When learning takes place students are not given learning media other than power points, because the teacher does the lecture method using learning media in the form of PowerPoint. One solution that can be applied to deal with these problems is by developing learning media in the form of Interactive Multimedia. Through Interactive Multimedia is expected to motivate and attract students' attention about the material presented. Interactive Multimedia Development can be done using Notepad ++ software as a text editor and Adobe Premiere Pro 2017 for editing video material. With a 4-D development model. Data collection techniques used were observation, interviews, questionnaires and test giving. Based on the results of the questionnaire validation test of material experts and media experts showed that the learning media developed in the form of Interactive Multimedia was declared valid and was feasible to be used in the learning process with an overall average percentage of material and learning experts of 93.3% for the material aspects, and 87.5% for the learning aspect. which means the learning media has been very good or very valid. The percentage obtained after conducting the validation test of media experts is 62.2%, which means the learning media is good or valid. The results of the pre-test conducted by 36 students had an average of 76.27 and an average post-test score of 83.3. In addition, the results of the t- test that were carried out obtained a significance value of less than 0.05 which is equal to 0,000. Student pre-test and post-test scores also showed a significant increase in grades. From the analysis results obtained, it can be concluded that the learning media in the form of Interactive Multimedia that have been developed are effectively used in the learning process

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520150242
Uncontrolled Keywords: pengembangan media pembelajaran, Multimedia Interaktif, 4-D model, multimedia, sekolah menengah kejuruan.,Develop of learning media, Interactive multimedia, 4-D models, Multimedia, vocational high school.
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 29 Aug 2022 03:06
Last Modified: 29 Aug 2022 03:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193675
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Moh Septian Alfikri.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item