Irwinansyah, Mochamad Ilham (2020) Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Pencari Partner Lomba Bagi Mahasiswa Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Berdasarkan survey yang dilakukan terhadap 350 mahasiswa FILKOM Universitas Brawijaya yang terdiri dari angkatan 2016, 2017, dan 2018, terbukti sebanyak 80% dari responden pernah merasa kebingungan saat mencari partner atau anggota tim untuk diajak mengikut lomba. Berawal dari keresahan mahasiswa tersebut, maka dibutuhkan sebuah perancangan user experience aplikasi mobile untuk membantu mahasiswa dalam mencari partner atau anggota tim lomba. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode design thinking yang tahapannya terdiri dari pengumpulan informasi dengan melakukan wawancara dan pembagian kuesioner kepada responden untuk mengetahui masalah dan perilaku dari pengguna, analisis kebutuhan untuk mengetahui dan menentukan masalah dan kebutuhan yang menjadi prioritas, perumusan ide solusi untuk menemukan solusi-solusi dari masalah dan kebutuhan yang ada, pembuatan prototipe untuk merealisasikan solusi-solusi kedalam bentuk fitur, dan pengujian usability untuk menguji aspek efektivitas, efisiensi, dan kepuasan terhadap desian solusi aplikasi. Pengujian usability dilakukan dengan menggunakan dua metode, yaitu task scenario untuk mengukur aspek efektivitas dan efisiensi dan System Usability Scale (SUS) untuk mengukur aspek kepuasan. Desain solusi aplikasi yang dibuat mendapatkan skor 85% pada aspek efektivitas, 62,87% pada aspek efisiensi, dan 72,5% pada aspek kepuasan. Ketiga aspek tersebut kemudian dirata-rata dan mendapatkan nilai akhir usability sebesar 73,46% yang termasuk ke dalam golongan B (good).
English Abstract
Based on a survey on 350 students of Faculty of Computer Science, Universitas Brawijaya, this study found that 80% of respondents had felt confused in finding team members to take part in the competition. To overcome the issue, a user experience to make mobile applications needed to assist students in finding team members. The method used in this study is the design thinking method, which consist of gathering information by conducting interviews and distributing questionnaires to respondents to find out problems and users' behavior, analyzing users' needs to design priorities scale, formulating solutions of main problems, creating prototypes to implement the solutions into visual form, and usability testing to assess aspects of effectiveness, efficiency, and user satisfaction with application design. Usability testing is carried out using two methods, namely task scenarios to measure effectiveness and efficiency and System Usability Scale (SUS) to measure satisfaction. The design of the solution got score of 85% in the terms of effectiveness, 62.87% in the terms of efficiency, and 72.5% in the terms of satisfaction. The design of the solution obtained a final usability value of 73.46% which is included in group B (good).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0520150241 |
Uncontrolled Keywords: | user experience, pengujian usability, task scenario, System Usability Scale (SUS).,user experience, usability testing, task scenario, and System Usability Scale (SUS) |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 26 Aug 2022 09:15 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 07:49 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193653 |
Text
Mochamad Ilham Irwinansyah.pdf Download (8MB) |
Actions (login required)
View Item |