Faktor penentu pengungkapan tanggung jawab sosial dan nilai perusahaan (Studi pada perusahaan terbuka di Indonesia)

Nur, Fachruddin and Dr. Erwin Saraswati,, Ak., CPMA., CSRA. and Dr. Wuryan Andayanu,, SE., M.Si., Ak (2019) Faktor penentu pengungkapan tanggung jawab sosial dan nilai perusahaan (Studi pada perusahaan terbuka di Indonesia). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor penentu pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan dan pengaruh pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap nilai perusahaan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori stakeholder dan teori signaling. Perusahaan berkomunikasi dengan stakeholder melalui laporan dan mereka membangun citra yang baik untuk menunjukkan perusahaan mereka baik. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan analisis data menggunakan regresi data panel dengan model random effect. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan dengan hutang tinggi mengungkapkan lebih sedikit tanggung jawab sosial, tetapi perusahaan dengan ukuran yang besar mengungkapkan lebih banyak tanggung jawab sosial perusahaan dalam laporan tahunannya. Sementara itu, kinerja keuangan tidak mempengaruhi pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Nilai perusahaan akan ditingkatkan dengan melakukan lebih banyak pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Penelitian ini dapat digunakan oleh investor yang membuat pertimbangan untuk investasi dan saran untuk setter standar di Indonesia

English Abstract

The objective of this study is to assess the determining factors for corporate social responsibility disclosure and the effect of corporate social responsibility disclosure on firm value using stakeholder theory and signalling theory. Companies communicate with their stakeholders through reports, and they build their good image the show that they are good. This study uses purposive sampling in selecting the sample and panel data regression with random effect model in analyzing the data. This study finds that companies with higher debt disclose less social responsibility and that larger companies disclose more social responsibilities in their annual reports. Furthermore, financial performance does not influence corporate social responsibility disclosure, and firm value is increased by disclosing more corporate social responsibilities. This research can be used by investors in making investment considerations and by Indonesian standard setters.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.408/NUR/f/2019/041910693
Uncontrolled Keywords: pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan; faktor penentu pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan; nilai perusahaan; teori stakeholder; teori signaling,corporate social responsibility disclosure, determining factors for corporate social responsibility disclosure, firm value, stakeholder theory, signalling theory
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.408 Social responsibility of executive management
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 26 Aug 2022 01:56
Last Modified: 26 Aug 2022 01:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193617
[thumbnail of Fachruddin Nur.pdf] Text
Fachruddin Nur.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item