Anang Makruf, Lutfi (2020) Implementasi Low Power State Machine Pada Sistem Notifikasi Kecelakaan Sepeda Motor. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Di era modern ini sepeda motor adalah alat transportasi yang sangat umum untuk digunakan. Dengan adanya sepeda motor dapat membantu mempermudah dalam menempuh jarak perjalanan jauh maupun dekat. Dengan meningkatnya populasi pengguna sepeda motor, kecelakaan yang disebabkan sepeda motor tidak dapat dihindari. Secara umum terjadinya kecelakaan tidak dapat diprediksi kapan dan dimana kecelakaan tersebut terjadi. Dengan menggunakan sistem notifikasi kecelakaan pada sepeda motor, akan menjadi lebih mudah untuk mengetahui lokasi terjadinya kecelakaan. Agar perangkat tidak mengkonsumsi daya yang berlebihan pada aki sepeda motor maka harus memiliki mekanisme low power untuk dapat menghemat daya. Mekanisme low power dan state machine dapat diimplementasikan dalam sebuah purwarupa sistem yang berfungsi untuk menginformasikan bahwa telah terjadi kecelakaan dengan mengirimkan pesan singkat berisi lokasi terjadinya kecelakaan. Pada pengujian tingkat akurasi dan fungsional beberapa komponen didapatkan hasil yang sangat baik. Sensor MPU6050 memiliki akurasi sebesar 84,43%, modul NEO6M memiliki akurasi sebesar 99,99% dan fungsional modul SIM800L dapat mengirimkan pesan singkat dengan baik. Pada pengujian mekanisme low power dapat mereduksi daya yang dikonsumsi sebesar 22,2 mA atau 18,8%. Perangkat mengkonsumsi daya sebesar 117,7 mA tanpa menggunakan mekanisme low power dan mengkonsumsi daya sebesar 95,5 dengan menggunakan mekanisme low power.
English Abstract
n this modern era motorcycle is a very common transportation to use. With a motorcycle can help make it easier to travel long and close distances. With the increase in the population of motorcycle users, even motorbike accidents cannot be avoided. In general, accidents cannot be predicted when and where accidents occur. By using an accident notification system on a motor cycle it will be easier to find out the location of the accident. So that the device does not consume excessive power on a motorcycle battery, it must have a low power mechanism to be able to save power. Low power and state machine mechanism can be implemented in a prototype system that serves to inform that an accident has occurred by sending a short message containing the location of the accident. In testing the accuracy and functional levels of several components obtained results that are as expected. The MPU6050 sensor has an accuracy of 84.43%, the NEO6M module has an accuracy of 99.99% and the functional SIM800L module can send short messages properly. In testing the mechanism of low power can reduce the power consumed by 22.2 mA or 18.8%. The device consumes power of 117.7 mA without using the low power mechanism and consumes power of 95.5 mA using the low power mechanism
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0520150231 |
Uncontrolled Keywords: | low power, state machine, sensor MPU6050, modul NEO6M, modul SIM800L.,low power, state machine, MPU6050 sensor, NEO6M module, SIM800L module |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 25 Aug 2022 02:59 |
Last Modified: | 25 Aug 2022 02:59 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193564 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Lutfi Anang makruf.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2023. Download (5MB) |
Actions (login required)
View Item |