Juan Aulia, Fikry (2020) Implementasi Mekanisme Publish-Subscribe Pada Pemantauan Kehadiran Beacon Menggunakan Protokol Bluetooth Low Energy. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pertumbuhan penduduk yang selalu meningkat setiap tahunnya memberikan dampak terhadap berbagai bidang. Salah satu bidang yang terdampak adalah kebutuhan akan pelayanan transportasi umum, karena tingkat kompleksitas pengguna layanan transportasi umum semakin meningkat seiring dengan peningkatan pertumbuhan penduduk. Dalam hal ini peran teknologi dibutuhkan dalam menangani kompleksitas akan layanan transportasi umum. Angkot merupakan salah satu jenis layanan transportasi umum yang digunakan oleh banyak penduduk dan saat ini pemerintah Kota Malang telah menyediakan informasi rute angkot pada situs MediaCentre. Namun masalah yang terjadi adalah informasi secara langsung pada halte tidak ada, akibatnya penduduk yang menggunakan angkot akan mengalami waktu tunggu yang tidak jelas. Maka dari itu penelitian ini membangun sebuah sistem identifikasi angkot terhadap halte dengan tujuan memudahkan penduduk untuk mengetahui posisi angkot saat melewati halte. Salah satu sektor perkembangan dalam dunia teknologi yaitu berupa Internet of Things (IoT), yang dimana merupakan sebuah konsep integrasi data atau informasi dengan mengurangi campur tangan manusia. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melakukan integrasi antar tempat pemberhentian angkutan umum atau yang sering disebut sebagai halte. Protokol Bluetooth Low Energy (BLE) digunakan dalam penelitian ini untuk disematkan pada angkot dalam bentuk modul beacon. Protokol Message Queue Telemetry (MQTT) digunakan sebagai protokol komunikasi antar halte, dengan menggunakan layanan broker yang bersifat cloud pada cloud.mqtt.com. Pengujian dilakukan untuk mengukur fungsionalitas sistem, response time, dan jarak jangkauan sistem. pengujian yang dilakukan terbatas hanya pada 3 buah angkot sekaligus pada satu hate. Hasil pengujian fungsionalitas sistem menghasilkan semua kebutuhan fungsionalitas terpenuhi. Hasil pengujian response time menghasilkan rata-rata tertinggi pada deteksi 3 buah angkot sekaligus dengan waktu scan 0,247563 detik dan rata-rata terendah waktu scan 0,117454 detik. Pengujian response time yang lain yaitu berupa waktu pengiriman data dari halte yang mendeteksi kehadiran angkot ke halte selanjutnya dengan waktu rata-rata tertinggi pada deteksi 2 buah angkot sekaligus dengan waktu 0,981685 dan waktu rata-rata terendah pada 0,792323. Hasil dari pengujian jarak yaitu jangkauan maksimal antara angkot dan halte sebesar 30 meter.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0520150229 |
Uncontrolled Keywords: | IoT, BLE, Beacon, MQTT, smart infrastructure, esp32., IoT, BLE, Beacon, MQTT, smart infrastructure, esp32 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 25 Aug 2022 02:47 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 06:11 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193558 |
Text
Fikry Juan Aulia.pdf Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |