Proses Sosial Akuntabilitas Pondok Pesantren: Studi Kasus Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan

Wirawan, Desak Gede Tiara Sharasshita and Prof. Eko Ganis Sukoharsono,, SE., M.Com. Hons., Ph.D. and Drs. Ali Djamhuri,, Ak., M.Com., Ph.D. (2019) Proses Sosial Akuntabilitas Pondok Pesantren: Studi Kasus Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memaknai proses sosial yang melatarbelakangi pentingnya akuntabilitas di Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Alat analisis yang digunakan adalah analisis interaktif dengan melakukan pendalaman terhadap informan di lokasi penelitian dan telaah dokumen laporan pertanggungjawaban serta dokumen pondok pesantren lainnya. Penelitian ini menemukan bahwa kehidupan manusia dan interaksinya harus berdasarkan hal-hal yang diketahui dan jelas, yang menimbulkan adanya pertanggungjawaban atas halhal yang dilakukan, termasuk pengelolaan dana ponpes oleh para pengurus yang telah menerima amanat dari donatur maupun orang tua siswa. Para pengurus wajib membuat laporan pertanggungjawaban dalam bentuk laporan pertanggungjawaban keuangan yang berlandaskan prinsip hukum Islam seperti dimaksud dalam surat Al- Baqarah ayat 282, yaitu apabila ada transaksi maka tulislah agar didapat pengukuran secara adil, serta tidak dilebihkan dan tidak dikurangi (Asy-Syu’ara ayat 181-184). Dapat dikatakan Islam melarang bentuk-bentuk transaksi yang bertentangan dengan syari’ah, sehingga laporan pertanggungjawabannya meskipun tidak baku, tetapi berlandaskan azas kepercayaan.

English Abstract

This qualitative study aims to identify and define the social process behind the importance of accountability in Sidogiri Islamic boarding school in Pasuruan using case study approach. Using interactive analysis, elaborations on informants at the research site were conducted, and accountability reports as well as other documents were examined. This study finds that human’s life and its interactions should be based on identifiable and obvious matters, which cause responsibilities for any actions taken, including the management of the school’s fund by the administrators who have received the mandates of the donors and student’s parents. They are required to prepare accountability reports in forms of financial accountability reports based on the principles of Islamic law as mentioned by the Quran chapter one verse 282 that transactions should be written fairly, neither overstated nor understated (Asy-Syu’ara verses 181 to 184). Therefore, it can be said that Islam prohibits transactions that violate the sharia. Even though the format of the accountability report is not formalized, it is preserved that the foundation must use trust principles.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/371.077/WIR/p/2019/041901688
Uncontrolled Keywords: Akuntabilitas, Pondok Pesantren, Proses Sosial,accountability, Islamic boarding school, social process
Subjects: 300 Social sciences > 371 Schools and their activities; special education
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 24 Aug 2022 06:34
Last Modified: 24 Aug 2022 06:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193514
[thumbnail of Desak Gede Tiara Sharasshita Wirawan.pdf] Text
Desak Gede Tiara Sharasshita Wirawan.pdf

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item