Perlindungan Hukum Kepada Ahli Waris Yang Tidak Tercantum Sebagai Penerima Manfaat Dalam Polis Asuransi Jiwa Individu

Sulistyorini, Hastuti and Dr. Siti Hamidah,, S.H.,M.M., and Dr. Rahmi Sulistyarini,, S.H.,M.H (2020) Perlindungan Hukum Kepada Ahli Waris Yang Tidak Tercantum Sebagai Penerima Manfaat Dalam Polis Asuransi Jiwa Individu. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Isu hukum dalam penelitian ini adalah norma yang tidak lengkap dalam asuransi jiwa khususnya tentang penerima manfaat dalam asuransi jiwa karena belum terdapat peraturan perundang undangan yang khusus mengatur rumusan tentang penerima manfaat dana asuransi jiwa sehingga menimbulkan ketidak pastian hukum dan menyebabkan penafasiran yang berbeda beda dalam penerapannya. Hal tersebut dapat menyebabkan sengketa apabila terdapat ahli waris yang merasa dirugikan karena tidak mendapat hak waris dari dana asuransi jiwa atas terjadinya evenemen meninggalnya tertanggung karena tidak tercantum sebagai penerima manfaat dalam polis asuransi jiwa. Bahwa berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam tesis ini adalah apa bentuk perlindungan hukum kepada ahli waris yang tidak tercantum sebagai penerima manfaat dalam polis asuransi jiwa sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan bentuk perlindungan hukum yang diberikan kepada ahli waris yang tidak tercantum sebagai penerima manfaat dalam asuransi jiwa. Jenis penelitian ini adalah hukum normatif dengan pendekatan perundang undangan dan pendekatan konsep, teknik pengumpulan bahan hukum studi pustaka dengan teknik analisis bahan hukum dilakukan secara preskriptif. Bentuk perlindungan hukum bagi ahli waris yang tidak tercantum sebagai penerima manfaat dalam polis asuransi jiwa adalah perlindungan hukum internal yang dibuat para pihak yaitu adanya klausula yang mencantumkan bahwa penerima manfaat adalah sebagai penerima kuasa untuk menerima dana asuransi jiwa dalam polis asuransi jiwa berdasarkan asas kebebasan berkontrak dan asas itikad baik dari para pihak yang bersepakat. Peraturan perundang undangan belum mengatur tentang hak ahli waris sebagai penerima manfaat dalam asuransi jiwa, oleh karena itu sebagai bentuk perlindungan hukum terakhir adalah pengajuan gugatan hak waris dari ahli waris yang tidak tercantum dalam polis asuransi jiwa untuk mendapatkan putusan hakim yang selanjutnya dijadikan sebagai pedoman dalam pelaksanaan polis asuransi jiwa.

English Abstract

The legal issue studied in this research is concerning with incomplete norm related to beneficiary in life insurance due to the fact that there is no legislation specifically governing beneficiary. This absence has sparked an issue in legal certainty and has caused multi-interpretation that affects the implementation. This issue can also spark disputes when an inheritor sens es an unfair treatment since he/she does not receive his/her part from the insurance following the death of the dependent whose name is not listed as the beneficiary of the life insurance policy. In reference to the issue above, this study is aimed to find out what form of legal protection is given to the inheritor whose name is not mentioned as a beneficiary in the policy of life insurance. This is a normative legal research that employed statute and conceptual approach. The data was obtained from library research and analysed based on prescriptive analysis. The legal protection provided for the inheritor whose name is not listed as a beneficiary in the policy of life insurance is in the internal form made by the parties concerned since there is a clause stating that beneficiary is given a right to receive the part of life insurance as stated in the policy according to the principle of freedom of contract and of good faith of the agreeing parties. The existing legislation does not govern the rights of an inheritor as a beneficiary in life insurance. Therefore, the last thing to consider to provide the legal protection is filing a lawsuit over inheritance right of the inheritor whose name is not listed as a beneficiary in life insurance policy. This w as aimed to gain judge’s decision on which the guideline in the implementation of the life insurance policy should be based

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/346.086/FH/p/2020/042002814
Subjects: 300 Social sciences > 346 Private law > 346.08 Banks and insurance > 346.086 Insurance
Divisions: S2/S3 > Magister Kenotariatan, Fakultas Hukum
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 24 Aug 2022 04:29
Last Modified: 24 Aug 2022 04:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193502
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Hastuti Sulistyorini.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item