Sikap Pembelian Sebaga Variabel Mediasi Pengaruh Religiusitas Terhadap Niat Pembelian Polis Asuransi Jiwa Syariah Di Kota Malang

Ilahi, Putra Yuha and Sunaryo,, SE, M.Si, Ph.D. and Prof. Dr. Djumilah Hadiwidjojo,, SE (2018) Sikap Pembelian Sebaga Variabel Mediasi Pengaruh Religiusitas Terhadap Niat Pembelian Polis Asuransi Jiwa Syariah Di Kota Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan nntuk mengetahui pengaruh religiusitas terhadap niat pembelian polis asuransi jiwa syariah di Kota Malang dengan sikap pembelian sebgai variabel mediasi. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 sampel dengan populasi warga Malang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan nonprobability sampling dengan kriteria responden yang pernah melakukan pebelian polis asuransi jiwa syariah minimal satu kali di Kota Malang, rentang usia responden antara 18 tahun sampai 58 tahun dan responden yang beragama Islam. Teknik analisis data yang dalam penelitian ini menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Religiusitas nasabah muslim mempengaruhi sikap pembelian, sehingga semakin tinggi tingkat religiusitas yang dimiliki nasabah muslim maka semakin tinggi pula sikap pembelian yang ditunjukkan nasabah pada polis asuransi jiwa syariah, Religiusitas nasabah muslim mempengaruhi niat pembelian polis asuransi jiwa syariah, semakin tinggi tingkat religiusitas yang dimiliki nasabah maka semakin tinggi pula niat pembelian nasabah pada polis asuransi jiwa syariah.. Sikap pembelian nasabah muslim mempengaruhi niat pembelian polis asuransi jiwa syariah, semakin baik sikap pembelian nasabah maka semakin tinggi pula niat pembelian nasabah pada polis asuransi jiwa syariah. Pengaruh religiusitas nasabah terhadap niat pembelian nasabah tidak dimediasi oleh sikap pembelian dan adanya pengaruh idak langsung antara religiusitas terhadap niat pembelian melalui sikap pembelian.

English Abstract

The purpose of this study was conducted to determine the influence of religiosity on the intention of purchasing Sharia life insurance policy in Malang with the attitude of purchasing sebgai mediation variables. The number of samples in this study is 100 samples with Malang population. Data collection techniques conducted using nonprobability sampling with the criteria of respondents who have done the policy of sharia life insurance policy at least once in Malang, age range of respondents between 18 years to 58 years and respondents who are Muslims. Data analysis technique in this research using Partial Least Square (PLS). The results of this study indicate that the religiosity of Muslim customers affect the attitude of purchasing, so the higher the level of religiosity of Muslim customers, the higher the purchasing behavior shown by customers on sharia life insurance policy, The religiosity of Muslim customers influence the intention of purchasing sharia life insurance policy, the higher the religiosity level of the client, the higher the purchasing intention of the customer in sharia life insurance policy. The buying attitude of the Muslim customer influences the purchase intent of sharia life insurance, the better the buying attitude of the customer the higher the purchase intention of customers in sharia life insurance policy. The influence of customer religiosity on client purchasing intentions is not mediated by buying attitudes and the indirect influence of religiosity on purchasing intentions through buying attitudes.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/368.32/ILA/s/2018/041804166
Uncontrolled Keywords: Relgiusitas, sikap pembelian dan niat pembelian,Religiosity, buying attitude and purchase intentions
Subjects: 300 Social sciences > 368 Insurance
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 24 Aug 2022 01:55
Last Modified: 24 Aug 2022 01:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193480
[thumbnail of PUTRA YUHA ILAHI.pdf] Text
PUTRA YUHA ILAHI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item