Kajian Hambatan Samping Pada Ruas Jalan Sudirman, Jalan Cak Doko Dan Jalan Ahmad Yani Kota Kupang

Sinaga, Ari Esclesias (2019) Kajian Hambatan Samping Pada Ruas Jalan Sudirman, Jalan Cak Doko Dan Jalan Ahmad Yani Kota Kupang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jalan Sudirman, Jalan Cak Doko dan Jalan Ahmad Yani Kota Kupang merupakan ruas jalan yang cukup padat arus lalu-lintasnya karena ruas jalan tersebut sudah masuk dalam kawasan bisnis. Hambatan samping pada ketiga ruas jalan ini sangat mengganggu kelancaran arus lalu lintas dan semakin menambah kepadatan lalu-lintas pada ruas jalan tersebut yang mengakibatkan kecepatan rata-rata kendaraan berkurang, waktu tempuh bertambah, tingkat pelayanan jalan menjadi kurang baik. Jika kondisi saat ini tidak diantisipasi maka Lima tahun ke depan ketiga ruas jalan ini akan mengalami kemacetan lalu-lintas total sehingga diperlukan kajian mendalam melalui penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja jalan kondisi eksisting serta menemukan model pengaruh hambatan samping terhadap kecepatan kendaraan dan kepadatan lalu-lintas di Jalan Sudirman, Jalan Cak Doko dan Jalan Ahmad Yani Kota Kupang, dengan harapan bisa menjadi bermanfaat bagi pemodelan pengelolaan lalu-lintas dan transportasi darat di Kota Kupang ke depan sehingga kemacetan lalu lintas dapat dikurangi. Untuk mencapai tujuan tersebut maka metode yang digunakan dalam penelitian ini pada pengambilan data primer adalah metode observasi melalui survei lalu-lintas. Sedangkan metode analisis data menggunakan metode kuantitatif formulasi MKJI 1997 dan PKJI 2014 yang dilengkapi dengan metode regresi untuk menemukan model pengaruh hambatan sampirng terhadap kecepatan rata-rata kendaraan dan kepadatan lalu-lintas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kinerja jalan Sudirman Kota Kupang pada kondisi eksisting menggunakan formulasi MKJI 1997 pada hari Senin, Jumat dan Minggu memiliki derajat kejenuhan 0.48, 0.49 dan 0.47, sedangkan menggunakan formulasi PKJI 2014 derajat kejenuhan 0.45, 0.45 dan 0.44. Kinerja jalan Cak Doko Kota Kupang pada kondisi eksisting menggunakan formulasi MKJI 1997 pada hari Senin, Jumat dan Minggu memiliki derajat kejenuhan 0.65, 0.66 dan 0.65, Sedangkan menggunakan formulasi PKJI 2014 derajat kejenuhan 0.64, 0.65 dan 0.64. Kinerja jalan Ahmad Yani Kota Kupang pada kondisi eksisting menggunakan formulasi MKJI 1997 pada hari Senin, Jumat dan Minggu memiliki derajat kejenuhan 1.09, 1.06 dan 1.01, sedangkan menggunakan formulasi PKJI 2014 derajat kejenuhan 1.05, 1.03 dan 0.98. Model persamaan regresi menggunakan formulasi MKJI 1997, pengaruh Hambatan Samping (SF) terhadap kecepatan rata-rata kendaraan (Vr) Jalan Sudirman, Jalan Cak Doko dan Jalan Ahmad Yani adalah y = 14.645 - 0.0206x, y = 15.438 - 0.0558x dan y = 19.228 - 0.0369x. Pengaruh Hambatan Samping (SF) terhadap kepadatan lalu-lintas (k) Jalan Sudirman, Jalan Cak Doko dan Jalan Ahmad Yani adalah y =3x-362, y = 5x-268 dan y = 5x-1026. Model persamaan regresi menggunakan formulasi PKJI 1994, pengaruh Hambatan Samping (HS) terhadap kecepatan rata-rata kendaraan (Vr) Jalan Sudirman, Jalan Cak Doko dan Jalan Ahmad Yani adalah y = 14.515 - 0.0231x, y = 15.439 - 0.0643x dan y = 19.472 - 0.0431x. Pengaruh HS terhadap kepadatan lalu-lintas (k) Jalan Sudirman, Jalan Cak Doko dan Jalan Ahmad Yani adalah y =3x-351, y =6x-268 dan y =6x-1118.

English Abstract

Sudirman Street, Cak Doko Street and Ahmad Yani Street in Kupang City are roads that are quite congested with traffic because they have already entered the business district. Side Frictions on these three roads greatly disrupt the smooth flow of traffic and increase the density of traffic on the road which results in the average speed decreases, travel time increases, road service levels become less good. If the current conditions are not anticipated, the next five years will make these three road segments total traffic congestion so that in- depth studies are needed. The aim of this research was to find out the existing road performance and find a model of the effect of Side Frictions on speed and traffic density on Sudirman Street, Cak Doko Street and Ahmad Yani Street in Kupang City, with the hope that it could be useful for modeling traffic management and transportation in Kupang City in the future so that traffic congestion can be reduced. To achieve these aim, the method used in this study in primary data collection is the method of observation through traffic surveys. While the method of data analysis uses the quantitative method of the MKJI 1997 formulation and the 2014 PKJI which is equipped with a regression method to find a model of the effect of Frictions to the average speed and traffic density. The results showed that the Sudirman Street in Kupang City performance on the existing conditions using the MKJI 1997 formulation on Monday, Friday and Sunday had degrees of saturation of 0.48, 0.49 and 0.47 while using the PKJI 2014 formulation the degree of saturation was 0.45, 0.45 and 0.44. The performance of the Cak Doko Street in Kupang City on existing conditions using the MKJI 1997 formulation on Monday, Friday and Sunday have degrees of saturation of 0.65, 0.66 and 0.65, while using the PKJI 2014 formulation degrees of saturation 0.64, 0.65 and 0.64. The performance of Ahmad Yani Street in Kupang City on the existing conditions using the MKJI 1997 formulation on Monday, Friday and Sunday have a degree of saturation of 1.09, 1.06 and 1.01, while using the PKJI 2014 formulation, degree of saturation is 1.05, 1.03 and 0.98. The regression equation model uses the MKJI 1997 formulation, the effect of Side Frictions (SF) on the average speed (Vr) Sudirman street, Cak Doko Street and Ahmad Yani Street is y = 14,645 - 0.0206x, y = 15,438 - 0.0558x and y = 19,228 - 0.0369x. Effects of side Frictions (SF) on traffic density (k) on Sudirman street, Cak Doko street and Ahmad Yani street are y = 3x- 362, y = 5x-268 and y = 5x-1026. The regression equation model uses the PKJI 1994 formulation, the effect of Side Frictions (HS) on the average speed (Vr) of Sudirman Street, Cak Doko Street and Ahmad Yani Street is y = 14,515 - 0.0231x, y = 15,439 - 0.0643x and y = 19,472 - 0.0431x. The effects of Side Frictions (HS) on the traffic density (k) of Sudirman Street, Cak Doko Street, and Ahmad Yani Street is y = 3x-351, y = 6x-268 and y = 6x-1118

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/388.1/SIN/k/2019/041904799
Uncontrolled Keywords: ambatan samping, derajat kejenuhan, kepadatan, kecepatan, Kota Kupang
Subjects: 300 Social sciences > 388 Transportation > 388.1 Roads
Divisions: S2/S3 > Magister Teknik Sipil, Fakultas Teknik
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Aug 2022 06:57
Last Modified: 19 Aug 2022 06:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193374
[thumbnail of ARI ESCLESIASS SINAGA.pdf] Text
ARI ESCLESIASS SINAGA.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item