Pengembangan Modul Web Service Pada Situs Ppob Untuk Transaksi B2b (Studi Kasus Pt Xyz)

Rizqi, Miftahur and Dr. Eng.Herman Tolle, S.T., M.T and Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si, M.T, Ph.D (2020) Pengembangan Modul Web Service Pada Situs Ppob Untuk Transaksi B2b (Studi Kasus Pt Xyz). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT XYZ (nama perusahaan disamarkan) merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang Telekomunikasi yang memiliki wilayah distribusi di seluruh Indonesia. PT XYZ menawarkan jasa kerjasama B2B (Business To Bussiness) dalam hal penjualan pulsa dan Payment Point Online Bank (PPOB) kepada para mitranya. Berdasarkan hasil wawancara dan pengamatan ditemukan masalah pada sistem PPOB PT XYZ. Tidak adanya jembatan untuk menghubungkan banyaknya sistem supplier-supplier dengan aplikasi-aplikasi yang ada di PT XYZ menyebabkan adanya masalah-masalah yang muncul pada sistem PPOB. Masalah pertama yaitu banyaknya supplier dan adanya aplikasi-aplikasi baru pada PT XYZ akan membuat pengkodingan oleh pihak IT PT XYZ menjadi tidak efesien karena harus merubah satu persatu pada koding aplikasinya, padahal waktu tersebut bisa digunakan untuk tugas IT yang lain. Masalah kedua adalah dari segi manajemen supplier dimana untuk proses pergantian supplier yang aktif dan perubahan harga produk supplier harus dilakukan satu persatu pada aplikasi PT XYZ. Hal ini membutuhkan waktu yang lama dalam pengerjaannya. Masalah ketiga adalah saat ini dalam bisnis PPOB PT XYZ belum ada jasa Host To Host (H2H) sehingga dikatakan tertinggal dari para pesaing-pesaingnya. Berdasarkan masalah tersebut, maka dapat diberikan solusi dengan membuat sebuah modul berupa web service untuk menjembatani antara supplier-supplier dengan aplikasi-aplikasi PT XYZ. Modul ini digunakan sebagai wujud interoperabilitas karena keberagaman sistem pada sistem PPOB PT XYZ. Modul berupa sistem web service dan sistem manajemen yang akan menjadi standart bagi PT XYZ dalam menjalankan bisnis PPOB. Metode pengembangan modul ini menggunakan metode waterfall karena persyaratan pengembangan sudah sangat jelas di awal dan kemungkinan akan ada perubahan selama pengembangan sangatlah kecil.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520150383
Uncontrolled Keywords: Payment Point Online Bank, Web Service, Interoperabilitas, Waterfall
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 19 Aug 2022 06:45
Last Modified: 19 Aug 2022 06:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193373
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
0520150383 - MIFTAHUR RIZQI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item