Regain, Kembang and Admaja Dwi Herlambang, S.Pd., M.Pd and Satrio Hadi Wijoyo, S.Si., S.Pd., M.Kom. (2020) Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya Dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKJ Mata Pelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN) DI SMK Negeri 6 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Ketika memasuki usia remaja waktu yang dihabiskan oleh siswa banyak dilakukan di sekolah dan diluar lingkungan sekolah bersama dengan temantemannya, hal tersebut secara tidak langsung akan menumbuhkan rasa ingin diterima dalam suatu kelompok. Pada proses penerapan kurikulum 2013 pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas berubah menjadi berpusat pada peserta didik yang dalam pelaksanaannya banyak menerapkan model cooperative learning atau pembelajaran dengan kerjasama antar siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Sehingga peneliti merasa perlu untuk mengukur seberapa kuat pengaruh dukungan sosial teman sebaya siswa kelas XI TKJ SMKN 6 Malang dalam implementasi kurikulum 2013 khususnya pada mata pelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN). Dalam dunia usaha dan dunia industri kedisiplinan menjadi tolak ukur dalam penilaian kerja, siswa kelas XI TKJ SMKN 6 Malang akan memasuki masa prakerin sehingga peneliti merasa perlu untuk meneliti pengaruh kedisiplinan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN) sebagai refleksi ketika siswa memasuki masa prakerin. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan metode penelitian korelasional, Subjek yang terlibat sejumlah 68 orang. Kuesioner dan dokumentasi digunakan untuk pengumpulan data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan (1) tidak terdapat pengaruh antara dukungan sosial teman sebaya terhadap hasil belajar ditunjukkan dengan perolehan nilai signifikansi sebesar 0,241 > 0,05, (2) kedisiplinan belajar tidak berpengaruh terhadap hasil belajar dengan nilai signifikansi 0,117 > 0,05, (3) kemudian dukungan sosial teman sebaya dan kedisiplinan belajar secara bersama juga tidak memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan perolehan nilai signifikansi sebesar 0,233 > 0,05.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0520150397 |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 18 Aug 2022 07:30 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 06:34 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193330 |
Text
KEMBANG REGAIN..pdf Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |