Pengaruh Authenticity Terhadap Revisit Intention Yang Dimediasi Oleh Place Image Dan Satisfaction (Studi Pada Wisatawan Pantai Malang Selatan)

Triangga, Bigraf and Dr. Fatchur Rahman,, SE., M.Si. and Dr. Wahdiyat Moko,, SE., MM. (2018) Pengaruh Authenticity Terhadap Revisit Intention Yang Dimediasi Oleh Place Image Dan Satisfaction (Studi Pada Wisatawan Pantai Malang Selatan). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sektor pariwisata terus mengalami kenaikan dan akan menjadi sektor unggulan Indonesia di masa depan. Terdapat 10 destinasi prioritas di Indonesia salah satunya berada di Jawa Timur. Potensi pasar yang besar dan kemajuan teknologi yang pesat membuat persaingan binis pariwisata semakin kompetitif, agar pendapatan daerah stabil dan berkembang di tengah persaingan yang kompetitif pemerintah daerah harus mengembangkan wisata potensial pada daerah tersebut serta kunjungan kembali wisatawan terhadap destinasi wisata tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan variabel-variabel yang dapat mempengaruhi kunjungan kembali wisatawan terhadap suatu destinasi wisata non prioritas di Indonesia, untuk itu penelitian ini menggunakan wisatawan pantai Malang Selatan sebagai obyek penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data pada penelitian ini diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara online kepada 160 responden yang menjadi sampel. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan metode Partial Least Square. Variabel yang digunakan pada penelitian ini adalah: authenticity, image, satisfaction, dan revisit intention. Hasil penelitian ini menemukan bahwa authenticity mempengaruhi image dan satisfaction, namun authenticity tidak dapat mempengaruhi revisit intention secara langsung. Penelitian ini juga menemukan bahwa image dan satisfaction dapat menjadi mediasi pengaruh authenticity terhadap revisit intentio

English Abstract

he tourism sector will increase and become Indonesia's leading sector in the future. There are 10 priority destinations in Indonesia, one of them is in East Java. Large market potential and rapid technological advancements make tourism business competition increasingly competitive so that regional income is stable and growing in the midst of competitive competition local governments must develop the potential tourism in the area as well as returning tourist visits to these tourist destinations. The purpose of this study is to explain the variables that can affect return visits of tourists to a non-priority tourist destination in Indonesia, for this reason, the study uses tourists from South Malang beach as the object of research. 160 filled out an online questionnaire, data obtained from the questionnaire was analyzed with Partial Least Square method. In this research using four variables, there are authenticity, image, satisfaction, and revisit intention. This study found that authenticity has a direct relationship with image and satisfaction, but authenticity has no direct relationship to revisit intention. This study also found that image and satisfaction being able to mediate the indirect relationship between authenticity toward revisit intention

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/338.479 1/FE/d/2019/041904237
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services > 338.47 Services and specific products > 338.479 1 Services and specific products (Geography and travel)
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 16 Aug 2022 01:32
Last Modified: 16 Aug 2022 01:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193244
[thumbnail of BIGRAF TRIANGGA.pdf] Text
BIGRAF TRIANGGA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item