Analisis Pengaruh Skema Pembiayaan Terhadap Non Performing Financing Perbankan Syariah Di Indonesia.

Aprilianto, Fitrian and Prof. Munawar Ismail,, SE.,DEA., Ph.D. and Arif Hoetoro,, SE.,MT.,Ph.D (2018) Analisis Pengaruh Skema Pembiayaan Terhadap Non Performing Financing Perbankan Syariah Di Indonesia. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dampak kontrak pembiayaan terhadap risiko perbankanbank syariah yang diukur dengan NPF. Berdasarkan data, nilai NPF cenderung meningkat setiap tahun dengan nilai yang sudah mendekati batas maksimum yang ditetapkan oleh Bank Indonesia. Jenis data yang digunakan dalam penelitian adalah data sekunder berupa data bulanan time series pada periode Januari 2014 hingga Desember 2017 dan data cross section dari dua jenis Perbankan Syariah (BUS dan UUS). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data panel. Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi NPF positif dan signifikan adalah skema musyarakah dan ijarah dan faktor-faktor yang mempengaruhi NPF negatif dan signifikan adalah skema murabahah dan FDR.

English Abstract

This research aims to identify the impact of financing contract towards Islamic bank risk measured by NPF. Based on data the value of NPF tends to increase annualy with a value that is already close to the maximum limit set by Bank Indonesia. The type of data used in study is secondary data in the form of time series data monthly in the period January 2014 until December 2017 and cross section data of two types of Islamic Banking (BUS and UUS). Method used in this research is panel data analysis. The results of analysis shows that the factors influencing NPF positive and significantly are musharaka and ijarah scheme and factors influencing NPF negatively and significantly are murabaha scheme and FDR.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/332.1/APR/a/2018/041902043
Uncontrolled Keywords: NPF, Mudaraba, Musharaka, Murabaha, Ijarah,NPF, Mudaraba, Musharaka, Murabaha, Ijarah
Subjects: 300 Social sciences > 332 Financial economics > 332.1 Banks
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 12 Aug 2022 01:41
Last Modified: 12 Aug 2022 01:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193184
[thumbnail of Fitrian Aprilianto.pdf] Text
Fitrian Aprilianto.pdf

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item