Strategi Pemasaran Kecap Autis ABK Dengan Menggunakan Bauran Pemasaran 4P dan Analisis SWOT Untuk Meningkatkan Penjualan

Phalevi, Muhammad Reza and Ir. Sri Widiyawati., ST., MT. (2022) Strategi Pemasaran Kecap Autis ABK Dengan Menggunakan Bauran Pemasaran 4P dan Analisis SWOT Untuk Meningkatkan Penjualan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kelompok Wanita Tani Vigur Organik merupakan kelompok tani yang menghasilkan berbagai olahan pertanian organik, salah satunya adalah Kecap Autis ABK. Kecap Autis ABK ini tidak memakai kedelai dan bahan-bahan kimia sehingga baik untuk anak berkebutuhan khusus. Untuk saat ini kelompok Wanita vigur organic menghadap masalah yaitu kurangnya perencanaan yang baik dalam hal mencapai target penjualan serta pemasarannya yang kurang baik terutama pada saat pandemic seperti ini. Perlu dilakukan penelitian untuk menganalisis strategi pengembangan usaha dan pemasaran yang diharapkan dapat memenuhi target penjualan kecap autis ABK. Ada beberapa metode untuk menentukan strategi pemasaran salah satuya adalah SWOT. Hal yang dilakukan sebelum penelitian yaitu identifikasi masalah, merumuskan masalah serta menentukan tujuan dari penelitian. Selanjutnya, menentukan faktor, jumlah serta level faktor yang berpengaruh. Langkah berikutnya mengidentifikasi bauran pemasaran 4P yang terdiri atas (Product, Price, Promotion, Place), kemudian mengidentifikasi kelemahan dan ancaman pada semua komponen serta kekuatan dan peluang yang cocok untuk mengatasi kelemahan dn acanaman yang sudah diidentifikasi. Kemudian melakukan anaslisis SWOT, merumuskan strategi yang direkomendasikan meliputi strategi SO (Strengh-Opportunities), WO (Weakness-Opportunities), ST (Strenght-Threats) dan WT (Weakness-Threats). Matriks yang digunakan adalah Internal Factor Evaluation (IFE) dan Eksternal Factor Evaluation (EFE). Hasil tersebut digunakan untuk merumuskan strategi pemasaran kedepannya untuk dapat meningkatkan penjualan kecap autis ABK. Hasil analisis untuk strategi pemasaran berdasarkan bauran pemasaran 4P adalah difokuskan pada promosi dengan membuat toko onine seperti shopee, Tokopedia dll serta membuat akun sosial media dan membuat konten visual untuk lebih dapat menarik konsumen. Berdasarkan analisis SWOT, Untuk peningkatan jumlah produk adalah dengan melakukan peningktakan Kerjasama dengan pemerintah ataupun Lembaga lainnya dalam melakukan pemasaran serta mempertahankan kualitas dan harga produk (SO1), menggencarkan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya hidup sehat dengan makanan organic (SO2) meningkatkan kinerja setiap anggota dalam kegiatan pemasaran da produksi (WO1). Untuk pengebangan produk adalah dengan melakukan mengajak para petani untuk membudidayakan bahan-bahan alami pembuatan kecap autis ABK dalam menghadap ancaman gagal panen (ST1). Mempertahankan dn menjaga kepercayaan konsumen (ST2). Serta peka dan membaca keinginan konsumen dalam melakukan inovasi produk sesuai kebutuhan konsumen (WT2).

English Abstract

Wanita Tani Vigu Organik is a group of farmers who produce various organic agricultural processed, one of which is Autism Soy Sauce ABK. The autism soy sauce does not use soy and chemicals so it is good for childres with special needs. For noow the Wanta Tani Vigur Organik faces the problem of lack of good planning in terms of achieving sales target and marketing that is not good, especially at a time of pandemics like this. Research needs to be done to analyze business development and marketing strategiest hat are expected to meet the sales targets of autism soy sauce ABK. There are several methods to determine a marketing strategy, one of which is SWOT and marketing mix. Thins that are done before the research are the identification of problems, formulating problems and determining the purpose of the research. Next, determine the factors, number and levels factors that influece. The next step is identify the 4P marketing mix that comprises (Product, Price, Promotion, Place), then identify weakness and Threats in all components as well as strenght and opportunities that are suitbale to overcome weakness and those that have been identified. Then perform SWOT analysis formulating recommended strategies including SO (Strenght-Opportunites), WO (Weakness-Opportunities), ST (Strenght-Threts) and WT (Weakness-Threats) strategies. The matrices used are Internal Factor Evaluation (IFE) and External Factor Evaluation (EFE). These result are used to formulate future marketing strategies tobe able to increase sales of autism soy sauce ABK. The results of the analysis for marketing strategies based of 4P marketing mix are focused on prmotion by creating online stores such as shopee, tokopedia, ec. As well as creating social media accounts and crreating visual content to better attract cosumers. Based on SWOT analysis, To increase the number of products is t increase cooperation with the government or other institution in marketing and maintaining product qality and price (SO1), promoting and educating to the public about the importance of healthy living with organic food (SO2), to improve the performance of each member in marketing and production activites (WO1). For the manufacture of products is it to invite a farmers to cultivate natural ingridients making austism soy sauce ABK in the face of threat of crop failure (ST1), maintaining consumer confidance (ST2), as well as sensitivr and reading the desires f consumers in making product innovation according to consuer needs (WT2).

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522070164
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: SWOT, IFE, EFE, Organik, Autism, Marketing Mix
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 670 Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: yulia Chasanah
Date Deposited: 11 Aug 2022 04:29
Last Modified: 11 Aug 2022 04:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193147
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
M REZA PHALEVI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item