Munif, Badrul and Dr. dr. Sri Poeranto,, Sp.Par.K, M.Kes and Dr. Yulian Wiji Utami, S.Kp,. M.Kes (2019) Perbedaan Pengaruh Terapi Mindfulness Spiritual Islam Dan Mindfulness Caring Terhadap Penurunan Stres Akademik Mahasiswa Keperawatan Di Banyuwangi. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Stres merupakan kontributor utama penyakit mental emosional dan fisik pada setiap orang di segala usia. Ditemukan sekitar 35 juta orang mengalami stres di Dunia. Kondisi Stres yang tidak bisa dikendalikan, akan mengakibatkan gangguan ansietas dan gangguan ansietas yang tidak dikelola dengan baik dapat berkontribusi terhadap terjadinya depresi. Stres merupakan bentuk gangguan mental emosional yang sering terjadi pada mahasiswa. Sebuah penelitian yang dilakukan pada 60 mahasiswa kedokteran di Islamabad Pakistan ditemukan prevalensi stres sebesar 50% dan Penelitian pada mahasiswa keperawatan baccalaureate di Hong Kong dari data epidemiologi terbaru menunjukkan bahwa prevalensi mahasiswa yang mengalami stres sebesar 41,1% dari 661 mahasiswa. Tuntutan akademik merupakan stresor utama pada mahasiswa, salah satunya adalah beban skripsi. Berdasarkan Studi pendahuluan yang dilakukan di STIKES Banyuwangi, tanggal 26 Juni 2018 dengan menyebarkan kuesioner pada 10 mahasiswa S1 Keperawatan tingkat 4 yang mengerjakan skripsi. Hasil didapatkan 4 mahasiswa mengalami stres sedang-berat. Dampak stres pada mahasiswa yang mengerjakan skripsi dapat mengakibatkan pengerjaan skripsi tertunda, mahasiswa memilih melupakan dari pada mengerjakan, menghindari dosen pembimbing, mengeluh di media sosial mengenai kesulitan yang dihadapi dan pada akhirnya tertunda masa studinya. Mindfulness solusi yang tepat dalam mengatasi permasalahan di atas, karena Mindfulness merupakan latihan untuk bisa menyadari kondisi diri yang dialami saat ini sehingga mampu membuat tujuan dan fokus dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi. Selain itu Mindfulness terbukti efektif menurunkan stres, akan tetapi dalam studi literaturnya terbaru, ditemukan 33 dari 40 studi yang mengatakan bahwa intervensi berbasis mindfulness efektif menurunkan stres pada mahasiswa, akan tetapi juga ditemukan bahwa tingkat keefektifan terdapat kesenjangan bermakna yang dipengaruhi oleh frekuensi, durasi, dan perbedaan dalam metode pemberian sehingga diperlukan pemeriksaan kuantitatif lebih lanjut untuk menentukan mana yang paling efektif. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui perbedaan terapi mindfulness spiritual Islam dengan mindfulness caring terhadap penurunan stres pada mahasiswa keperawatan dalam menghadapi skripsi di Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan metode quay experiment dengan desain pretest and posttest with control group. Menggunakan simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 36 responden yang terbagi dalam dua kelompok yaitu kelompok mindfulness spiritual islam dan kelompok mindfulness caring. Perlakuan diberikan selama 4 hari dan pengambilan data menggunakan kuesioner depression anxiety stress scale (DASS). Data dianalisis menggunakan uji T berpasangan dan uji T tidak berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelompok mindfulness spiritual Islam sesudah diberikan perlakuan didapatkan skor rata-rata stres mahasiswa sebesar x 11,39, standar deviasi 5,81 dan p-value 0,000. Pada kelompok mindfulness caring sesudah perlakuan didapatkan skor rata-rata stres mahasiswa sebesar 16,39, standar deviasi 5,01 dan p-value 0,004. Hasil Analisis lebih lanjut untuk mengetahui perbedaan keduanya didapatkan p-value 0.004. Berdasarkan identifikasi stres yang dialami oleh mahasiswa melalui instrument DASS (Depression Anxiety Stress Scale), diketahui bahwa perbedaan perubahan stres pada mahasiswa yang diberikan mindfulness spiritual Islam dan mindfulness caring terdapat pada respond agresivitas, seperti merasa bahwa dirinya menjadi marah karena hal-hal sepele, cenderung bereaksi berlebihan terhadap suatu situasi, mudah kesal, tidak sabar ketika mengalami penundaan, mudah tersinggung dan merasa sangat mudah marah. Mindfulness spiritual Islam merupakan strategi koping adaptif yang digunakan untuk mengurangi berbagai reaksi psikologis negatif terhadap respond stresor yang dialami oleh tubuh dengan membangun kesadaran hati nurani sehingga memunculkan keyakinan diri bahwa setiap masalah yang dialami saat ini merupakan skenario dari Allah SWT dengan melakukan muhasaba, istigfar, dan doa kepada Allah Swt, dengan seperti itu mahasiswa bisa mengekspresikan perasaannya sehingga mahasiswa merasa lebih menerima, tenang, nyaman dan dekat dengan Allah SWT. Sehingga dengan seperti itu memunculkan keyakinan (self efficacy) dan kemandirian (self care) secara alami yang keluar dari hati nurani mahasiswa, dengan seperti itu memunculkan sikap penerimaan (self acceptance). Mindfulness caring juga merupakan strategi koping adaptif yang digunakan untuk mengatasi masalah dengan fokus membangun kesadaran kognitif untuk menerima kondisi yang dialami oleh tubuh, perasaan, pikiran tanpa pengingkaran dan menerima dengan penuh kelapangan untuk mendapatkan ketenangan. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan mindfulness spiritual Islam dari mindfulness caring efektif dalam menurunkan stres pada mahasiswa keperawatan dalam menghadapi skripsi, akan tetapi mindfulness spiritual Islam lebih efektif dari pada mindfulness caring. Disarankan pada profesi keperawatan khususnya perawat Jiwa, dalam mempraktekkan terapi berbasis mindfulness akan lebih baik dan maksimal untuk mengatasi masalah stres apabila disertakan juga membangun nilai- nilai spiritual klien
English Abstract
Stress is a major contributor to mental emotional and physical illness in every one of all ages. Found about 35 million people experience stress in the World. Stress conditions that cannot be controlled, will cause anxiety disorders and anxiety disorders that are not managed properly can contribute to the occurrence of depression. Stress is a form of the mental-emotional disorder that often occurs in students. A study conducted on 60 medical students in Islamabad Pakistan found a stress prevalence of 50% and a study of baccalaureate nursing students in Hong Kong from the latest epidemiological data showed that the prevalence of stressed students was 41.1% of 661 students. Academic demands are the main stressors for students, one of which is a thesis burden. Based on preliminary studies conducted at STIKES Banyuwangi, on June 26, 2018, by distributing questionnaires to 10 levels 4 Nursing S1 students working on a thesis. The results obtained 4 students experiencing moderate-to-severe stress. The impact of stress on students working on the thesis can result in delayed thesis work, students choose to forget from work, avoid supervisors, complain about social media about the difficulties faced and eventually postponed their studies. Mindfulness is the right solution in overcoming the above problems because Mindfulness is an exercise to be able to be aware of the self-condition experienced today so as to be able to make goals and focus on solving the problems at hand. In addition, Mindfulness has been proven to be effective in reducing stress, but in the latest literature study, 33 out of 40 studies said that mindfulness-based interventions effectively reduce stress on students, but also found that there were significant gaps in effectiveness that were influenced by frequency, duration, and differences in the method of administration so that further quantitative checks are needed to determine which is most effective. The purpose of this study was to determine the differences in Islamic spiritual mindfulness therapy with mindfulness caring to reduce stress in nursing students in facing thesis in Banyuwangi. This study used the quay experiment method with the design of the pretest and posttest with the control group. Using simple random sampling with a total sample of 36 respondents divided into two groups namely the Islamic spiritual mindfulness group and mindfulness caring group. The treatment was given for 4 days and data collection used a depression anxiety stress scale (DASS) questionnaire. Data were analyzed using a paired T-test and unpaired T-test. The results showed that in the Islamic spiritual mindfulness group after being given treatment, the average student stress score was 11.39, standard deviation was xii 5.81 and p-value was 0.000. In the mindfulness caring group after treatment, the average student stress score was 16.39, standard deviation was 5.01 and p-value was 0.004. The results of further analysis to determine the difference between the two obtained p-value 0.004. Based on the identification of stress experienced by students through the DASS (Depression Anxiety Stress Scale) instrument, it is known that differences in stress changes in students who are given Islamic spiritual mindfulness and mindfulness caring are found in aggressive responses, such as feeling that they are angry because of trivial things, tend overreacting to a situation, easily upset, impatient when experiencing delays, irritability and feeling very irritable. Islamic spiritual mindfulness is an adaptive coping strategy that is used to reduce a variety of negative psychological reactions to the stressor response experienced by the body by building self-awareness that every problem experienced today is a scenario from Allah SWT by doing muhasaba, istigfar, and do, a to Allah Swt, that way students can express their feelings so that students feel more calm, comfortable and close to Allah SWT. So that with such an emergence of self-efficacy and self-care in nature that comes out of the conscience of students, with that it raises the attitude of acceptance (self acceptance). Mindfulness caring is also an adaptive coping strategy that is used to overcome problems by focusing on building cognitive awareness to accept the conditions experienced by the body, feelings, and thoughts without denial and fully accepting space to get calm. The conclusion of this study shows that Islamic spiritual mindfulness from mindfulness caring is effective in reducing stress on nursing students in facing thesis, but Islamic spiritual mindfulness is more effective than mindfulness caring. It is suggested that the nursing profession, especially mental nurses, in practicing mindfulness-based therapy will be more efficient and maximal to deal with stress problems if included also build client's spiritual values.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/155.904 2/FK/p/2019/041904260 |
Subjects: | 100 Philosophy, parapsychology and occultism, psychology > 155 Differential and development psychology > 155.9 Environmental psychology > 155.904 Special topics of environmental psychology > 155.904 2 Stress |
Divisions: | S2/S3 > Magister Keperawatan, Fakultas Kedokteran |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 11 Aug 2022 02:28 |
Last Modified: | 11 Aug 2022 02:29 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193129 |
Text
Tesis perbandingan Pengaruh terapi maindfulnes spiritual islam dan minfulnes caring terapi.pdf Download (6MB) |
Actions (login required)
View Item |