Pengaruh Derajat Pengapian Terhadap Kinerja Dan Emisi Gas Motor Bakar 6 Langkah Dengan Tambahan 2 Langkah Durasi Reaksi Pembakaran Menggunakan Bahan Bakar Etanol

Razi, Misru and Dr. Eng. Eko Siswanto,, ST., MT. and Dr. Eng. Widya Wijayanti,, ST., MT. (2019) Pengaruh Derajat Pengapian Terhadap Kinerja Dan Emisi Gas Motor Bakar 6 Langkah Dengan Tambahan 2 Langkah Durasi Reaksi Pembakaran Menggunakan Bahan Bakar Etanol. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh derajat pengapian terhadap kinerja dan emisi gas buang motor bakar 6 langkah menggunakan bahan bakar etanol. Kinerja yang diteliti meliputi torsi, daya efektif, konsumsi bahan bakar efektif ,dan efisiensi termal efektif, sedangkan untuk emisi gas buang yaitu CO, CO2, O2 dan HC. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimental nyata (real experiment). Pengapian menggunakan CDI dengan variasi sudut pengapian 240, 26o(standar) dan 28o. Putaran crank shaft divariasikan setiap interval 600 rpm dari 7200 rpm sampai dengan 2400 rpm. Hasil yang diperoleh pada pengujian ini adalah pada sudut pengapian 28o menghasilkan torsi dan daya efektif yang lebih tinggi dibandingkan dengan sudut pengapian 24o dan 26o. Selain itu juga menghasilkan konsumsi bahan bakar paling rendah, sehingga menjadi lebih irit bahan bakar, efisiensi termal efektif sudut pengapian 280 lebih besar dari pada sudut pengapian 26o dan 24o. Sedangkan untuk emisi gas buang pengapian mempengaruhi kadar emisi gas buang CO, O2,O2 dan HC yang dihasilkan pada pembakaran motor 6 langkah menggunakan bahan bakar etanol. Semakin maju derajat pengapian maka kadar emisi gas buang CO2 dan O2 semakin meningkat dan sebaliknya kadar emisi gas buang CO dan HC semakin menurun.

English Abstract

The purpose of the study is to know how much the degree of ignition is to the performance and emission of 6-step exhaust gas using ethanol fuel. Performance researched includes torque, effective power, effective fuel consumption, and effective thermal efficiency, while for exhaust gas emissions i.e. CO, CO2, O2, and HC. The method used in this research is a real experimental research method (real experiment). Ignition uses CDI with variations of ignition angles 24o, 26o (Standart) and 28o. The crank round of the shaft is variasics nevery interval 600 rpm from 7200 rpm to 2400 rpm. The results obtained at this test are at the 280 ignition angle resulting in higher torque and effective power compared to the ignition angle of 240 and 260. In addition it also generates the lowest fuel consumption, thereby becoming More fuel-efficient, effective thermal efficiency of the 280 ignition angle greater than the ignition angle of 260and 240. As for the exhaust emission of the ignition gas affects the exhaust emission levels of CO, O2, O2 and HC are generated on the combustion of 6-step motors using ethanol fuel. The more advanced the degree of ignition then the emission levels of CO2 and O2 exhaust gases are increasing and otherwise the emission levels of gas CO and HC are decreasing.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/629.254/RAZ/p/2019/041911272
Uncontrolled Keywords: Derajat pengapian, kinerja,emisi gas buang, etanol,degrees of ignition, performance, emissions of exhaust gases, ethanol
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 629 Other branches of engineering > 629.2 Motor land vehicles, cycles > 629.25 Engines > 629.254 Ignition, electrical, electronic systems of internal-combustion engines
Divisions: S2/S3 > Magister Teknik Mesin, Fakultas Teknik
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 10 Aug 2022 03:07
Last Modified: 10 Aug 2022 03:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193098
[thumbnail of MISRU RAZI.pdf] Text
MISRU RAZI.pdf

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item