Pengaruh Online Behavioral Advertising (OBA) terhadap Sikap dan Dampak pada Minat Beli (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2014/2015, 2015/2016, dan 2016/2017 yang Menggunakan Media Sosial Instagram untuk Minat Beli Produk Fashion)

Krisdianto, Ortin and Prof. Drs. Achmad Fauzi DH, MA and Ari Irawan, SE., MM (2019) Pengaruh Online Behavioral Advertising (OBA) terhadap Sikap dan Dampak pada Minat Beli (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2014/2015, 2015/2016, dan 2016/2017 yang Menggunakan Media Sosial Instagram untuk Minat Beli Produk Fashion). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Online Behavioral Advertising (OBA) terhadap Sikap; 2) Pengaruh Sikap terhadap Minat Beli; 3) pengaruh Online Behavioral Advertising (OBA) terhadap Minat Beli. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan berjumlah 115 orang responden yang merupakan mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis angkatan 2014/2015, 2015/2016, dan 2016/2017 Universitas Brawijaya yang menggunakan media sosial Instagram dengan menggunakan Purposive Sampling. Metode pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner (angket). Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif dan analisis jalur (Path Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Online Behavioral Advertising (OBA) (X1) berpengaruh signifikan terhadap Sikap (Y1) dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,235 dan tingkat signifikansinya 0,012; 2) Sikap (Y1) berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli (Y2) dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,622 dan tingkat signifikansinya 0,000; 3) Online Behavioral Advertising (OBA) (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli (X2) dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,065 dan tingkat signifikansinya 0,383. Pengaruh tidak langsung Online Behavioral Advertising (OBA) melalui Sikap (Y1) terhadap Minat Beli (Y2) lebih besar daripada pengaruh langsung Online Behavioral Advertising (OBA) terhadap Minat Beli (Y2). Penggunaan Online Behavioral Advertising (OBA) untuk iklan fashion di media sosial Instagram sebaiknya dapat memberikan respons Sikap yang positif sehingga dapat menimbulkan Minat Beli.

English Abstract

This research aimed to determine: 1) the effect of Online Behavioral Advertising (OBA) on Attitude; 2) Effect of Attitude on Purchase Intention; 3) The influence of Online Behavioral Advertising (OBA) on Purchase Intention. This research uses explanatory research with a qualitative approach, and instrument of this research is using a questionnaire. The sample used is 115 respondents who are students of the Department of Business Administration Science Force 2014/2015, 2015/2016, and 2016/2017 Faculty of Administration Sciences University of Brawijaya who use Instagram social media. Data analysis used descriptive analysis and path analysis. The results showed that: 1) Online Behavioral Advertising (OBA) (X1) had a significant effect on Attitude (Y1) with a path coefficient of 0.235 and a significance level of 0.012; 2) Attitude (Y1) has a significant effect on Purchase Intention (Y2) with a path coefficient of 0.622 and a significance level of 0,000; 3) Online Behavioral Advertising (OBA) (X1) does not have a significant effect on Purchase Intention (X2) with a path coefficient of 0.065 and a significance level of 0.383. The indirect effect of Online Behavioral Advertising (OBA) through Attitude (Y1) on Purchase Intention (Y2) is greater than the direct effect of Online Behavioral Advertising (OBA) on Purchase Intention (Y2). The use of Online Behavioral Advertising (OBA) for fashion ads on Instagram social media should be able to give a positive attitude response so that it can lead to Purchase Intention.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 051903
Uncontrolled Keywords: Online Behavioral Advertising (OBA), Sikap, dan Minat Beli, Online Behavioral Advertising (OBA), Attitude, Purchase Intention.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Zainul Mustofa
Date Deposited: 08 Aug 2022 06:39
Last Modified: 08 Aug 2022 06:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193047
[thumbnail of 0520030189- Ortin Krisdianto.pdf] Text
0520030189- Ortin Krisdianto.pdf

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item