Nugroho, Novan Dwi and Dr. Drs. Siswidiyanto, MS. and Martina Purwaning Diah, S.AP., M.AP. (2020) Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Permohonan Paspor Berbasis Elektronik (Studi Pada Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kediri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pelayanan publik yang optimal telah menjadi harapan dan tuntutan masyarakat. Pemerintah harus mengikuti perkembangan zaman sesuai dengan Peraturan Presiden RI No. 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. Kantor Imigrasi Kediri sebagai instansi yang bertanggung jawab atas dokumen perjalanan (paspor), telah menerapkan pelayanan berbasis elektronik dalam pelayanan permohonan paspor. Hal ini terlihat pada penggunaan sistem dan media elektronik pada alat kantor dalam pelayanan. Pendaftaran antrean pelayanan juga secara online menggunakan aplikasi. Akan tetapi, masih terdapat masalah-masalah yang membuat pelayanan berbasis elektronik ini kurang terimplementasikan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan, yaitu: 1) Prosedur dan proses pelayanan paspor, 2) Kepuasan masyarakat terhadap pelayanan paspor, 3) Faktor penghambat dan pendukung pelayanan paspor, dan 4) Upaya peningkatan pelayanan paspor di Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kombinasi (mixed methods) dengan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, survei (kuesioner), dan dokumentasi. Pembuatan kuesioner berdasarkan Permenpan No. 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat. Analisis data menggunakan teknik analisis yang dikemukakan oleh Miles, Huberman, dan Saldana.
English Abstract
Optimal public services have become the people's hopes and demands. The government must follow the times according to the Republic of Indonesia Presidential Regulation Number 95 of 2018 concerning Electronic-Based Government Systems. The Immigration Office Kediri as the agency responsible for travel documents (passports), has implemented an electronic-based service in the application for passport applications. This can be seen in the use of electronic systems and media in office equipment in service. Registration of service queues is also online using the application. However, there are still problems that make these electronic-based services less well implemented. This research aims to find out and describe the following matters: 1) Procedures and passport service processes, 2) Public satisfaction with passport services, 3) Inhibiting and supporting factors for passport services, and 4) Efforts to improve passport services at The Immigration Office Class II Non TPI Kediri. This research uses a combined research approach (mixed methods) with descriptive analysis method. Data collection techniques carried out by interviews, surveys (questionnaires), and documentation. Making a questionnaire based on Permenpan Number 14 of 2017 concerning Guidelines for the Preparation of Community Satisfaction Surveys. Data analysis uses analysis techniques proposed by Miles, Huberman, and Saldana.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0520030175 |
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan, Pelayanan, Paspor, Teknologi, Satisfaction, Service, Passport, Technology. |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Zainul Mustofa |
Date Deposited: | 05 Aug 2022 01:55 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 02:24 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192996 |
![]() |
Text
Novan Dwi Nugroho.pdf Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |