Eksperimen Penambahan Minyak Eugenol Sebagai Bahan Aditif Bahan Bakar NHeptane Terhadap Emisi Gas Buang dan Performansi Motor Bakar Bensin

Putra, Faisal Andhika and Dr. Eng. Widya Wijayanti, ST., MT. and Dr. Eng. Mega Nur Sasongko, ST., MT. (2022) Eksperimen Penambahan Minyak Eugenol Sebagai Bahan Aditif Bahan Bakar NHeptane Terhadap Emisi Gas Buang dan Performansi Motor Bakar Bensin. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kebutuhan manusia akan bahan bakar terus meningkat seiring dengan perkembangan teknologi. Hal ini didasari atas meningkatnya kebutuhan akan mesin konversi energi berbasis pembakaran yang sumber energinya berasal dari bahan bakar. Bahan bakar yang tersedia saat ini banyak berasal dari bahan tak terbarukan. Permasalahan mesin pembakaran juga berasal dari gas sisa dari hasil pembakaran yang banyak mencemari lingkungan. Oleh karena itu diperlukan sumber daya baru yang berasal dari minyak atsiri untuk mengatasi ketergantungan akan bahan bakar fosil dan memperbaiki parameter pembakaran sehingga menghasilkan emisi yang lebih baik. Penelitian ini dilakukan dalam upaya untuk membuat alternatif solusi dalam rangka mengatasi permasalahan diatas, yakni dengan menambahkan minyak atsiri eugenol sebagai aditif pada bahan bakar N-Heptana. Eksperimen dalam penelitian ini dapat memberikan informasi terkait aplikasi minyak atsiri eugenol dalam bahan bakar untuk meningkatkan parameter motor bakar yang diamati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan performa dan emisi gas buang motor bensin pada konsentrasi 0%, 1%, 3%, 5%, 7%, 10%, 30%, 50% dan 80%, serta dapat menjadi referensi untuk pengurangan kadar isooktana pada bensin untuk dapat menciptakan bahan bakar yang lebih ekonomis. Penelitian ini dilaksanakan secara eksperimental. Eugenol oil dicampur dengan nheptana pada perbandingan volume konsentrasi 0%, 1%, 3%, 5%, 7%, 10%, 30%, 50% dan 80% yang kemudian diuji pada motor bakar bensin untuk dievaluasi perubahan performa dan emisi gas buang yang diamati. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan bioaditif eugenol meningkatkan parameter dan performa pembakaran dengan hasil emisi yang lebih baik bagi lingkungan serta performa pada motor bakar yang dapat meningkat seiring dengan peningkatan bioaditif eugenol dalam bahan bakar N-Heptana. Dilihat dari perbandingan emisi, kandungan bioaditif sebesar 50% dari campuran bahan bakar NHeptana memenuhi syarat dalam uji emisi yang menyatakan bahwa kandungan CO maksimal sebesar 1,5% dan kandungan HC maksimal sebesar 200 ppm. Perbaikan hasil uji emisi dikarenakan adanya molekul oksigen dalam bioaditif yang dapat mengoksidasi hidrokarbon dan juga senyawa eugenol yang memiliki atom karbon lebih banyak sehingga dapat mengikat oksigen secara lebih besar untuk menghasilkan performa yang lebih baik pada ruang bakar. Oleh karena itu, penambahan bioaditif eugenol dapat menguntungkan konsumen dengan meningkatkan performa dan memperbaiki hasil emisi dari motor bakar.

English Abstract

The human need for fuel continues to increase along with technological developments. This is based on the increasing need for combustion engines which the source of energy is coming from fossil fuel. Most of the fuels available today come from non-renewable materials. Combustion engine problems also emmited residual gases from combustion which pollute the environment. Therefore, new resources from essential oils are needed to overcome dependence on fossil fuels and improve combustion parameters so as to produce better emissions. This research was conducted in an effort to create alternative solutions in order to overcome the problems that explained above, by adding eugenol essential oil as an additive to N-Heptane fuel. Experiments in this study can provide information related to the application of eugenol essential oil in fuel to improve the observed engine fuel parameters. This study aims to determine the relationship between performance and exhaust emissions of gasoline engines at concentrations of 0%, 1%, 3%, 5%, 7%, 10%, 30%, 50% and 80%, and can be used as a reference for reducing isooctane levels on gasoline to create a more economical fuel. This research was carried out experimentally. Eugenol oil was mixed with n-heptane at a volume ratio of 0%, 1%, 3%, 5%, 7%, 10%, 30%, 50% and 80% respectively and then tested on a gasoline engine to evaluate changes in performance and flue gas emissions. The results of this study prove that the use of eugenol bioadditives improves combustion parameters and performance with better emission results for the environment and performance in motor fuels which can increase along with the increase in eugenol bioadditives in N-Heptane fuel. Judging from the emission comparison, the bioadditive content of 50% of the N-Heptane fuel mixture meets the requirements in the emission test for the states which the maximum CO content is 1.5% and the maximum HC content is 200 ppm. The improvement in emission test results is due to the presence of oxygen molecules in the bioadditives that can oxidize hydrocarbons and also eugenol molecule which have more carbon atoms so that they can bind oxygen to a greater extent to produce better performance in the combustion chamber. Therefore, the addition of eugenol bioadditives can benefit consumers by increasing performance and improving emissions from combustion engines.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522070150
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Eugenol, N-Heptana, Emisi, Performa, Motor Bakar Bensin, Bioaditif
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.8 Machine engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: yulia Chasanah
Date Deposited: 04 Aug 2022 07:34
Last Modified: 04 Aug 2022 07:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192990
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Faisal Andhika Putra.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (11MB)

Actions (login required)

View Item View Item