Strategi Pengembangan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Ekonomi Kreatif Kerajinan Kulit Di Kabupaten Magetan (Studi Pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Magetan)

Putra, Langgeng Rachmatullah (2018) Strategi Pengembangan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Ekonomi Kreatif Kerajinan Kulit Di Kabupaten Magetan (Studi Pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Magetan). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ketahanan UMKM dalam menghadapi krisis telah menunjukkan perannya dalam roda perekonomian Indonesia. UMKM kerajinan kulit di Kabupaten Magetan mampu menjadi penggerak perekonomian lokal yang memberikan efek positif bagi masyarakat. Namun, UMKM tersebut juga tidak terlepas dari belenggu permasalahan yang ada seperti permodalan, bahan baku, inovasi produk, rendahnya sumberdaya manusia dan masalah dalam bidang pemasaran. Oleh karenanya, pemerintah dalam hal ini adalah Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Magetan bersama stakeholder terkait berupaya untuk terus mengembangkan pertumbuhan UMKM kerajinan kulit di Kabupaten Magetan yang telah menjadi bagian dari tugas pokok dan fungsi sesuai tujuan organisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis strategi pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) kerajinan kulit di Kabupaten Magetan dan peran pemerintah dalam pengembangannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan Kuisioner Score Card SWOT. Analisis data yang digunakan adalah SWOT dengan Balance Score Card. Hasil pada penelitian ini menunjukkn bahwa pengembangan UMKM Kerajinan Kulit di Kabupaten Magetan masih memiliki permasalahan. Pertama, permodalan yang masih menjadi masalah bagi para pelaku usaha untuk mengembangkan usaha atau bagi para pemula yang ingin merintis usaha kerajinan kulit. Kedua, berlebihnya bahan baku tidak sejalan dengan penyerapannya. Ketiga, bayang-bayang kerugian yang masih sering menghinggapi para pelaku usaha disaat ingin melakukan inovasi produk. Keempat, rendah atau terbatasnya sumberdaya manusia. Dan yang kelima, faktor pemasaran produk masih memiliki permasalahan yang harus dituntaskan. Berdasarkan hasil dari analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, and Treaths) dengan pendekatan Balance score card yang telah dilakukan pemaparannya pada bab analisis pembahasan, dapat diketahui bahwa hasil perumusan terkait strategi pengembangan UMKM kerajinan kulit di Kabupaten Magetan jatuh pada kuadran pertama. Kuadran pertama berarti UMKM kerajinan kulit mempunyai peluang besar untuk dikembangkan dan organisasinya dalam kondisi prima dan mantap sehingga sangat dimungkinkan untuk terus melakukan ekspansi, memperbesar pertumbuhan dan meraih kemajuan secara maksimal. Oleh karenanya pemerintah dalam hal ini adalah Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Magetan beserta stakeholder terkait berupaya mengembangkan UMKM kerajinan kulit diantaranya adalah dengan memberikan pelatihan-pelatihan terkait kemampuan kompetensi dalam inovasi produk, pasar produk, juga manajemen usaha

English Abstract

The Resilience of Micro, Small and Medium Enterprises in facing the crisis has shown its role in the wheels of the Indonesian economy. Micro, Small and Medium Enterprises of leather handicraft in Magetan regency able to become the driving of local economy which give positive effect to society. However, Micro, Small and Medium Enterprises also can not be separated from the shackles of existing problems such as capital, raw materials, product innovation, low human resources and problems in the field of marketing. Therefore, the government in this case is the Department of Industry and Trade of Magetan Regency together with the relevant stakeholders strive to continue to develop the growth of Micro, Small and Medium Enterprises of leather craft in Magetan Regency which has become part of the main task and function according to organizational goals. The purpose of this research is to know, describe and analyze the development strategy of Micro, Small and Medium Enterprises of leather craft in Magetan Regency and the role of government in its development. This research uses descriptive research method with qualitative approach. Source of data obtained from primary data and secondary data. Data collection is done through observation, interview, documentation and SWOT Score Card Questionnaire. Data analysis used is SWOT with Balance Score Card. The results of this study indicate that the development of Micro, Small and Medium Enterprises Leather Handicrafts in Magetan Regency still has problems. First, the capital is still a problem for business actors to develop a business or for beginners who want to pioneer the business of leather. Second, the excess of raw materials is not in line with its absorption. Third, the shadow of losses that still often infest the business actors when they want to innovate the product. Fourth, low or limited human resources. And the fifth, product marketing factors still have problems to be solved. Based on the result of SWOT analysis (Strenght, Weakness, Opportunity, and Treaths) with Balance score card approach which has been done in the chapter of analysis analysis, it can be seen that the result of the formulation related to Micro, Small and Medium Scale Development Strategy in Magetan District falls on first quadrant. The first quadrant means Micro, Small and Medium Enterprises skin crafts have a great opportunity to be developed and the organization is in good condition and steady so it is possible to continue to expand, enlarge growth and achieve maximum progress. Therefore, the government in this case is the Department of Industry and Trade of Magetan Regency and its related stakeholders in the effort to develop Micro, Small and Medium Enterprises of leather handicraft, among others, by providing competency-related training in product innovation, product market, and business management.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.022/PUT/s/2018/041804526
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pengembangan UMKM, Kerajinan Kulit
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.02 Management of enterprises of specific sizes and scope / Corporate governance > 658.022 Small enterprises
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Aug 2022 05:51
Last Modified: 04 Aug 2022 05:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192989
[thumbnail of Langgeng Rachmatullah Putra.pdf] Text
Langgeng Rachmatullah Putra.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item