Optimisasi Pembagian Suplai Daya Pada Penyimpan Energi Hibrid Baterai Dan Superkapasitor Pada Kendaraan Listrik

Brafianto, Dary Rafi and Ir. Wijono, MT., Ph.D. and Dr. Tri Nurwati, ST.,MT. (2022) Optimisasi Pembagian Suplai Daya Pada Penyimpan Energi Hibrid Baterai Dan Superkapasitor Pada Kendaraan Listrik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Baterai banyak digunakan pada kendaraan listrik sebagai media penyimpanan energi karena memiliki kapasitas penyimpanan energi yang besar. Kelemahan umum dari baterai adalah memiliki kerapatan daya yang kecil, usia pakai yang terbatas, dan harga yang relatif tinggi. Dikarenakan karakteristik drive cycle pada kendaraan listrik seringkali tidak konstan karena disebabkan proses charge-discharge berlebih sehingga mengakibatkan penurunan usia baterai. Penambahan sistem peyimpanan energi seperti superkapasitor saat ini diaplikasikan untuk mengatasi keterbatasan pemenuhan energi. Dikarenakan baterai dan superkapasitor memiliki karakteristik yang berbeda dalam beroperasi charging dan discharging, sistem manajemen energi yang tepat harus diterapkan. Metode cerdas untuk pembagian konsumsi energi pada baterai dan superkapasitor diusulkan pada penelitian ini. Fuzzy logic controller (FLC) digunakan untuk mengendalikan pembagian energi pada media penyimpanan energi hibrid untuk mendapatkan pembagian yang optimum. Sistem pembagian suplai daya disimulasikan pada saat kendaraan dalam kondisi starting, normal ,dan pengereman. Parameter utama yang diperhatikan adalah kecepatan, arus, dan daya. Komponen-komponen pada kendaraan listrik meliputi baterai, superkapasitor, inverter 3 fasa, motor BLDC, dan driver motor (speed control) sebagai pengatur kecepatan dan mendukung adanya pengereman regeneratif. Simulasi dilakukan menggunakan perangkat lunak MATLAB simulink 2018b. Sistem pembagian suplai daya dilakukan dengan memasangkan konverter buck pada baterai. Nilai duty cycle pada konverter buck dikendalikan menggunakan FLC sesuai dengan kondisi kendaraan. Hasil pengujian sistem menunjukkan nilai duty cycle berbanding lurus dengan besar arus dan daya yang dikeluarkan baterai serta berbanding terbalik dengan arus dan daya yang dikeluarkan oleh superkapasitor. Saat dalam kondisi starting superkapasitor sepenuhnya mensuplai kebutuhan daya, saat kondisi

English Abstract

Batteries are mostly used in electric vehicles for the energy storage unit because it has a large energy storage capacity. The disadvantages of the common battery are that it has a small power density, a limited service life, and a relatively high price. Due to the driving cycle characteristics of electric vehicles, which are often not constant, because an excessive charge-discharge process causes them, it decreases battery life. Additional energy storage systems such as the supercapacitor are recently applied to overcome energy fulfillment. Since the batteries and the supercapacitors have different characteristics in charging and discharging operation, a proper energy management system should be applied. A smart method to share the energy consumption to both batteries and supercapacitors is proposed in this research. A fuzzy logic controller (FLC) is applied to control the energy sharing for that hybrid storage system to get the optimal energy distribution. The power supply distribution system is simulated when the vehicle is in starting, normal and braking conditions. The main parameters to consider are speed, current, and power. The components in electric vehicles include batteries, supercapacitors, 3-phase inverters, BLDC motors, and motor drivers (speed control) as speed regulators and support for regenerative braking. Simulations were carried out using the MATLAB Simulink 2018b software. The power supply sharing system is carried out by attaching a buck converter to the battery. The duty cycle value of the buck converter is controlled using FLC according to vehicle conditions. The system test results show that the duty cycle value is directly proportional to the amount of current and power released by the battery and inversely proportional to the current and power issued by the supercapacitor. When in the starting condition, the supercapacitor fully supplies the power demand. Under

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522070141
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting > 621.38 Electronics, communications engineering > 621.381 Electronics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: yulia Chasanah
Date Deposited: 02 Aug 2022 02:55
Last Modified: 02 Aug 2022 02:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192946
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dary Rafi Brafianto.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item