Pengaruh Lifestyle Dan Social Influence Terhadap Keputusan Pembelian Tanaman Hias Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Sidoarjo, Kecamatan Sidoarjo

Aliefia, Shafira and Wiwit Widyawati, SP., MP. and Dr. Sujarwo,, SP., MP. (2022) Pengaruh Lifestyle Dan Social Influence Terhadap Keputusan Pembelian Tanaman Hias Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Sidoarjo, Kecamatan Sidoarjo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Akibat kebijakan pandemi Covid-19 dalam mengurangi mobilitas diluar rumah, menyebabkan meningkatnya tren baru. Masyarakat yang kini lebih sering berada dan menghabiskan waktunya di rumah, mulai memiliki hobi atau kegiatan baru untuk untuk mengisi waktu luang salah satunya adalah dengan berkebun dan mengoleksi tanaman hias. Akibatnya tercipta tren tanaman hias di masa pandemi ini. Adapun jenis tanaman hias yang sedang tren saat ini adalah tanaman hias daun, salah satunya adalah Aglaonema. Tanaman ini dianggap menarik karena memiliki warna mencolok, corak, dan bentuk daun yang menarik. Hal ini dapat terjadi karena adanya perubahan gaya hidup dan pengaruh satu sama lain pada masyarakat yang erat kaitannya dengan perilaku konsumen. Terdapat beberapa faktor juga yang memengaruhi perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian meliputi faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lifestyle dan social influence terhadap keputusan pembelian tanaman hias di Kota Sidoarjo. Karakteristik konsumen tanaman hias aglaonema di Sidoarjo dilihat berdasarkan jenis kelamin, usia, pekerjaan, dan tingkat pendapatan. Penentuan lokasi penelitian ditentukan secara sengaja (purposive) yaitu di Kota Sidoarjo. Penentuan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan 100 responden. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif dan statistic dengan SEM- PLS. Berdasarkan hasil Penelitian nilai t-statistik untuk hubungan antara lifestyle terhadap keputusan pembelian sebesar 10,396 dengan probabilitas sebesar 0,000. Sedangkan untuk nilai t-statistik hubungan antara social influence terhadap keputusan pembelian sebesar 2,037 dengan probabilitas sebesar 0,044. Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa t-statistik ≥1,96 dan nilai probabilitasnya ≤0,05 (α=5%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa lifestyle dan social influence secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ii tanaman hias di Kota Sidoarjo. Adapun dari kedua variabel tersebut yang paling dominan adalah variabel lifestyle

English Abstract

As a result of the Covid-19 pandemic policy in reducing mobility outside the home, a new trend has emerged. People who are now more often at home and at home all the time, have started to have new hobbies or activities to fill their spare time, one of which is gardening and collecting ornamental plants. The result of creating an ornamental plant trend during this pandemic. The types of ornamental plants that are currently trending are leaf ornamental plants, one of which is Aglaonema. This plant is considered attractive because it has striking colors, patterns, and attractive leaf shapes. This can happen because of changes in lifestyle and the influence of each other on society which is closely related to consumer behavior. There are several factors that also influence consumer behavior in decision making including cultural factors, social factors, personal factors, and psychological factors. This study aims to analyze the influence of lifestyle and social influence on purchasing decisions of ornamental plants in Sidoarjo City. Consumer characteristics of aglaonema ornamental plants in Sidoarjo are seen by gender, age, occupation, and income level. the determination of the location determined purposively, namely in the city of Sidoarjo. Determination of the sample is done by purposive sampling with 100 respondents. The types of data used in this research are primary data and secondary data. The research data analysis technique used descriptive and statistical analysis with SEM-PLS. Based on the results of the research, the t-statistic value for the relationship between lifestyle and purchasing decisions is 10,396 with a probability of 0.000. Meanwhile, the t-statistic value of the relationship between social influence on purchasing decisions is 2.037 with a probability of 0.044. The results of this test show that the t-statistic is 1.96 and the probability value is 0.05 (α=5%). So it can be said that lifestyle and social influences together have a positive and significant effect on purchasing decisions for ornamental plants in Sidoarjo City. As from the two variables, the most dominant is the lifestyle variable.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521040278
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 01 Aug 2022 02:22
Last Modified: 01 Aug 2022 02:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192905
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Shafira Aliefia.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item