Prasetyo, Rizal Adi and Dr. Ir. Agustina Shinta, HW,MP and Destyana E Pratiwi,, SP.,MP.,M.BA. (2022) Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran (7p) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sayuran Hidroponik Di P4s Hikmah Farm Kediri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Sayuran termasuk salah satu tanaman hortikultura yang paling banyak dibudidayakan oleh petani di Indonesia. Menurut cara budidayanya sayuran dapat dibudidayakan dengan sistem hidroponik. Sayuran hidroponik saat ini memiliki banyak permintaan di kalangan masyarakat terutama masyarakat kalangan menengah ke atas. Banyaknya permintaan tersebut menyebabkan persaingan antar usaha sayuran hidroponik dan dengan sayuran konvensional semakin ketat. Permasalahan tersebut juga terjadi di P4S Hikmah Farm yang menjadi lokasi dalam penelitian ini. Permasalahan lain yang muncul yaitu branding produk sayuran hidroponik masih kurang dan adanya penurunan penjualan di masa pandemi Covid- 19. Untuk mengatasi permasalah tersebut perusahaan harus memiliki strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan salah satunya yaitu strategi bauran pemasaran. Bauran pemasaran dapat digunakan untuk menarik minat konsumen untuk melakukan keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis penerapan bauran pemasaran di P4S Hikmah Farm, menganalisis persepsi konsumen terhadap bauran pemasaran di P4S Hikmah Farm, dan untuk menganalisis pengaruh dari bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian produk sayuran hidroponik di P4S Hikmah Farm. Penelitian ini menggunakan tujuh variabel bauran pemasaran yaitu product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence yang diuji pengaruhnya dengan variabel keputusan pembelian. Penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 80 responden yang memenuhi syarat dan menggunakan key informan untuk mengetahui penerapan bauran pemasaran di P4S Hikmah Farm. Analisis data penelitian ini menggunakan metode SEM-PLS (Structural Equation Modelling-Partial Least Square). Hasil penelitian pengaruh bauran pemasaran (7P) terhadap keputusan pembelian sayuran hidroponik di P4S Hikmah Farm menunjukkan bahwa secara keseluruhan bauran pemasaran memiliki pengaruh R2 sebesar 0,548 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel-variabel bauran pemasaran yang digunakan berpengaruh sebesar 54,8% terhadap keputusan pembelian sementara sisanya 45,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Variabel product, price, place, people, dan physical evidence memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sedangkan variabel promotion dan process memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal yang perlu diperhatikan oleh P4S Hikmah Farm dalam menerapkan bauran pemasaran yaitu meningkatkan promosi produk sayuran hidroponik seperti memberikan potongan harga dan memperhatikan proses saat konsumen melakukan pembelian. Penerapan bauran pemasaran yang tepat diharapkan dapat bersaing dengan produk sejenis lainnya, penjualan sayuran hidroponik di P4S Hikmah Farm meningkat, dan branding produk dapat meningkat di kalangan masyarakat
English Abstract
Vegetables are one of the most widely cultivated horticultural crops by farmers in Indonesia. According to the method of cultivation, vegetables can be cultivated using a hydroponic system. Hydroponic vegetables currently have a lot of demand among the community, especially the upper middle class. The large number of demand causes competition between hydroponic vegetable businesses and conventional vegetables to be increasingly tight. This problem also occurs at P4S Hikmah Farm which has become the location of this research. Other problems that can be found are the lack of branding for hydroponic vegetable products and a decline in sales during the Covid-19 pandemic. To overcome these problems the company must have a strategy that can be used to increase sales, which one is a marketing mix strategy. The marketing mix can be used to attract consumers to make purchasing decisions. The purpose of this study is to analyze the application of the marketing mix at P4S Hikmah Farm, to analyze consumer perceptions of the marketing mix at P4S Hikmah Farm and to analyze the influence of the marketing mix on purchasing decisions for hydroponic vegetable products at P4S Hikmah Farm. This study uses seven marketing mix variables, namely product, price, place, promotion, people, process, and physical evidence which are tested for their influence on purchasing decision variables. Determination of the sample used in this study using purposive sampling method with a total sample of 80 respondents who meet the requirements and use key informants to determine the application of the marketing mix at P4S Hikmah Farm. The data analysis of this research used the SEM-PLS (Structural Equation Modeling-Partial Least Square) method. The results of research showed that the overall marketing mix had an R2 effect of 0.548 so it could be concluded that the marketing mix variables used had an effect of 54.8% on purchasing decisions while the remaining 45.2% was effected by other variables that are not examined. The product, price, place, people, and physical evidence variables have a positive and significant effect on purchasing decisions, while the promotion and process variables have a positive but not significant effect on purchasing decisions. The things that need to be considered by P4S Hikmah Farm in implementing the marketing mix are increasing the promotion of hydroponic vegetable products such as giving discounts and paying attention to the process when consumers make purchases. The implementation of the right marketing mix is expected to be able to compete with other similar products, sales of hydroponic vegetables at P4S Hikmah Farm will increase, and product branding can increase among the public
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522040130 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 29 Jul 2022 02:38 |
Last Modified: | 29 Jul 2022 02:38 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192886 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rizal Adi Prasetyo.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |