Analisis Pengaruh Aktivitas Iklan Berbayar Dan Aktivitas Posting Pada Instagram Terhadap Penjualan Produk Mola Kuaci Kupas (Studi Kasus Pada Distributor Resmi Mola Kuaci Kupas Cv. Swasembada Cinta Utama)

Trisila, Ria Intan and Prof. Dr. Ir. Abdul Wahib Muhaimin,, MS and Dr. Fadli Mulyadi,, SP., MP. (2021) Analisis Pengaruh Aktivitas Iklan Berbayar Dan Aktivitas Posting Pada Instagram Terhadap Penjualan Produk Mola Kuaci Kupas (Studi Kasus Pada Distributor Resmi Mola Kuaci Kupas Cv. Swasembada Cinta Utama). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Produk Mola Kuaci Kupas adalah produk baru yang dimiliki oleh distributor CV. Swasembada Cinta Utama. Perusahaan berusaha melakukan pemasaran dengan menggunakan promosi pada iklan berbayar dan postingan pada instagram untuk meningkatkan penjualan produk Mola Kuaci Kupas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari iklan berberbayar instagram terhadap penjualan penjualan produk Mola Kuaci Kupas. Penelitian yang dilakukan di CV. Swasembada Cinta Utama menggunakan pendekatan kuantitatif. Menggunakan data penjualan produk, data aktivitas iklan dan data aktivitas postingan pada tahun 2019 – 2020. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan regresi linier berganda untuk melihat pengaruh dari iklan terhadap penjualan produk pada tahun 2019 – 2020. Perusahaan melakukan promosi dengan menggunakan iklan berbayar dan postingan pada instagram yaitu lebih mudah untuk digunakan, lebih hemat dari segi waktu, tenaga dan promosi langsung menuju targeting yang dituju. Adapun proses pembuatan iklan pada instagram dimulai dengan pembuatan konten sebagai sarana promosi dan melakukan step by step proses pembuatan iklan yang ada pada platform instagram. Mulai dari tujuan pembuatan iklan sampai menunggu acc dari pihak instagram dan berakhir pada pembayaran yang harus menggunakan credit card. Setelah melakukan step by step pembuatan iklan maka iklan akan muncul pada beranda akun pengguna instagram yang sesuai dengan targeting yang telah dibuat oleh perusahaan. Hasil penelitian pada Uji T pada variabel aktivitas iklan ditemukan bahwa variabel tersebut tidak berpengaruh signifikan, sedangkan variabel aktivitas iklan berpengaruh signifikan. Pada Uji F diketahui bahwa kedua kolaborasi variabel tersebut memiliki pengaruh simultan terhadap penjualan produk. Untuk melihat seberapa besar pengaruh variabel aktivitas iklan dan variabel postingan pada Instagram menggunakan Uji koefisien determinasi , dimana pada uji tersebut mendapatkan nilai sebesar 0, 962 atau 96,2%. Hasil nilai tersebut memiliki arti bahwa pengaruh dari iklan dan postingan terhadap penjualan mola kuaci kupas sebesar 96,2%

English Abstract

Mola Kuaci Kupas product is a new product owned by distributor CV. Swasembada Cinta Utama. The company tries to do marketing by using promotions on paid ads and posts on Instagram to increase sales of Mola Kuaci Kupas products. The purpose of this study was to analyze the effect of paid advertising on Instagram on sales of Mola Kuaci Kupas products. Research conducted at CV. Swasembada Cinta Utama uses a quantitative approach. Using product sales data, advertising activity data and posting activity data in 2019 - 2020. The data analysis technique used in this study is to use multiple linear regression to see the effect of advertising on product sales in 2019 - 2020. The company carries out promotions by using paid advertising and posting on Instagram, which is easier to use, more efficient in terms of time, effort and direct promotion to the intended targeting. The process of making advertisements on Instagram begins with creating content as a means of promotion and doing step by step the process of making advertisements on the Instagram platform. Starting from the purpose of making advertisements to waiting for acc from the Instagram party and ending with payments that must use a credit card. After doing the step by step ad creation, the ad will appear on the homepage of the Instagram user account in accordance with the targeting that has been made by the company. The results of the T-test on the advertising activity variable found that the variable had no significant effect, while the advertising activity variable had a significant effect. In the F test, it is known that the two collaboration variables have a simultaneous effect on product sales. To see how much influence the advertising activity and posting variables have on Instagram, the coefficient of determination test is used, where the test gets a value of 0.962 or 96.2%. The result of this value means that the effect of advertisements and postings on the sale of peeled mola kuaci is 96.2%

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521040265
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 28 Jul 2022 07:03
Last Modified: 16 Oct 2024 02:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192859
[thumbnail of Ria Intan Trisila.pdf] Text
Ria Intan Trisila.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item