Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Produk Keripik Apel Di Cv. Bagus Agriseta Mandiri Selama Pandemi Covid-19

Sasikirana, Rahmadanti and Prof. Dr. Ir. Budi Setiawan,, MS and Dr. Dwi Retno Andriyani,, SP., MP. (2021) Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Produk Keripik Apel Di Cv. Bagus Agriseta Mandiri Selama Pandemi Covid-19. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pandemi Covid-19 mengakibatkan dampak penurunan pada berbagai sektor salah satunya yaitu sektor industri pengolahan. Industri pengolahan dengan skala kecil maupun menengah turut merasakan dampak dari adanya pandemi tersebut. Pemberlakuan kebijakan pembatasan wilayah maupun lockdown mengakibatkan terjadinya penurunan volume penjualan yang menjadi permasalahan terbesar yang dialami oleh UMKM. Penurunan volume penjualan tersebut turut dirasakan oleh CV. Bagus Agriseta Mandiri yang merupakan agroindustri pengolahan berbagai macam produk makanan dan minuman. Keripik apel yang merupakan produk unggulan dalam agroindustri tersebut mengalami penurunan volume penjualan yang signifikan. Hal tersebut terjadi akibat adanya penurunan permintaan disamping adanya persaingan antar uaha sejenis untuk bertahan dimasa pandemi yang sedang dihadapi. Untuk menghadapi tantangan serta persaingan yang dihadapi, CV. Bagus Agriseta Mandiri memerlukan strategi pemasaran yang tepat agar dapat bertahan dalam situasi yang ada. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan menetapkan strategi pemasaran dengan mempertimbangkan bauran pemasaran yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan bauran pemasaran produk keripik apel yang dilakukan oleh CV. Bagus Agriseta Mandiri sekaligus untuk melihat bagaimana kontribusi dari bauran pemasaran 4P yang terdiri dari product, price, place dan promotion baik secara simultan maupun parsial terhadap volume penjualan keripik apel di CV. Bagus Agriseta Mandiri selama masa pandemi Covid-19. Sampel dalam penelitian ini ditentukan secara accidental sampling dengan menggunakan 60 responden serta ditentukan pula key informan yaitu pemilik usaha atau manajer pemasaran sebagai informan kunci untuk memperoleh data pelengkap dalam penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun metode analisis data yang digunakan terdiri dari analisis deskriptif serta analisis kuantitatif yang terdiri dari uji instrumen yang digunakan termasuk didalamnya yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik serta analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat diketahui bahwa selama masa pandemi Covid-19 CV. Bagus Agriseta Mandiri menerapkan bauran pemasaran baik product, price, place dan promotion yang disesuaikan dengan situasi yang dihadapi. Bauran pemasaran dalam segi product dan price yang diterapkan tidak mengalami perubahan yang cukup terlihat jika dibandingkan dengan masa sebelum pandemi Covid-19. Kualitas dari produk keripik apel yang ditawarkan oleh CV. Bagus Agriseta Mandiri tetap dipertahankan dengan tujuan untuk mempertahankan daya saing dari produk yang ditawarkan. Harga dari keripik apel yang ditetapkan juga tetap dipertahankan agar tetap bertahan dalam kondisi pandemi Covid-19 yang sepi peminat. Sedangkan untuk dua bauran pemasaran lainnya yaitu place dan promotion mengalami perubahan yang cukup terlihat. Perubahan yang terjadi dalam kedua bauran pemasaran tersebut yaitu adanya peningkatan penggunaan media online berupa e-commerce maupun sosial media untuk memasarkan dan ii mempromosikan produk yang ditawarkan. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk mengatasi penurunan distribusi produk keripik apel yang disebabkan oleh menurunnya jumlah reseller maupun distributor dari produk tersebut selama masa pandemi Covid-19. Selain itu, penggunaan media online juga dilakukan untuk melakukan promosi agar menjangkau lebih banyak konsumen sehingga tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan. Hasil analisis yang diperoleh dari penyebaran kuesioner yang dilakukan kepada konsumen produk keripik apel BAGUS Agrista menunjukan bahwa, secara simultan bauran pemasaran baik product, price, place dan promotion yang telah ditetapkan oleh CV. Bagus Agriseta Mandiri memiliki pengaruh yang signifikan terhadap volume penjualan. Hal tersebut didukung dengan nilai F hitung yang diperoleh yaitu sebesar 28,708 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Nilai F hitung yang didapat lebih besar daripada nilai F tabel (28,708 > 2,383) dan juga nilai signifikansi yang didapat lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) sehingga dapat dikatan bahwa H0 dalam uji F ditolak. Sedangkan Berdasarkan uji t secara parsial, hasil analisis menunjukan bahwa variabel price dan promotion memiliki pengaruh signifikan terhadap volume penjualan. Hal tersebut dapat terjadi karena ditolaknya H0 pada pengujian variabel price dan promotion dikarenakan nilai signifikansi yang didapat kurang dari 0,05 dan nilai t hitung lebih dari t tabel (2,004). Adapun nilai signifikansi dan t hitung dari variabel price dan promotion secara berturut-turut yaitu 0,000 dan 3,877 untuk variabel price serta 0,001 dan 3,566 untuk variabel promotion. Sedangkan untuk dua variabel lainnya yati product dan place menghasilkan nilai signifikansi serta t hitung secara berturut-turut yaitu 0,274 dan 1,105 untuk variabel product serta 0,053 dan 1,980 untuk variabel place. Hal tersebut menyebabkan diterimanya H0 untuk uji parsial dari kedau variabel tersebut dikarenakan signifikansi yang didapat lebih dari 0,05 dan nilai t hitung kurang dari t tabel (2,004). Hasil penelitian yang telah diperoleh, selanjutnya dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan yang dapat dimanfaatkan oleh CV. Bagus Agriseta Mandiri untuk memperbaiki bauran pemasaran yang diterapkan oleh perusahaan. Adapun upaya yang dilakukan yaitu dengan memperhatikan bauran pemasaran yang tidak berpengaruh secara signifikan dan tetap mempertahankan bauran pemasaran yang sudah memiliki pengaruh signifikan agar dapat meningkatkan volume penjualan dari keripik apel produksinya. Selain itu, penelitian yang telah dilakukan dapat menambah pengetahuan serta dapat dijadikan sebagai bahan acuan untuk melakukan penelitian selanjutnya dengan menambahkan beberapa variabel yang belum dibahas dalam penelitian ini untuk melengkapi hasil penelitian yang telah dilakukan

English Abstract

The Covid-19 pandemic has resulted in a decline in various sectors, one of which is the manufacturing sector. Small and medium-scale processing industries are also feeling the impact of the pandemic. The enactment of the policy to become a region or a lockdown resulted in a decrease in sales volume which was the biggest problem experienced by MSMEs. The decrease in sales volume was also felt by CV. Bagus Agriseta Mandiri, which is an agro-industry processing various kinds of food and beverage products. Apple chips, which are the leading product in the agro- industry, experienced a significant decrease in sales volume. This is due to a decrease in demand in addition to competition between similar businesses to survive the pandemic that is currently being faced. To face the challenges and competition faced, CV. Bagus Agriseta Mandiri requires the right marketing strategy in order to survive in the current situation. One effort that can be done is to establish a marketing strategy by considering the marketing mix used. This study aims to determine how the implementation of the apple chip product marketing mix carried out by CV. Bagus Agriseta Mandiri as well as to see the contribution of the 4P marketing mix consisting of product, price, place and promotion either simultaneously or partially to the sales volume of apple chips at CV. Bagus Agriseta Mandiri during the covid-19 pandemic. The sample in this study was determined by chance or coincidence by using 60 respondents and also determined key informants, namely business owners or marketing managers as key informants to obtain complementary data in the study. Methods of data collection using questionnaires, interviews, observation and documentation. The data analysis method used consists of the instrument test used, including the validity and reliability test, classical assumption test and multiple linear regression analysis. Based on the results obtained, it can be seen that during the Covid-19 pandemic CV. Bagus Agriseta Mandiri implements a marketing mix of product, price, place and promotion that is tailored to the situation at hand. The applied marketing mix in terms of product and price did not change significantly when compared to the period before the Covid-19 pandemic. The quality of apple chips products offered by CV. Bagus Agriseta Mandiri is maintained with the aim of maintaining the competitiveness of the products offered. The price of apple chips that are set is also maintained in order to survive in the conditions of the Covid-19 pandemic, which are low on enthusiasts. As for the other two marketing mixes, namely place and promotion, there have been quite visible changes. Changes that occur in the two marketing mixes are an increase in the use of online media in the form of e-commerce and social media to market and promote the products offered. This was done as an effort to overcome the decline in the distribution of apple chip products caused by the decline in the number of resellers and distributors of these products during the Covid-19 pandemic. In addition, the use of online media is also carried out to carry out promotions in order to reach more consumers so that they are interested in buying the products offered. iv The results of the analysis obtained from distributing questionnaires to consumers of BAGUS Agrista apple chips products show that, simultaneously, the marketing mix of product, price, place and promotion that has been determined by CV. Bagus Agriseta Mandiri has a significant influence on sales volume. This is supported by the calculated F value obtained that is equal to 28.708 and a significance value of 0.000. The calculated F value obtained is greater than the F table value (28.708 > 2.383) and also the significance value obtained is smaller than 0.05 (0.000 < 0.05) so it can be said that H0 in the F test is rejected. Meanwhile, based on the partial t-test, the results of the analysis show that the price and promotion variables have a significant influence on sales volume. This can happen because H0 is rejected in the price and promotion variable testing because the significance value obtained is less than 0.05 and the t-count value is more than t table (2.004). The significance value and t count of the price and promotion variables respectively are 0.000 and 3.877 for the price variable and 0.001 and 3.566 for the promotion variable. Meanwhile, for the other two variables, namely product and place, the significance value and t-count are 0.274 and 1.105 for the product variable and 0.053 and 1.980 for the place variable, respectively. This causes the acceptance of H0 for the partial test of the two variables because the significance obtained is more than 0.05 and the t-count value is less than t-table (2.004). The research results that have been obtained can then be used as consideration material that can be utilized by CV. Bagus Agriseta Mandiri to improve the marketing mix implemented by the company. As for the efforts made, namely by paying attention to the marketing mix which is not significantly influential and still maintaining the marketing mix that already has a significant influence in order to increase the sales volume of its apple chips production. In addition, the research that has been carried out can increase knowledge and can be used as reference material for conducting further research by adding several variables that have not been discussed in this study to complement the results of research that has been done

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521040264
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 28 Jul 2022 06:30
Last Modified: 28 Jul 2022 06:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192854
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
RAHMADANTI SASIKIRANA.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item