Safira, Priscilla Azahra and Destyana Ellingga Pratiwi,, SP.,MP., MBA and Dr.Ir. Agustina Shinta H.W, , MP (2022) Pengaruh Online Consumer Reviews (Ocrs) Dan Rating Terhadap Keputusan Pembelian Green Product Sensatia Botanicals. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Ketika melakukan kegiatan pembelian secara online, calon konsumen akan dihadapkan dengan beberapa risiko yang dapat merugikan calon konsumen. Upaya yang dapat dilakukan oleh calon konsumen untuk meminimalisir risiko tersebut adalah dengan mencari informasi dan evaluasi tentang produk yang akan dibeli. Informasi tentang produk tersebut dapat dilihat melalui Online Consumer Reviews dan rating produk yang telah diberikan oleh konsumen yang sudah pernah membeli dan menggunakan produk tersebut. Online Consumer Reviews dan rating dianggap sebagai informasi yang dapat diandalkan karena berisi tentang kelebihan dan kekuran produk yang didasari oleh pengalaman asli dari konsumen lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengevaluasi pengaruh Online Consumer Reviews dan rating terhadap keputusan pembelian pada green product Sensatia Botanicals. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan secara online dengan menggunaka google form sebagai media penyebaran kuesioner. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni- Agustus 2021. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan pendekatan non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 65 orang yang terdiri dari orang yang sudah pernah membaca ulasan produk dan pernah membeli produk Sensatia Botanicals Tea Tree & Lemon Facial Cleanser pada marketplace Shopee. Penelitian ini menggunakan dua jenis data yaitu data primer dan data sekunder. Sedangkan, metode analisis data yang dilakukan pada penelitian ini adalah metode SEM-PLS (Structural Equation Modeling- Partial Least Square) untuk melihat hubungan antar variabel penelitian. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa variabel online consumer review dan variabel rating memiliki hubungan positif dan pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Namun, variabel online consumer review memiliki pengaruh yang lebih besar dibandingkan variabel rating. Hal ini disebabkan karena responden pada penelitian ini beranggapan bahwa online consumer review memiliki informasi yang lebih lengkap dan informatif karena berbentuk tulisan dan dapat disertai oleh video maupun gambar dibandingkan dengan rating yang hanya berbentuk skor bintang. Saran yang dapat diberikan peneliti terhadap Sensatia Botanicals Setelah melakukan penelitian ini adalah Sensatia Botanicals perlu mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan pada marketplace Shopee. Salah satu upayanya adalah dengan memperbaiki pengemasan produk. Hal ini dikarenakan sebagian besar ulasan buruk tentang produk Sensatia Botanicals disebabkan karena kondisi produk yang rusak ketika diterima oleh konsumen
English Abstract
When making online purchases, potential consumers will be faced with several risks that can harm them. Efforts that can be made to minimize these risks are by searching information and evaluating the products to be purchased. Information about these products can be seen through Online Consumer Reviews and product Ratings that have been given by consumers who have purchased and used these products. Online Consumer Reviews and Ratings are considered reliable information because they contain product advantages and disadvantages based on genuine experiences from other consumers. The purpose of this study was to analyze and evaluate the influence of Online Consumer Reviews and Ratings on purchasing decisions on Sensatia Botanicals green products. The approach method used in this research is a quantitative approach. This research was conducted online by using google form as a platform for distributing questionnaires. This research was held on June-August 2021. The determination of the sample in this study used a non-probability sampling approach with a purposive sampling technique. Total sample in this study was 65 people, which consist of people who had read product reviews and had purchased Sensatia Botanicals Tea Tree & Lemon Facial Cleanser products on the Shopee marketplace. This study uses two types of data, namely primary data and secondary data. Data analysis method used in this research is the SEM-PLS (Structural Equation Modeling- Partial Least Square) method to see the relationship between research variabels. Based on the research that has been done, it is known that the online consumer review variabel and the Rating variabel have a positive relationship and a significant influence on purchasing decisions. However, the online consumer review variabel has a greater influence than the Rating variabel. This is because the respondents in this study assume that Online Consumer Reviews have more informative information because they are in the form of writing and can be accompanied by videos or pictures compared to Ratings which are only in the form of star scores. Suggestions that researchers can give to Sensatia Botanicals after conducting this research is Sensatia Botanicals needs to maintain and improve the quality of services provided in the Shopee marketplace. One of the efforts is to improve product packaging. This is because most of the bad reviews about Sensatia Botanicals products are due to the damaged condition of the product when received by consumers.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0521040261 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 28 Jul 2022 03:24 |
Last Modified: | 28 Jul 2022 03:24 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192840 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
PRISCILLA AZAHRA SAFIRA.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2023. Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |