Analisis Pengaruh Produk, Harga, Dan Kualitas Layanan Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Coffee Shop Lokal Pada Masa Pandemi Di Kota Pekanbaru Riau (Studi Kasus Coffe Shop Tumpu.Co Jl. Borobudur No.5 , Simpang Empat)

Nainggolan, Nutriana and Condro Puspo Nugroho,, SP, MP and Novil Dedy Andriatmoko,, SP., MP., M.BA (2021) Analisis Pengaruh Produk, Harga, Dan Kualitas Layanan Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Coffee Shop Lokal Pada Masa Pandemi Di Kota Pekanbaru Riau (Studi Kasus Coffe Shop Tumpu.Co Jl. Borobudur No.5 , Simpang Empat). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Di Indonesia kopi merupakan produk unggulan bidang perkebunan selain karet dan kelapa sawit. Produksi kopi di Indonesia dinyatakan memiliki daya saing di pasar internasional. Pada mulanya, minum kopi adalah kebiasaan masyarakat Indonesia yang sudah ada sejak zaman dulu kala. Indonesia adalah salah satu penghasil kopi terbaik,Aceh, lampung, medan, jawa, sulawesi adalah beberapa contoh daerah yang terkenal dengan produksi biji kopinya. di Indonesia kopi dapat dinikmati oleh semua kalangan baik remaja, dewasa, dan juga orang tua. Menurut mereka semua kopi adalah konsumsi harian selain makanan pokok sehari-hari. Coffee shop mulai marak di Indonesia dan menggaet semakin banyak pecinta kopi. Kemunculannya dinilai hanya mengikuti gaya hidup, karena tidak semua konsumen yang datang ke coffee shop adalah penggemar kopi. Kedai atau warung kopi sampai saat ini telah menjadi fenomena yang telah mewarnai pola kehidupan masyarakat Indonesia terutama di sebagian wilayah Indonesia. Penelitian ini dilakukan di Kota Pekanbaru,Riau. Peneliti mengambil lokasi penelitian tersebut karena daerah ini termasuk sebagai daerah penghasil kedai kopi yang sangat marah dan masih perlu dikaji atau dianalisis terlebih di masa pandemi saat ini. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode regresi linear berganda untuk mengetahui pengaruh produk, harga dan kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan konsumen di Kota Pekanbaru. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh hasil bahwa peningkatan pendapatan yang diperoleh positif terhadap tingkat kepuasan konsumen. Hal ini terjadi dikarenakan masih banyaknya konsumen yang mengunjungi gerai coffee shop terlebih para kalangan muda. Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda, secara keseluruhan ,nilai rata-rata yang diperoleh masing-masing setiap variabel sudah sangat baik dan produk,harga dan kualitas pelayanan secara keseluruhan berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen Coffee shop Tumpu di Kota Pekanbaru. Namun tingkat kinerja dari perusahaan yang dicapai peneliti dari konsumen belum mencapai 100% khususnya pada lama pembuatan produk, daya saing harga dengan coffeeshop yang lain, pengadaan promosi serta ketersediaan fasilitas khususnya tempat parkir dan tempat sampah. Kedepannya diharapkan khususnya pada proses pembuatan produk, diharapkan agar Tumpu mampu menyajikan produk dengan lebih cepat lagi agar konsumen tidak jenuh dan bosan untuk menunggu pesanan, karena hal tersebut tentunya akan mempengaruhi minat konsumen untuk berkunjung kembali ke Tumpu Coffee, kemudian dari segi daya saing harga produk yang berikan Tumpu dengan Coffee shop lain. Dengan memperhatikan perbaikan di atas, Tumpu akan lebih mengetahui tingkat kepuasan konsumen dan tentunya akan semakin berpengaruh positif terhadap pendapatan perusahaan

English Abstract

This research was conducted in Pekanbaru City, Riau. The researcher chose the research location because this area is included as a coffee shop producing area that is very angry and still needs to be studied or analyzed especially during the current pandemic. The data collected were analyzed using multiple linear regression method to determine the effect of product, price and service quality on the level of consumer satisfaction in Pekanbaru City. Based on the results of hypothesis testing, it is found that the increase in income obtained by the company has a positive effect on the level of consumer satisfaction. This happens because there are still many consumers who visit coffee shop outlets, especially young people. Based on the results of multiple linear regression analysis, overall, the average value obtained by each variable is very good and the product, price and quality of service as a whole have a positive effect on consumer satisfaction at Coffeeshop Tumpu in Pekanbaru City. However, the level of performance of the company achieved by researchers from consumers has not reached 100%, especially in the length of product manufacture, price competitiveness with other coffee shop, promotions and the availability of facilities, especially parking lots and trash cans. In the future, it is hoped that especially in the product manufacturing process, it is hoped that Tumpu will be able to serve products more quickly so that consumers are not bored and bored to wait for their orders because this will certainly affect consumer interest in returning to Tumpu Coffee, especially in the current era of the Covid-19 pandemic, the government still advises the public to maintain social distancing. By paying attention to the improvements above, Tumpu will know more about the level of customer satisfaction and of course it will have a positive effect on the company's income

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521040260
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 28 Jul 2022 02:38
Last Modified: 28 Jul 2022 02:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192829
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nutriana Nainggolan.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item