Key Determinants Of Acceptance And Use Of E-Services : Evidence From Qlue Application In Jakarta Province

Metasari, Rosy Anresia (2017) Key Determinants Of Acceptance And Use Of E-Services : Evidence From Qlue Application In Jakarta Province. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Menghadapi pertumbuhan penduduk dan masalah dan situasi urbanisasi yang cepat, Jakarta berupaya menerapkan konsep smart city melalui berbagai kebijakan. Salah satunya adalah aplikasi Qlue, sebuah layanan komunitas berbasis smartphone dengan sistem operasi Geo-tagging berbasis Android dan iOS. Aplikasi ini adalah aplikasi kota pintar awal yang digunakan warga untuk melaporkan aspirasi dan/atau keluhan. Selain itu, pemerintah telah melakukan banyak upaya untuk memperkenalkan dan menyebarkan aplikasi Qlue meskipun menghadapi beberapa kesulitan di awal tahun, seperti beberapa penolakan dari warga. Dalam rangka meningkatkan partisipasi warga dan menghadapi penolakan warga, penelitian ini mencoba untuk mencari penerimaan dan penggunaan aplikasi Qlue. Penelitian ini mengeksplorasi beberapa variabel (persepsi dan kepribadian warga) yang mempengaruhi penerimaan dan penggunaan Aplikasi Qlue dengan menggabungkan 2 model. Model penelitian berdasarkan UTAUT dan kombinasi dengan pemasaran yang tinggi proses teknologi. Penelitian ini menggunakan 251 kuesioner dan dianalisis dengan metode structural equation modeling (SEM) melalui aplikasi smart PLS 3.0. Beberapa temuan terkait proses pemasaran berteknologi tinggi adalah: asosiasi kesadaran terhadap pengaruh sosial (dalam langkah persiapan pasar), kemanjuran dikaitkan dengan kondisi fasilitasi (dalam langkah penargetan), fleksibilitas rekanan dengan harapan kinerja (dalam langkah pemosisian), percayakan rekan untuk harapan kinerja, asosiasi kenyamanan dengan harapan usaha, kemudahan dan bantuan yang terkait dengan kondisi kemudahan (dalam langkah pelaksanaan). Kemudian temuan-temuan lain terkait teori unified acceptance and use of teknologi (UTAUT) adalah harapan kinerja, harapan usaha, dan sosial mempengaruhi asosiasi ke niat perilaku di mana setelah itu diasosiasikan dengan menggunakan perilaku. Variabel yang dominan untuk meningkatkan penggunaan Qlue Penerapan adalah kesadaran dimana hal itu akan berdampak pada pengaruh sosial kemudian secara tidak langsung mempengaruhi penggunaan dan penerimaan. Rekomendasi yang diusulkan karena hasil analisis adalah Jakarta Pemerintah Provinsi harus fokus membuat warga sadar akan Qlue aplikasi melalui cara interaktif.

English Abstract

Facing population growth and rapid urbanization problem and situation, Jakarta attempts to implement the smart city concept through various policies. One of them is the Qlue application, a smartphone-based community service with an Android and IOS-based Geo-tagging operating system. This application is the initial smart city application that citizens use to report aspirations and/or complaints. Furthermore, government already did many efforts to introduce and disseminate the Qlue aplication even though it faced some difficulty in the initial year, like some refusals from citizen. In order to improve the citizen participation and facing the citizen refusals, this research attempts to seek the acceptance and use of the Qlue application. This research explores some variables (citizen perceptions and personalities) that affect to the acceptance and use of Qlue Application by combining 2 model. The research model based on UTAUT and combination with marketing high technology process. This research used 251 questionnaires and analyzed with structural equation modeling (SEM) method through smart PLS 3.0 application. Some findings, related to marketing high technology process, are awareness associates to social influence (in market preparation step), self- efficacy associates to facilitating conditions (in targeting step), flexibility associates to performance expectancy (in positioning step), trust associates to performance expectancy, convenience associates to effort expectancy, convenience and assistance associate to facilitating condition (in execution step). Then the other findings related to the unified theory of acceptance and use of technology (UTAUT) are performance expectancy, effort expectancy, and social influence associate to behavioural intention where after that it associates to the use behaviour. The predominant variable to increase the using of Qlue Application is awareness where it will impact to the socail influence then indirectly affect to use and acceptance. The proposed recommendation due to the analysis results is Jakarta Provincial Government must focus on making the citizen aware of the Qlue application through the interactive way.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/352.38/MET/k/2017/041902086
Uncontrolled Keywords: Qlue Application, Citizen Participation, Use and Acceptance, Marketing High Technology Process
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.3 Executive management > 352.38 Information management
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 Jul 2022 03:56
Last Modified: 27 Jul 2022 03:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192795
[thumbnail of ROSY ANRESIA METASARI.pdf] Text
ROSY ANRESIA METASARI.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item