Pengaruh Citra Toko Terhadap Kepuasan Toko Dan Loyalitas Toko Pada Kedai Kopi Kcc Kota Malang

Maulana, Muhammad Zulfikri and Prof. Dr. Ir. Djoko Koestiono,, MS. and Novi Haryati,, SP., MP (2021) Pengaruh Citra Toko Terhadap Kepuasan Toko Dan Loyalitas Toko Pada Kedai Kopi Kcc Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pesatnya pertumbuhan jumlah kedai kopi yang ada di Kota Malang menyebabkan persaingan bisnis kedai kopi semakin ketat. Oleh karena itu, pengelola kedai kopi harus melakukan berbagai upaya untuk memenangkan persaingan tersebut. Salah satu cara untuk memenangkan persaingan bisnis adalah dengan cara menciptakan loyalitas konsumen. Loyalitas konsumen dapat terbentuk melalui kepuasan pelanggan setelah melakukan pembelian dan penggunaan barang/jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Sementara itu, kepuasan pelanggan dapat tercapai dengan cara menciptakan citra toko (Store Image) yang sesuai dengan keinginan pelanggan. Hal tersebut menunjukkan jika Store Image secara tidak langsung dapat mepengaruhi loyalitas konsumen terhadap toko melalui Store Satisfaction. Penelitian ini bertujuan untuk Mengukur store image,store satisfaction, dan store loyalty pada KCC, mendeskripsikan persepsi konsumen mengenai variabel Store Image KCC, menganalisis pengaruh Store Image terhadap Store Satisfaction dan Store Loyalty, menganalisis pengaruh Store Satisfaction terhadap Store Loyalty, serta menganalisis pengaruh Store Image terhadap Store Loyalty dengan Store Satisfaction sebagai variabel mediasi. Penelitian ini dilakukan pada kedai kopi KCC, Kota Malang pada bulan Juli- Agustus 2021. Sampel yang digunakan adalah konsumen dari KCC yang telah mengunjungi dan melakukan pembelian produk pada KCC minimal sebanyak 2 kali sebanyak 50 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan kegiatan wawancara langsung dengan pemilik kedai kopi KCC, memberikan rangkaian pertanyaan yang disebarkan melalui kuesioner (Google form) secara daring, dan dengan melakukan observasi secara langsung yang bertujuan untuk dapat mengetahui keadaan toko sebenarnya yang berkaitan dengan dimensi store image. Sedangkan untuk analisis data dilakukan dengan dua cara yaitu analisis deskriptif yang digunakan untuk menggambarkan data dari hasil penelitian serta analisis menggunakan metode SEM-PLS dengan software WarpPLS 7.0 untuk mengolah data. Hasil analisis menunjukkan variabel store image, store satisfaction, dan store loyalty berada dalam kategori baik dikarenakan memiliki nilai rata-rata berada pada rentang 4,07 sampai dengan 4,38. Variabel store image memiliki nilai rata-rata paling rendah dibanding nilai rata-rata variabel lainnya. Hal tersebut dapat disebabkan oleh adanya keluhan dari responden terkait atribut dari citra toko kedai kopi KCC, variabel Store Image memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Store Satisfaction dan Store Loyalty yang ditunjukkan dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,709 dan 0,367 dengan p-value masing-masing sebesar <0,001 dan 0,002. Variabel Store Satisfaction memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Store Loyalty yang ditunjukkan dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,358 dengan p-value sebesar 0,003. Selain itu, variabel Store Satisfaction terbukti menjadi variabel mediasi antara variabel Store Image dan Store ii Loyalty yang memiliki pengaruh positif dan signifikan yang, ditunjukkan dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,254 dan p-value sebesar 0,004. Saran yang dapat diberikan kepada pihak pengelola KCC adalah untuk dapat memperbaiki indikator Store Image khususnya pada indikator store atmosphere dan convenience facility seperti menambahkan pencahayaan di area lantai dua, memperbaiki sirkulasi udara di area lantai dua, memperbaiki meja dan kursi yang sudah tidak dalam kondisi prima, menyediakan tempat beribadah (musholla) dan meletakkan logo pada area yang mudah untuk dilihat konsumen. Selain itu, saran yang dapat diberikan bagi akademisi diharapkan penelitian ini dapat digunakan sebagai salah satu sumber data dalam penelitian selanjutnya dan peneliti juga dapat mengembangakn penelitian ini dengan menambahkan variabel lain yang dianggap berpengaruh dan dapat menambah jumlah responden ataupun menambah jumlah indikator tiap variabel dengan tetap memperhatikan teori dan data empiris

English Abstract

The rapid growth of coffee shops in Malang has caused the tight competition in coffee shop business. Therefore, coffee shop managers must make various efforts to win the competition. One way to win business competition is by creating consumer loyalty. Consumer loyalty can be formed through customer satisfaction after purchasing and using the goods/services offered by the company. Meanwhile, customer satisfaction can be achieved by creating a Store Image that is in accordance with customer desires. This shows that Store Image can indirectly affect consumer loyalty to the store through Store Satisfaction. This study aims to measure store image, store satisfaction, and store loyalty, describe consumer perceptions of the Store Image variable at KCC, analyze the influence of Store Image towards Store Satisfaction and Store Loyalty, analyze the influence of Store Satisfaction towards Store Loyalty, and analyze the influence of Store Image towards Store Loyalty with Store Satisfaction as a mediating variable. This research was conducted at KCC, Malang in July-August 2021. The samples used were consumers from KCC who had visited and purchased products at KCC at least 2 times as many as 50 respondents. Data was collected by conducting direct interviews with KCC owners, providing a series of questions distributed through online questionnaires (Google forms), and by making direct observations that aimed to knows the actual store conditions related to the store image dimension. Meanwhile, data analysis was carried out in two ways, namely descriptive analysis used to describe data from research results and analysis using the SEM-PLS method with WarpPLS 7.0 software for processing data. The results of the analysis shows that store image, store satisfaction, and store loyalty are in good category because they have mean value in the range of 4.07 to 4.38. The store image variable has the lowest mean value compared to other. This can be caused by there is some complaints from respondents to the attributes of the image of the KCC, the Store Image variable has a positive and significant influence toward the Store Satisfaction and Store Loyalty variables as indicated by the path coefficient values of 0.709 and 0.367 with p-values of <0.001 and 0.002. The Store Satisfaction variable has a positive and significant influence toward the Store Loyalty variable, which is indicated by the path coefficient value of 0.358 with a p- value of 0.003. In addition, the Store Satisfaction variable proved to be a mediating variable between the Store Image and Store Loyalty variables which had a positive and significant effect, indicated by the path coefficient value of 0.254 and p-value of 0.004. Suggestions that can be given to the manager of KCC are to be able to improve Store Image indicators, especially on indicators of store atmosphere and convenience facilities such as adding lighting in the second-floor area, improving air circulation in the second floor area, repairing tables and chairs that are no longer in good condition, providing a place for pray (musholla) and putting the logo at area iv that is easy for consumers to see. In addition, suggestions that can be given to academics are expected that this research can be used as a source of data in further research and researchers can also develop this research by adding other variables that are considered influential and can increase the number of respondents or increase the number of indicators for each variable with due regard to theory and empirical data

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522040123
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 27 Jul 2022 02:53
Last Modified: 02 Oct 2024 02:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192776
[thumbnail of fix-MUHAMMAD ZULFIKRI MAULANA.pdf] Text
fix-MUHAMMAD ZULFIKRI MAULANA.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item