Pengaruh Motivasi dan Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Berkunjung (Survei pada Wisatawan Nusantara di Kebun Raya Bogor)

Saputra, Muhammad Hafizh and Aulia Luqman Aziz, SS., S.Pd., M.Pd (2020) Pengaruh Motivasi dan Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Berkunjung (Survei pada Wisatawan Nusantara di Kebun Raya Bogor). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena dimana Kota Bogor dipadati wisatawan hanya pada saat akhir pekan atau libur panjang. Selain itu, terdapat penurunan jumlah kunjungan wisatawan nusantara ke Kebun Raya Bogor pada tahun 2019 yang memiliki keterkaitan dengan motivasi wisatawan dalam membuat keputusan berkunjung ke Kebun Raya Bogor. Selain motivasi wisatawan berkunjung, atribut bauran pemasaran yang dilakukan oleh pengelola Kebun Raya Bogor dalam memasarkan Kebun Raya Bogor sebagai daya tarik wisata unggulan di Kota Bogor dan sebagai ikon pariwisata Kota Bogor memiliki pengaruh terhadap kunjungan wisatawan dengan tujuan untuk meningkatkan atau mempertahankan jumlah kunjungan wisatawan dan menghindari terjadinya penurunan jumlah wisatawan. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi yang dijadikan tempat penelitian adalah Kebun Raya Bogor yang terletak di Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wisatawan nusantara yang berkunjung ke Kebun Raya Bogor selama satu tahun terakhir dengan menggunakan tingkat kunjungan wisatawan nusantara ke Kebun Raya Bogor pada tahun 2019 sebanyak 1.089.935 wisatawan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah survei secara online dengan nama link; bit.ly/SkripsiBapis menggunakan skala Likert. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan teknik analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, uji R2 dengan bantuan program SPSS 25 Version.

English Abstract

The research is motivated by phenomenon where city of Bogor crowded with tourists on weekends or long holidays. There was a decrease in number of tourist visitation to Bogor Botanical Gardens in 2019 which had affected on tourist decision that motivate them to visit Bogor Botanical Gardens. In addition of that, marketing mix attributes which carried out by the management of the Bogor Botanical Gardens to promote Bogor Botanical Gardens as leading tourist attraction and as an icon of tourism in the City of Bogor had also influenced tourist visitation with goal were to increase or maintain the number of tourist visitation. This research is an explanatory research with a quantitative approach. The location used as a place of research is Bogor Botanical Gardens located in Bogor City, West Java Province. The population in this study were all domestic tourists which had visit Bogor Botanical Gardens during the past year using the purposive sampling technique from domestic tourist data visited Bogor Botanical Gardens in 2019. Data collection methods in this study were online surveys using link names of bit.ly/SkripsiBapis with Likert scale. The data in this study were analyzed with descriptive analysis techniques, the classic assumption test, multiple linear regression analysis, t test, F test, R2 test using application from SPSS 25 Version program.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520030152
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Bauran Pemasaran, Keputusan Berkunjung, Wisatawan, Kuantitatif, Motivation, Marketing Mix, Visit Decisions, Tourist, Quantitative.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Zainul Mustofa
Date Deposited: 26 Jul 2022 07:48
Last Modified: 26 Jul 2022 07:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192740
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
0520030154- Muhammad Hafizh Saputra.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item