Latif, Moh. Naefal and Hery Toiba,, SP., MP., Ph.D and Deny Meitasari,, SP., M.Sc (2021) Analisis Preferensi Konsumen dan Kesediaan Membayar Terhadap Produk Beras Merah di Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Konsumen mulai dari orang tua mengonsumsi beras merah untuk mendapatkan manfaat dan kandungan gizi dalam mengatasi berbagai penyakit yaitu mencegah kanker, mencegah diabetes, dan menurunkan kolesterol. Sedangkan untuk anak usia muda beras merah di konsumsi sebagai program diet untuk menjaga postur tubuh. Pada intinya beras merah ini untuk program pola hidup sehat yang dilakukan oleh konsumen beras merah. Penelitian ini menargetkan konsumen beras merah yang berada di Jawa Timur untuk menganalisis preferensi konsumen terhadap beras merah dan kesanggupan untuk membayar produk tersebut. Berdasarkan data BPS (2019) pengeluran untuk konsumsi makanan bergizi salah satunya dengan membeli beras merah yang memiliki manfaat dan kandungan gizi yang baik untuk kesehatan dan mengatasi penyakit. Hal ini menunjukkan bahwa masyarkat sadar mengenai penerapan pola hidup sehat dengan memilih makanan yang sehat untuk dikonsumsi. Penelitian yang dilakukan tidak hanya berdasar dari aspek kesehatan dan manfaat, namun adanya penyediaan atribut produk dari beras merah yaitu: label, kualitas dan harga untuk menentukan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan karakteristik konsumen, preferensi konsumen, dan kesediaan membayar produk beras merah yang dilakukan kepada responden yang sudah pernah membeli maupun mengonsumsi beras merah. Teknik penentuan responden ialah menggunakan sample non-probabilitas yang dilakukan kepada responden konsumen beras merah di Jawa Timur dengan menggunakan google form. Penentuan sampel dalam penilitian ini menggunakan rumus rule of thumb dengan hasil sebanyak minimal 84 respondent dalam melakukan penelitian ini. Desain penilitian yang digunakan dalam penlitian ini ialah choice set yang dibuat menggunakan software R-Studio yang menghasilkan 9 set pilihan, dalam setiap set pilihan terdiri dari 3 opsi pilihan yaitu 2 sebagai opsi pilihan alternatif dan 1 sebagai opsi tidak memilih. Metode analisis yang dilakukan ialah menggunakan metode analisis Discreate Choice Experiment (DCE), metode Discrete Choice Experiments (DCE) adalah sebuah metode yang populer digunakan untuk mengetahui preferensi seseorang terhadap suatu produk (Aulia, 2019). Hasil yang didapatkan dari penelitian yang dilakukan secara online dengan responden konsumen beras merah di jawa timur, didapatkan responden sebanyak 244 dengan 215 responden yang sesuai dengan kebutuhan sampel. Berdasarkan karakteristik konsumen, ditemukan bahwa konsumen yang mendominasi berjenis kelamin perempuan, dengan tingkat usia 18-30 tahun, berstatus belum menikah/single, memiliki riwayat pendidikan SMA, sedang menempuh pendidikan perguruan tinggi atau sebagai mahasiswa, dan memiliki pendapatan Rp 1.000.000-Rp 4.000.000 /bulan. Berdasarkan preferensi konsumen menunjukkan bahwa konsumen akan memilih produk beras merah yang memiliki label organik SNI dibandikan label organik lokal v dan tanpa label, selain itu konsumen memilih produk beras merah dengan kualitas pengelolahan yaitu dengan proses sorting-pengemasan (vakum)-keamanan (box) dibandikan produk yang hanya mengalami proses sorting-pengemasan (vakum) dan sorting-pengemasan (plastik). Berdasarkan hasil analisis Willingness To Pay (WTP) diperolehbahwa konsumen sanggup membayar lebih mahal untuk membeli dan mengonsumsi dengan produk yang memiliki label organic SNI dibandingkan produk yang hanya mencantumkan label organik lokal dan produk yang tanpa mencantumkan label sama sekalipun. Serta konsumen juga sanggup membayar lebih mahal untuk produk beras merah yang melalui proses tahapan pasacapanen mulai dari proses sorting-pengemasan (vakum)-keamanan (box) dibandingkan produk beras merah yang hanya melalui proses sorting-pengemasan (vakum) dan produk dengan proses sorting-pengemasan (plastik). WTP ini untuk mempengaruhi penjualan beras merah dengan memperhatikan atribut yang digunakan pada produk tersebut. Konsumen beras merah yang di dominasi oleh anak usia muda memiliki cara pemikiran yang selektif atau suka membandingkan produk antara supermarket dengan e-commerce yang memiliki harga lebih murah, oleh karena itu terdapat hasil yang menerangkan bahwa konsumen kurang menyukai dan bersedia membayar murah untuk produk beras merah yang ditawarkan dalam alternatif pilihan.
English Abstract
Consumers ranging from old people consume brown rice to get the benefits and nutritional content in overcoming various diseases, namely preventing cancer, preventing diabetes, and lowering cholesterol. As for young children, brown rice is consumed as a diet program to maintain body posture. In essence, brown rice is for a healthy lifestyle program carried out by brown rice consumers. This study targets brown rice consumers in East Java to analyze consumer preferences for brown rice and the ability to pay for the product. Based on BPS data (2019), spending on nutritious food consumption is one of them by buying brown rice which has benefits and good nutritional content for health and overcoming disease. This shows that the public is aware of the application of a healthy lifestyle by choosing healthy foods for consumption. The research conducted is not only based on aspects of health and benefits, but the provision of product attributes from brown rice, namely: label, quality and price to determine this research. This study aims to determine consumer characteristics, consumer preferences, and willingness to pay for brown rice products conducted to respondents who have purchased or consumed brown rice. The respondent determination technique is using a non-probability sample which is carried out on brown rice consumer respondents in East Java using the google form. Determination of the sample in this research using the rule of thumb formula with the results of a minimum of 84 respondents in conducting this research. The research design used in this research is a choice set made using R-Studio software which produces 9 sets of choices, in each choice set consisting of 3 options, namely 2 as an alternative choice and 1 as an option not to choose. The analytical method used is the Discrete Choice Experiment (DCE) analysis method, the Discrete Choice Experiments (DCE) method is a popular method used to determine a person's preference for a product (Aulia, 2019). The results obtained from research conducted online with brown rice consumer respondents in East Java, obtained 244 respondents with 215 respondents who matched the needs of the sample. Based on the characteristics of consumers, it was found that the consumers who dominate are female, with an age level of 18-30 years, unmarried/single status, have a history of high school education, are currently studying in college or as a student, and have an income of Rp. 1,000,000-Rp. 4,000,000/month. Based on consumer preferences, it shows that consumers will choose brown rice products that have SNI organic labels compared to local organic labels and without labels, besides that consumers choose brown rice products with processing quality, namely the sorting-packaging (vacuum)-safety (box) process compared to the product. which only undergoes sorting-packaging (vacuum) and sorting-packaging (plastic) processing. vii Based on the results of the Willingness To Pay (WTP) analysis, it was found that consumers are able to pay more to buy and consume products that have SNI organic labels compared to products that only include local organic labels and products that do not include the same label. And consumers are also able to pay more for brown rice products that go through a post-harvest process starting from the sorting-packing (vacuum)-safety (box) process compared to brown rice products that only go through the sorting-packaging process (vacuum) and products with a sorting-packing process. packaging (plastic). The effect of this WTP is to influence the sale of brown rice by paying attention to the attributes used in the product. Red rice consumers who are dominated by young people have a selective way of thinking or like to compare products between supermarkets and e-commerce which have cheaper prices, therefore there are results that explain that consumers do not like and are willing to pay cheaply for brown rice products. offered in alternative options.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0521040243 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 26 Jul 2022 07:26 |
Last Modified: | 26 Jul 2022 07:26 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192732 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Moh. Naefal Latief.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2023. Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |