Rataan Litter Size, Bobot Lahir, Dan Angka Kematian Pra Sapih Pada Umur Induk Kambing Pe Yang Berbeda Di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu

Dhuha, Aldian Nur Syamsu and Prof.Dr.Ir. Muhammad Nur Ihsan, MS (2022) Rataan Litter Size, Bobot Lahir, Dan Angka Kematian Pra Sapih Pada Umur Induk Kambing Pe Yang Berbeda Di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kambing Peranakan Etawa (PE) merupakan kambing hasil persilangan antara kambing Etawa dari India yang juga disebut kambing Jamnapari dengan kambing Kacang dari Indonesia. Tujuan pemerintah mengadakan persilangan (pembentukan kambing PE) adalah untuk memperbaiki performans kambing kacang, yang mempunyai daya tahan terhadap lingkungan dan mampu memanfaatkan mutu pakan yang kurang baik. Hasil persilangan ini produksinya dipergunakan untuk memperbaiki gizi masyarakat petani peternak terutama di daerah rawan gizi. Jenis kambing sangat banyak di Indonesia namun dalam pemeliharaannya hanya dapat dibedakan untuk tiga tujuan utama, yakni sebagai penghasil daging (kambing potong), penghasil susu (kambing perah), dan dwiguna. Upaya yang harus dilakukan untuk meningkatkan produktivitasnya seperti memperhatikan litter size induk, dan bobot lahir anak yang serta korelasi sifat-sifat tesebut. Produktivitas tinggi pada kambing PE dapat dicapai apabila memiliki litter size, dan bobot lahir yang tinggi. Kondisi induk kambing yang optimal saat beranak akan menghasilkan litter size, bobot lahir anak yang tinggi dan angka kematian pra sapih yang rendah. Penelitian ini dilaksanakan di peternakan kambing peranakan etawa (PE) di Kecamatan Bumiaji Kota Batu pada bulan Februari-Maret 2021. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui rataan litter size, bobot lahir anak dan angka kematian anak pra sapih pada umur induk kambing PE di Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Materi yang digunakan pada penelitian ini adalah 103 ekor indukan kambing peranakan etawa (PE) mulai dari umur 1-6 tahun. Hasil dari penelitian diharapkan mampu memberikan informasi tentang kemampuan kambing peranakan etawa didalam menghasilkan anakan dan peningkatan produktivitasnya. Metode penelitian ini adalah pengambilan data secara langsung kepada peternak di Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Pengambilan sampel sebanyak 103 indukan secara purposive sampling. Data yang diambil dalam penelitian yaitu umur induk kambing PE yang baru beranak, litter size, bobot lahir anak, mortalitas, sistem pemeliharaan, dan manajemen pakan. Data kemudian dikelompokkan berdasarkan umur induk kambing PE ditabulasi dan dianalisis secara kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dari angka-angka litter size, bobot lahir anak, dan mortalitas pra sapih ditentukan nilai rata-rata dan standard deviasinya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522050174
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Jul 2022 07:06
Last Modified: 01 Aug 2022 08:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192722
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
ALDIAN NUR SYAMSU DHUHA.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item