Naufal, Ammar Faiz and Setiyo Yuli Handono,, SP., MP., MBA. and Condro Puspo Nugroho,, SP., MP (2022) Pengaruh Pemasaran Digital dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Empiris Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya yang Membeli Produk Clothing Brand Lokal Pada E-Commerce dan Sosial Media). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perusahaan dalam memperkenalkan suatu merek baik produk maupun jasa memerlukan media untuk mengomunikasikan suatu merek itu sendiri kepada konsumen. Perusahaan harus dapat menentukan strategi pemasaran yang tepat agar usahanya dapat bertahan dan unggul dalam persaingan, sehingga tujuan dari perusahaan tersebut tercapai. Strategi yang dimaksud yakni dengan strategi pemasaran digital dan strategi penentuan harga. Penelitian ini berfokus pada produk clothing brand lokal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemasaran digital dan harga terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dan dilakukan pada bulan Oktober-November 2021. Penelitian ini dilakukan secara online dengan menggunakan kuesioner melalui google form dikarenakan Pandemi COVID-19. Metode penelitian ini adalah PLS dengan SEM. Responden penelitian berjumlah 65 orang dengan purposive sampling dan diolah menggunakan SmartPLS 3.0. Penelitian ini menggunakan toleransi kesalahan atau alpha sebesar 0,5. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini ada 3 yaitu Pemasaran Digital (X1), Harga (X2) sebagai variabel eksogen dan Keputusan Pembelian (Y1) sebagai variabel endogen. Hasil penelitian analisis SEM-PLS menunjukkan model tidak memiliki kolinieritas. Variabel dengan hubungan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian yakni pemasaran digital, sedangkan variabel harga berhubungan positif serta signifikan kuat terhadap variabel keputusan pembelian. Hasil R-square yakni 0.414, sedangkan hasil F-square pada variabel pemasaran digital memiliki kategori kecil dan pada variabel harga memiliki pengaruh besar. Nilai Q-Square yakni 0.215, sedangkan nilai effect size q2 yakni variabel pemasaran digital memiliki kategori sangat kecil dan variabel harga memiliki kategori sedang. Variabel pemasaran digital memiliki pengaruh positif serta tidak signifikan dengan nilai koefisien jalur 0.157 dan p-values 0.110. Variabel harga memiliki pengaruh positif serta signifikan kuat terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisien jalur sebesar 0.554 dan p-values 0.000.
English Abstract
Companies in introducing a brand, both products and services, need media to communicate a brand itself to consumers. Companies must be able to determine the right marketing strategy so that their business can survive and excel in the competition, so that the company's goals are achieved. The strategy in question is a digital marketing strategy and a pricing strategy. This research focuses on local brand clothing products. The purpose of this study was to determine the effect of digital marketing and price on purchasing decisions. This study uses a descriptive quantitative approach and was conducted in October-November 2021. This research was conducted online by using google form due to the pandemic. This research method is PLS with SEM. Research respondents totaled 65 people with purposive sampling and processed using SmartPLS 3.0. This study uses an error tolerance or alpha of 0.5. There are 3 variables used in this study, namely Digital Marketing (X1), Price (X2) as an exogenous variable and Purchase Decision (Y1) as an endogenous variable. The results of the SEM-PLS analysis showed that the model did not have collinearity. The variable with an insignificant relationship to purchasing decisions is digital marketing, while the price variable is positively and significantly related to the purchase decision variable. The R-square result is 0.414, while the F-square result on the digital marketing variable has a small category and the price variable has a big influence. The Q-Square value is 0.215, while the effect size q2 value, namely the digital marketing variable has a very small category and the price variable has a medium category. The digital marketing variable has a positive and insignificant effect with path coefficient values of 0.157 and p-values of 0.110. The price variable has a positive and significant influence on purchasing decisions with a path coefficient value of 0.554 and p-values of 0.000
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522040119 |
Uncontrolled Keywords: | Pemasaran Digital, Harga, Keputusan Pembelian, Digital Marketing, Price, Purchase Decision. |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 26 Jul 2022 04:14 |
Last Modified: | 26 Jul 2022 04:14 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192711 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Mochamad Edo Nanda Pratama Djauharie.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |