Pengaruh Gaya Hidup Remaja Millenial Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Kedai Kopi Lokal Pekanbaru

Sitinjak, Maria Grace and Wisynu Ari Gutama,, SP., MMA. and Febriananda Faizal,, SP., MP. (2021) Pengaruh Gaya Hidup Remaja Millenial Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Kedai Kopi Lokal Pekanbaru. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan zaman yang semakin menuntut adanya perubahan gaya hidup. Salah satu perubahan gaya hidup yang terjadi adalah saat konsumsi kopi. Kondisi tersebut menyebabkan banyak pelaku usaha yang membuka kedai-kedai kopi untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Pemilik kedai kopi pun dituntut untuk memiliki inovasi karena adanya pandemi Covid-19 yang berdampak ke seluruh sektor usaha salah satunya kedai kopi lokal. Perubahan gaya hidup konsumen merupakan salah satu cara untuk mengetahui cara pandang dan tingkah laku konsumen terhadap keputusan pembelian dimasa pandemi Covid-19. Strategi yang dilakukan oleh Teras kopi untuk menarik konsumen yaitu dengan lokasi yang strategis, menu bervariasi dan identik dengan tempat yang kekinian atau aesthetic untuk spot foto konsumen. Penelitian ini membahas tentang pengaruh gaya hidup remaja millenial terhadap pengambilan keputusan pembelian kedai kopi lokal Pekanbaru. Metode penentuan responden dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode acidental sampling. Jumlah responden yaitu sebanyak 30 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) dengan menggunakan WarpPLS 7.0. Hasil dari penelitian ini yaitu aktivitas dan pendapat tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. Konsumen cenderung memperhatikan minat mereka saat membeli produk. Indikator minat yaitu pekerjaan dan makanan memiliki nilai loading factor paling besar dari indikator lainnya. Indikator minat yang memiliki nilai loading factor terbesar yaitu pekerjaan. Hasil R-square variabel keputusan pembelian yaitu 0,561. Hal tersebut menunjukkan bahwa aktivitas, minat dan pendapat memiliki kontribusi sebesar 56,1% terhadap keputusan pembelian dan sisanya sebesar 43,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diuji dalam penelitian ini. Saran yang dapat diberikan kepada Teras kopi yaitu Teras kopi dapat meningkatkan promosi dan aktif di sosial media. Hal ini dikarenakan sosial media adalah salah satu sumber informasi yang dapat diakses oleh konsumen dan dapat menarik minat konsumen. Apabila konsumen memperoleh informasi tersebut, konsumen dapat mempertimbangkan untuk membeli produk tersebut. Teras Kopi dapat mempertahankan atau meningkatkan kualitas produk dengan cara menyediakan layanan penilaian konsumen. Konsumen dapat memberikan penilaian terhadap produk dan pelayanan dari Teras kopi.

English Abstract

The development of the era is increasingly demanding a change in lifestyle. One of the lifestyle changes that occur is when coffee consumption. This condition causes many business owner to open coffee shops to meet consumer needs. Coffee shop owners are also required to have innovation due to the Covid-19 pandemic which has an impact on all business sectors, one of which is local coffee shops. There is a transformation in consumer lifestyle is one way to find out the perspective and behavior of consumers towards purchasing decisions during the Covid-19 pandemic. The strategy taken by Teras kopi to attract consumers is with a strategic location, varied menus and identical to contemporary or aesthetic places for consumer photo spots. This research discusses the influence of millenial adolescent's lifestyle on purchasing decision in Pekanbaru local coffee shop. The method of determining respondents in this research is to use accidental sampling. The number of respondents are 30 respondents. Data analysis techniques used in this research is Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) using WarpPLS 7.0. The results of this research are activities and opinions have no effect on consumer purchasing decisions. Consumers tend to pay attention to their interests when buying products. Interest indicators, namely work and food, have the largest loading factor value than other indicators. The interest indicator that has the largest loading factor value is work. The results of the R-square of the purchasing decision variable are 0.561. This shows that activities, interests and opinions have a contribution of 56.1% to purchasing decisions and the remaining 43.9% is influenced by other variables not tested in this research. Suggestions that can be given to fast food restaurants are increase promotion and be active on social media. This is because social media is one source of information that can be accessed by consumers and can attract consumer interest. If consumers obtain this information, consumers can consider buying the product. Teras Kopi can maintain or improve product quality by providing customer assessment services. Consumers can give an assessment of the products and services of Teras kopi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521040236
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 26 Jul 2022 02:15
Last Modified: 01 Oct 2024 07:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192678
[thumbnail of maria grace.pdf] Text
maria grace.pdf

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item