Analisis Kinerja Perusahaan Agroindustri Olahan Buah Dengan Metode Balanced Scorecard Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada CV. Bagus Agriseta Mandiri)

Wirajati, Kresna and Dr. Silvana Maulidah,, SP., MP. and Heptari Elita Dewi,, SP., MP. (2021) Analisis Kinerja Perusahaan Agroindustri Olahan Buah Dengan Metode Balanced Scorecard Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada CV. Bagus Agriseta Mandiri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kinerja perusahaan merupakan salah satu indikator yang dapat digunakan untuk melihat kondisi performa perusahaan yang terjadi dilapang. Suatu perusahaan dapat bertahan apabila kinerja yang dimiliki perusahaan tersebut mendapatkan nilai yang baik. Baik atau buruknya kinerja suatu perusahaan dapat diperhitungkan dari hasil pernilaian yang berdasarkan Balanced Scorecard. Balanced Scorecard merupakan salah satu alat untuk menilai kinerja perusahaan dengan melihat dari dimensi keuangan, dimensi pelanggan, dimensi proses bisnis internal, dan dimensi pertumbuhan dan pembelajaran. Nilai Balanced Scorecard yang baik mengindikasikan perusahaan tersebut dapat bersaing pada lingkungan industri sejenis perusahaan tersebut. Upaya mempertahankan kinerja perusahaan sering kali terjadi permasalahan diantara empat dimensi tersebut. Pada kasus penelitian yang dilakukan di perusahaan agroindustri ditujukan untuk dapat mengetahui kinerja perusahaan pada masa pandemi Covid-19 yang memberikan dampak kepada perusahaan tersebut. Dengan demikian perlu dilakukannya pengukuran kinerja perusahaan untuk mengetahui kondisi kinerja yang terjadi pada saat pandemi Covid-19. Penelitian ini dilaksanakan di perusahaan agroindustri yang merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi makanan dan minuman olahan buah- buahan. Pelaksanaan penelitian dimulai dari bulan Juni hingga bulan Juli 2021. Penentuan responden dilaksanakan dengan menggunakan teknik judgement sampling atau secara purposive. Adapun jumlah responden yang digunakan dalam penelitian ini merupakan direktur. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara secara langsung kepada direktur, observasi, dan dokumentasi terkait data penjualan perusahaan, jumlah pelanggan, dan data jumlah karyawan. Analisis data dilakukan dengan metode Balanced Scorecard dengan mengukur empat dimensi yaitu dimensi keuangan, dimensi pelanggan, dimensi proses bisnis internal, dan dimensi pertumbuhan dan pembelajaran. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa pada keempat dimensi yang diamati pada tahun 2020 dimana sedang terjadi pandemi Covid-19, perusahaan tersebut terkena dampak antara lain pada dimensi keuangan dalam indikator margin laba operasi pada tahun 2020 mengalami penurunan sebesar 2,37%, hal yang sama terjadi pada indikator margin laba kotor dimana pada tahun 2020 perusahaan juga mengalami penurunan sebesar 5,18%, pada indikator ROA tahun 2020 juga terjadi penurunan sebesar 5,76%. Berbeda dengan yang lainnya, nilai current ratio perusahaan pada tahun 2020 mengalami peningkatan sebesar 1,05% hal tersebut disebabkan oleh hutang lancar perusahaan yang jauh lebih kecil dari tahun sebelumnya. Selanjutnya nilai TATO perusahaan pada tahun 2020 juga mengalami penurunan sebesar 23%. Pada dimensi pelanggan, jumlah kunjungan perusahaan mengalami penurunan yang sangat signifikan pada tahun 2020. Pada indikator ii retensi pelanggan, perusahaan mendapatkan hasil yang baik dikarenakan jumlah dari pelanggan putus perusahaan mengalami penurunan. Akan tetapi pada indikator akuisisi pelanggan perusahaan mendapatkan hasil yang buruk dikarenakan jumlah belanggan baru yang diperoleh perusahaan mengalami penurunan pada tahun tersebut. Selanjutnya pada dimensi proses bisnis internal bagian proses inovasi perusahaan mendapatkan hasil penilaian yang baik dikarenakan perusahaan telah melakukan beberapa kegiatan inovasi pada tiga tahun tersebut. Sedangkan pada indikator proses operasi, perusahaan mendapatkan nilai konstan dikarenakan tidak adanya perubahan waktu untuk memproduksi suatu produk. Pada dimensi pertumbuhan dan pembelajaran dalam indikator produktivitas karyawan tahun 2020 mendapatkan nilai yang buruk dikarenakan produktivitas pada tahun tersebut mengalami penurunan sebesar 170% dari tahun sebelumnya. Selanjutnya pada indikator perputaran karyawan pada tahun 2020 mendapatkan nilai buruk dikarenakan hasil menunjukkan perputaran karyawan mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

English Abstract

Company performance is one of the indicators that can be used to see the condition of the company's performance that occurs on the ground. A company can survive if the company's performance gets good value. The good or bad performance of a company can be taken into account from priced results based on Balanced Scorecards. Balanced Scorecard is one of the tools to assess the performance of the company by looking from a financial point of view, customer point of view, internal business process point of view, and growth and learning point of view. A good Balanced Scorecard indicates that the company can compete in the company's industrial environment. Efforts to maintain the company's performance often occur problems between the four points of view. In the case of research conducted on the agroindustry company is intended to be able to know the company's performance during the Covid-19 pandemic that has an impact on the company. Thus, it is necessary to measure the company's performance to find out the performance conditions that occurred during the Covid-19 pandemic. The study was conducted on a agroindustry company which is one of the companies that produce food and beverages processed fruits. The research runs from June to July 2021. The determination of respondents was carried out using judgement sampling techniques or purposively. The number of respondents used in this study amounted to the director. Data collection techniques are conducted by direct interviews with directors, observations, and documentation related to company sales data, customer numbers, and employee number data. Data analysis is done by the Balanced Scorecard method by measuring four points of view, namely the financial point of view, customer point of view, internal business process point of view, and growth and learning point of view. The results of the research analysis showed that in the four dimensions observed in 2020 where there is a Covid-19 pandemic, the company was affected among others on the financial dimension in the operating profit margin indicator in 2020 decreased by 2.37%, the same thing happened to the gross profit margin indicator where in 2020 the company also decreased by 5.18%, In the ROA indicator in 2020 there was also a decrease of 5.76%. Unlike the others, the company's current ratio in 2020 increased by 1.05% due to the company's current debt which was much smaller than the previous year. Furthermore, the value of the company's TATTOO in 2020 also decreased by 23%. In the customer dimension, the number of company visits has decreased significantly in 2020. In the customer retention indicator, the company gets good results because the number of customers dropping out of the company decreases. However, on the indicator of customer acquisition the company gets bad results because the number of new customers obtained by the company decreased in the year. Furthermore, in the internal business process dimension of the company's innovation process, it gets good assessment results because the company has conducted several innovation activities iv in the three years. While in the operating process indicator, the company gets a constant value due to the absence of time changes to produce a product. In the dimension of growth and learning in employee productivity indicators in 2020 get a bad value because productivity in that year decreased by 170% from the previous year. Furthermore, the employee turnover indicator in 2020 gets a bad value because the results show employee turnover has increased from the previous year.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521040231
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 25 Jul 2022 08:06
Last Modified: 25 Jul 2022 08:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192649
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Kresna Wirajati.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item