Strategi Pemasaran Usaha Home Industry Olahan Nanas di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: UMKM Nanas Madu Koleksi di Desa Babadan Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri)

Dzuhri, Kholid Al Syauban and Prof. Dr. Ir. Abdul Wahib Muhaimin,, MS. and Dr. Fadli Mulyadi,, SP., MP. (2022) Strategi Pemasaran Usaha Home Industry Olahan Nanas di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: UMKM Nanas Madu Koleksi di Desa Babadan Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Data BPS Kabupaten Kediri menunjukkan bahwa Kecamatan Ngancar merupakan penghasil buah nanas terbesar di Kabupaten Kediri dengan hasil produksi sebesar 149,44 ribu ton (BPS, 2021). Salah satu unit usaha yang memproduksi olahan nanas di Kecamatan Ngancar adalah UMKM Nanas Madu Koleksi yang berada di desa Babadan, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri. Pandemi Covid-19 menyebabkan kegiatan pemasaran yang dijalankan tidak dapat dilakukan secara maksimal. Data P2E LIPI yang dikutip dari Bahtiar & Saragih (2020) menyebutkan bahwa dampak penurunan pariwisata terhadap UMKM yang bergerak dalam usaha makanan dan minuman mikro mencapai 27%, sedangkan dampak terhadap usaha kecil makanan dan minuman sebesar 1,77%, dan usaha menengah di angka 0,07%. Berdasarkan peristiwa tersebut, tujuan penelitian ini yaitu mengidentifikasi faktor internal dan faktor eksternal yang dihadapi UMKM Nanas Madu Koleksi, merumuskan strategi pemasaran yang dapat diterapkan di UMKM Nanas Madu Koleksi,serta menentukan strategi yang lebih di prioritaskan dalam mengembangkan pemasaran pada UMKM Nanas Madu Koleksi. Penelitian ini merupakan penelitian mix method. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder, sedangkan metode pengumpulan data dengan wawancara, kuesioner, observasi. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 30 orang dengan kriteria responden yang telah mengonsumsi produk Nanas Madu Koleksi minimal sebanyak 2 kali dengan range usia 17 sampai 60 tahun. Teknik analisis data menggunakan analisis SWOT (Strength-Weakness-Opportunity-Threats) dan analisis QSPM Quantitative Strategic Planning Matrix). Berdasarkan hasil analisis matriks IFE dan EFE menunjukkan total skor faktor internal sebesar 3,259 dan faktor eksternal sebesar 3,033. Hasil nilai tersebut menunjukkan posisi UMKM Nanas Madu Koleksi dalam matriks IE (Internal- Eksternal) saat penelitian berlangsung berada pada kuadran I yang menunjukkan bahwa strategi yang cocok pada posisi ini antara lain strategi intensif seperti market penetration, market development, dan product development atau strategi terintegrasi seperti backward integration, forward integration, dan horizontal integration. Hasil analisis matriks SWOT (Strengths-Opportunities-Weakness- Threats) yang memaksimalkan kekuatan dan peluang serta meminimalkan kelemahan dan ancaman, peneliti dapat merumuskan strategi yang telah disusun sesuai prioritasnya berdasarkan metode QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) dan dapat digunakan oleh UMKM Nanas Madu Koleksi adalah: (1) Meningkatkan promosi karena berpotensi sebagai produk unggulan daerah. (2) Meningkatkan kompetensi dalam digital marketing, dan (3) Bekerja sama dengan pusat oleh-oleh di Kabupaten dan Kota Kediri.

English Abstract

BPS Data of Kediri Regency shows that Ngancar District is the largest producer of pineapples in Kediri Regency with a production of 149.44 thousand tons (BPS, 2021). One of the business units that produce pineapple processed in Ngancar District is MSMEs Nanas Madu Koleksi located in Babadan village, Ngancar Subdistrict, Kediri Regency. The Covid-19 pandemic caused marketing activities that can not be done optimally. P2E LIPI data quoted from Bahtiar & Saragih (2020) mentioned that the impact of the decline in tourism on MSMEs engaged in micro food and beverage businesses reached 27%, while the impact on small food and beverage businesses by 1.77%, and medium-sized businesses at 0.07%. Based on these events, the purpose of this study is to identify internal factors and external factors faced by MSMEs Nanas Madu Koleksi, formulate marketing strategies that can be applied in MSMEs Nanas Madu Koleksi, and determine strategies that are prioritized in developing marketing on MSMEs Nanas Madu Koleksi. This research use a mix method. The data used in this study is primary and secondary data, while the method of data collection with interviews, questionnaires, and observations. The sample in this study was taken with purposive sampling technique with the number of respondents as many as 30 people with the criteria of respondents who had consumed Pineapple Honey Collection products at least 2 times with an age range of 17 to 60 years. Data analysis techniques use SWOT analysis (Strength-Weakness-Opportunity-Threats) and QSPM Quantitative Strategic Planning Matrix analysis. Based on the results of the IFE and EFE matrix analysis showed a total internal factor score of 3,259 and external factors of 3,033. The results of the value show the position of MSMEs Nanas Madu Koleksi in the IE (Internal-External) matrix when the research takes place in quadrant I which shows that the strategies that are suitable in this position include intensive strategies such as market penetration, market development, and product development or integrated strategies such as backward integration, forward integration, and horizontal integration. The results of SWOT matrix analysis (Strengths-Opportunities-Weakness- Threats) that maximize strengths and opportunities and minimize weaknesses and threats, researchers can formulate strategies that have been prepared according to their priorities based on the QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) method and can be used by MSMEs Nanas Madu Koleksi are: (1) Increase promotion because it has the potential as a superior product of the region. (2) Improve competence in digital marketing, and (3) Cooperate with souvenir centers in Kediri Regency and City.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521040230
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 25 Jul 2022 07:44
Last Modified: 25 Jul 2022 07:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192646
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Kholid Al Syauban Dzuhri.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item