Octavia, Jihan Saniyyah and Dr. Fitria Dina Riana,, SP., MP. and Heptari Elita Dewi,, SP., MP. (2022) Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Keputusan Pembelian Pesenkopi di Kota Malang Selama Pandemi Covid-19. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Globalisasi menyebabkan banyak perubahan pada setiap aspek kehidupan manusia terutama dalam aspek gaya hidup. Salah satu perubahan gaya hidup yang cukup menonjol saat ini adalah kebiasaan minum kopi. Fenomena ini menyebabkan peningkatan jumlah usaha kedai kopi yang berjalan lurus dengan meningkatnya persaingan di antara para pengusaha kedai kopi. Namun selain harus menghadapi persaingan yang ketat, para pengusaha kedai kopi juga harus menghadapi pandemi Covid-19. Penurunan mobilitas dan interaksi sosial untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 berpengaruh negatif terhadap perekonomian domestik. Maka dari itu untuk memenangkan pasar diperlukan inovasi salah satunya dengan adanya konsep take away coffee. Selain itu, diperlukan strategi pemasaran yang tepat dalam menghadapi persaingan tersebut salah satunya menggunakan bauran pemasaran (marketing mix) 7P. Maka dari itu perlu diketahui deskripsi penerapan bauran pemasaran, analisis tiap variabel bauran pemasaran terkait keputusan pembelian konsumen, dan rekomendasi strategi pemasaran yang lebih baik untuk Pesenkopi di Kota Malang selama Pandemi Covid-19. Penelitian ini berlokasi di Kota Malang dan dilaksanakan selama bulan Desember 2021. Penelitian ini menggunakan sampel berjumlah 135 responden dengan menggunakan metode purposive sampling karena beberapa kriteria yang harus dipenuhi responden. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui kuisioner yang diberikan secara online. Data pada penelitian ini dianalisis dengan menggunakan alat analisis Structural Equation Modelling – Partial Least Aquare (SEM-PLS) dengan aplikasi WarpPLS 7.0. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini ada 8 yaitu product (X1), price (X2), place (X3), people (X4), promotion (X5), process (X6) dan physical evidence (X7) sebagai variabel eksogen serta variabel keputusan pembelian (Y) sebagai variabel endogen. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa Pesenkopi di Kota Malang telah menerapkan marketing mix secara menyeluruh dalam aktivitas pemasarannya. Hasil penelitian juga memberikan informasi bahwa variabel product, promotion dan process berpengaruh positif dan signifikan tinggi, variabel place berpengaruh positif dan signifikan, variabel price dan physical evidence berpengaruh positif dan signifikan lemah terhadap keputusan pembelian sedangkan variabel people berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian Pesenkopi di Kota Malang selama Pandemi Covid-19. Maka dari itu, perusahaan perlu menyusun strategi pemasaran yang tepat terutama terhadap variabel yang signifikan untuk memaksimalkan keuntungan yang bisa didapatkan oleh perusahaan.
English Abstract
Globalization has been caused many changes in every aspect of human living, especially in human lifestyle. One of lifestyle changing that quite prominent lately is the habit of drinking coffee. This phenomenon caused coffee shop business increasing in line with the increased competition among coffee shop entrepreneurs. Besides from facing tough competition, coffee shop entrepreneurs also have to face pandemic Covid-19. The decrease in mobility and social interaction to minimize Covid-19 transmission have caused negative impact on domestic economy. Therefore, to win market, innovation is needed like the concept of take away coffee shop. In addition, the right marketing strategy like using 7P marketing mix is needed to face and win the competition. Therefore, it’s important to know the marketing mix application, to analyze each marketing mix variable related to consumen purchasing decision, and to give a better marketing strategy recommendation for Pesenkopi in Malang city during pandemic Covid-19. This research was located in Malang City and during 2021st December. This study used 135 respondents as samples and using purposive sampling method due to several criterias that the respondents have to fit first. This study used quantitative and descriptive approach with online questionnaires as the data collection techniques. In this study, the data analyzed by using Structural Equation Modeling – Partial Least Aquare (SEM-PLS) with WarpPLS 7.0 application. There are 8 variables used in this study, namely product (X1), price (X2), place (X3), people (X4), promotion (X5), process (X6) and physical evidence (X7) as exogenous variables and purchasing decision (Y) as an endogenous variable. The results of this study indicate that Pesenkopi in Malang City has implemented a comprehensive marketing mix in its marketing activities. The results also provide information that the product, promotion and process variables had positive and highly significant effect, the place variable had positive and significant effect, the price and physical evidence variables had positive and weakly significant effect on purchasing decisions, while the people variable had positive and insignificant effect on Pesenkopi purchasing decisions in Malang City during the Covid-19 Pandemic. Therefore, company needs to develop appropriate marketing strategies, especially for significant variables to maximize the profits that can be obtained by the company.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522040115 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 25 Jul 2022 07:22 |
Last Modified: | 25 Jul 2022 07:22 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192639 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Jihan Saniyyah Octavia.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (6MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |