Strategi Sistem Pemasaran dalam Menghadapi Society 5.0 (Studi Kasus: BUMDes Sumber Sejahtera, Desa Pujon Kidul, Kabupaten Malang)

Maharani, Intan Mega and Prof. Dr.Ir. Abdul Wahib Muhaimin,, MS. and Destyana Elingga Pratiwi,, SP., MP., M.BA (2022) Strategi Sistem Pemasaran dalam Menghadapi Society 5.0 (Studi Kasus: BUMDes Sumber Sejahtera, Desa Pujon Kidul, Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemasaran digital telah berkembang sejak revolusi industri 4.0. Namun survei Kemnaker (2020), menyatakan bahwa 88% sektor industri di Indonesia mengalami kerugian usaha akibat COVID-19. Dikarenakan kurang optimalnya pemanfaatan teknologi untuk kegiatan pemasaran, akibat adanya kondisi kematangan digital yang berbeda. Penelitian ini menggunakan studi kasus pada BUMDes Sumber Sejahtera, Pujon Kidul yang mengalami fenomena serupa. Adanya penerapan pemasaran digital melalui sosial media tidak menjamin ketahanan usaha. Faktanya BUMDes Sumber Sejahtera mengalami penurunan omzet sebesar 50%. Oleh karenanya, penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kesiapan digital BUMDes Sumber Sejahtera, Pujon Kidul guna merumuskan strategi yang tepat dalam pemasaran digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan studi pustaka serta dianalisa dengan metode dari Miles dan Hubberman. Mengacu pada teori marketing 5.0 (Kotler et al., 2021) sebagai pengukuran kesiapan dan perumusan strategi. Teori tersebut digunakan karena mampu menjelaskan fenomena dari penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BUMDes Sumber Sejahtera, Pujon Kidul termasuk dalam kategori organic. Sedangkan untuk perumusan strategi, dirumuskan dua bidang tindakan untuk menghadapi society 5.0 yang meliputi: (1) peningkatan kapabilitas SDM melalui perubahan budaya organisasi dan peningkatan keterampilan serta penciptaan lingkungan kerja yang mendukung peningkatan pemasaran digital dan (2) peningkatan kapabilitas pemasaran digital untuk meningkatkan adopsi inovasi dalam pemasaran digital melalui investasi pada infrastruktur dan aset digital serta penerapan soft selling dalam pemasaran digital.

English Abstract

Since the fourth industrial revolution, digital marketing has evolved. However, according to a Ministry of Manpower survey (2020), 88% of Indonesia’s industrial sector experienced business losses as a result of COVID-19. Due to varying levels of digital maturity, less than optimal use of technology for marketing activities. The case study of BUMDes Sumber Sejahtera, Pujon Kidul, which experienced a similar phenomenon, is used in this study. The use of social media for digital marketing does not guarantee business resilience. In fact, BUMDes Sumber Sejahtera has 50% reduction in turnover. As a result, the purpose of this research is to assess the digital readiness of BUMDes Sumber Sejahtera, Pujon Kidul in order to develop the right digital marketing strategy. The qualitative method is used in this study. Data were collected through interviews, observations, and literature review and analyzed using the Miles and Hubberman method. Using marketing theory 5.0 as a measurement of readiness and strategy formulation. The theory is used because it can explain the phenomenon observed in this study. BUMDes Sumber Sejahtera was included in the organic category, according to the result. In terms of strategy, two areas of action were developed to face society 5.0: (1) increasing HR capabilities through changing organizational culture and improving skills, as well as creating a work environment that supports increasing digital marketing, and (2) increasing digital marketing capabilities to increase the adoption of innovation in digital marketing through investment in infrastructure and digital assets, as well as the implementation of soft selling in digital marketing.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521040226
Uncontrolled Keywords: Pemasaran digital, Marketing 5.0, Kesiapan digital, Society 5.0, Digital marketing, Marketing 5.0, Digital Readiness, Society 5.0
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 25 Jul 2022 06:37
Last Modified: 25 Jul 2022 06:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192618
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Intan Mega Maharani.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item