Dorfi, Difo Alfian and Dr. Siti Azizah, S.Pt., M.Sos., M.Commun (2022) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Daging Ayam Ras Di Pasar Tradisional Jatiasih Kota Bekasi Selama Pandemi Covid-19. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pandemi Covid-19 yang terjadi secara global menimbulkan kekhawatiran dari berbagai kalangan, khususnya masyarakat. Kekhawatiran masyarakat semakin terasa dengan melihat jumlah lonjakan pasien positif Covid-19. Pasar Tradisional menjadi salah satu tempat yang paling sering terjadinya penyebaran virus covid-19, karena masih adanya warga pasar dan pengunjung yang tidak mematuhi protokol kesehatan. Pasar Jatiasih merupakan pasar tradisional yang berada di Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi. Pasar ini tergolong pasar tradisional dilihat dari cara bertransaksi dan sistem pelayanannya. Pasar Jatiasih menjadikan pasar yang menyediakan kebutuhan pokok masyarakat sekitar atau warga Kecamatan Jatiasih salah satunya tersedianya pedagang daging ayam ras di pasar tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi dalam keputusan pembelian daging ayam ras di saat pandemi Covid-19 berlangsung. Penelitian ini dilaksanakan di Pasar Tradisional Jatiasih, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi pada tanggal 7 November sampai dengan 12 Desember 2021. Metode penelitian ini adalah survei dan eksplanasi dengan menggunakan alat bantu kuesioner google form. Metode pengambilan sampel menggunakan kuisioner dengan menggunakan 104 responden dalam penelitian ini. Data hasil penelitian dilakukan analisis faktor dan analisis regresi liniear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik konsumen yang membeli daging ayam ras di Pasar Jatiasih rata-rata perempuan, umur di atas 36 tahun, Pendidikan SMA/Sederajat, pekerjaan ibu rumah tangga, penghasilan dibawah Rp. 1.000.000,00, tingkat konsumsi daging ayam ras 1-1,5 Kg dalam seminggu dan tingkat pembelian sebanyak 1-3 kali dalam seminggu. Diketahui dari hasil persamaan regresi liniear berganda didapatkan Y = 1,034 + 0,199 I1 + 0,000 I2 + 0,997 I3 + e dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,738 yang artinya variabel independen dapat menjelaskan 73,8%. Pengujian penggunakan uji F secara simultan atau bersama-sama didapatkan hasil 69,714 > 2,460, sedangkan dengan uji T atau uji secara parsial didapatkan hasil bahwa Indeks 1 “Harga dan Lokasi Pasar Strategis” (5,825>1,984), Indeks 2 “Protokol dan Kehigienisan Produk” (0,085<1,984) dan Indeks 3 “Promosi dan Manfaat” (13,180>1,984). Sehingga, Indeks 2 yang terdiri dari item variabel mencuci tangan (X1.3), produk (X2.1), transaksional (X4.1), eksploratif (X4.4) tidak dapat mempengaruhi keputusan pembelian daging ayam ras di Pasar Jatiasih. Kesimpulan pada penelitian ini adalah lokasi pasar sebagai pasar tradisional yang tergolong strategis membuat Pasar Jatiasih memang masih sering didatangi untuk kebutuhan sehari-hari warga Kecamatan Jatiasih. Ditambah lagi, dengan didorongnya faktor fisiologis secara sadar bahwa para konsumen membutuhkan daging ayam ras di saat pandemi berlangsung. Para konsumen lebih memilih untuk membeli daging ayam ras ras secara langsung karena bisa terjadinya proses tawar menawar, lalu produk daging ayam ras juga memiliki nilai dan manfaat. Konsumen merasa yakin membeli daging ayam ras di saat kondisi pandemi covid-19 dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Saran yang diberikan kepada pedagang daging ayam ras yaitu pedagang harus selalu mematuhi protokol kesehatan, menjaga kebersihan gerai dan memberikan pelayanan dengan mempertimbangkan berjualan menggunakan metode menjemput bola atau secara online, agar mengurangi kerumunan di pasar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522050148 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry |
Divisions: | Fakultas Peternakan > Peternakan |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 25 Jul 2022 03:09 |
Last Modified: | 25 Jul 2022 03:09 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192598 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Difo Alfian Dorfi.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |