Pengaruh Transformasi Digital Terhadap Model Bisnis dan Dampaknya Pada Kinerja Usaha (Survey Pada UKM Sektor Industri Kreatif di Kota Malang)

Prayogo, Johan Eko and Brillyanes Sanawiri, S.AB, M.BA, (2020) Pengaruh Transformasi Digital Terhadap Model Bisnis dan Dampaknya Pada Kinerja Usaha (Survey Pada UKM Sektor Industri Kreatif di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran bahwa faktor internal (variabel aktivitas inovasi dan strategi) dan faktor eksternal (variabel technology turbulence dan intensitas kompetitif) berpengaruh terhadap eksperimen model bisnis dan business model practice dan bagaimana driver Business Model Inovation tersebut berdampak pada Innovativeness dan Kinerja UKM Sektor Industri Kreatif di Kota Malang yang telah menerapkan teknologi digital pada usahanya. Jenis penelitian ini adalah explanatory research. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan program SmartPLS yaitu analisis statistik inferensial. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh driver dari Business Model Inovation yang terdiri dari faktor internal (intensitas kompetitif dan strategi), faktor eksternal (technology turbulence dan intensitas kompetitif), Business Model Experimentation dan Business Model Practice memberikan dampak yang baik pada Innovativenes dan Kinerja UKM Sektor Industri Kreatif di Kota Malang ketika sebuah teknologi digital (media sosial, website dan marketplace) merupakan bagian dari inovasi model bisnis mereka.

English Abstract

This study aims to explain of internal factors (innovation and strategy activity variables) and external factors (technological turbulence variables and competitive intensity) related to business model experiments and business model practices and how Business Model Innovation driver’s to have an impact of Innovativeness and SME’s Performance Creative Industry Sector in Malang City which has implemented digital technology in its business. This type of research is explanatory research. Analysis of the data using the SmartPLS program, namely inferential statistical analysis. The results of this study indicate that all drivers of the Business Model Innovation consisting of internal factors (competitive intensity and strategy), external factors (technology turbulence and competitive intensity), Business Model Experiments and Business Model Practice have a good impact on Innovativenes and SME’s Performance Creative Industry Sector in Malang City when a digital technology (social media, website and marketplace) is part of their business model innovation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520030119
Uncontrolled Keywords: Transformasi Digital, Inovasi model bisnis, UKM, Digital Transformation, Business Model Innovation, SME’s.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Zainul Mustofa
Date Deposited: 25 Jul 2022 01:32
Last Modified: 08 Oct 2024 05:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192561
[thumbnail of Johan Eko Prayogo.pdf] Text
Johan Eko Prayogo.pdf

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item